Minggu, 06 Mei 2018

Arti Kata Adat-istiadat

Pastilah tidak asing bukan mendengar ataupun melihat kata yang satu ini yaitu “adat”. Seti,ap kehidupan kita pastilah tidak ada yang bisa lepas dari yang namnya adat ataupun kebiasaan yang sudah menjadi turun-temurun, meskipun hidup diera yang serba modern ini tetap saja adat masih sangat dipakai bahkan banyak yang dilestarikan. Namun kebanyakan suatu adat itu dipakai orang-orang yang tinggal di desa, meskipun orang-orang yang ada dikota yang berasal dari desa juga tetap memakai adat yang selama ini lestarikan. Adat sebagai sesuatu yang tubuh pada diri seseoarang karena memang setiap hari dilakukan atau dibiasakan melakukan hal itu. Sebagai contoh kebiasaan dalan masyarakat di satu tempat kalau seorang wanita itu tidak boleh keluar rumah lewat jam 10, lalu apakah yang terjadi ketika itu dilanggar?. Yang akan terjadi si-pelaku dan keluarganya ada mendapat cemoohan dari masyarakat yang mengikuti kebiasaan itu. nah panjang lebar yang kita bahas tadi, tapi sebenarnya adakah yang tahu arti kata adat sendiri?.
Arti kata adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang lazim dilakukan di suatu daerah. Apabila adat ini tidak dilaksanakan akan terjadi kerancuan yang menimbulkan sanksi tak tertulis oleh masyarakat setempat terhadap pelaku yang dianggap menyimpang. Nah ketika kalian mendengar kata adat pastilah dibarengi dengan istiadat dibelakangnya, lalu apakah arti adat-istiadat, kalau arti adat saja seperti itu menyangkut sikap dan kelakuan seseorang yang diikuti oleh orang lain dalam suatu proses waktu yang cukup lama, ini menunjukkan begitu luasnya pengertian adat-iatiadat tersebut. Tiap-tiap masyarakat atau Bangsa dan Negara memiliki adat-istiadat sendiri-sendiri, yang satu satu dengan yang lainnya pasti tidak sama. Adat-istiadat dapat mencerminkan jiwa suatu masyarakat atau bangsa dan merupakan suatu kepribadian dari suatu masyarakat atau bangsa. Tingkat peradaban, cara hidup yang modern sesorang tidak dapat menghilangkan tingkah laku atau adat-istiadat yang hidup dan berakar dalam masyarakat.

Arti kata Adat selalu disesuaikan dan menyesuaikan diri dengan keadaan dan kemajuan zaman, sehingga adat itu tetap kekal, karena adat selalu menyesuaikan diri dengan kemajuan masyarakat dan kehendak zaman. Adat-istiadat yang hidup didalam masyarakat erat sekali kaitannya dengan tradisi-tradisi rakyat dan ini merupakan sumber pokok dari pada hukum adat.

Sebuah adat-istiadat dipakai pastinya hal tersebut mampu memberikan manfaat untuk masyarakat setempat yang memakainya. Lalu setelah tau arti kata adat-istiadat, lalu apa manfaat dari pembiasaan adat tersebut?. Berikut ini manfaat adat-istiadat dalma kehidupan masyarakat: (1) Norma yang harus dipatuhi, Sebagai norma pelanggaran terhadap adat istiadat juga akan diberi sanksi. Dan norma yang biasanya diberlakukan adalah norma yang berkaitan dengan budaya, ekonomi dan sosial yang mempererat silaturahim antar masyarakat sekitar, (2) Etika, dengan adanya etika ini mampu mengatur bagaimana cara bersikap di suatu masyarakat. Di minang kabau sendiri ada beberapa etika bahasa yang dibedakan sesuai dengan umur dan penghormatan seseorang di suatu masyarakat, (3) Pelajaran berharga, dalam jenjang pendidikan pastinya ada-istiadat sesuatu yang menjadi pokok bahasan penting dan pengetahuan siswa terhadap itu bisa di kolaborasikan dengan sesama anak yang lain yang memiliki ada-istiadat berbeda, sehinggan pengetahuannya tidak hanya sebatas itu-itu saja.
Nah itulah sedikita ulasan tentang arti kata adat-istiadat dan juga manfaat adanya hal tersebut dalam kehidupan masyarakat. Semoga informasi yang sedikit ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Top