Minggu, 06 Mei 2018

Arti Kata Menghantar dari suatu kalimat

Sebelum membuat suatu karya tulisan maupun tulisan pastinya kita dintuntut untuk tahu terhadapp hal-hal yang sederhana, mulai dari arti kata, kemudian imbuhan, kata kerja maupun hal-hal yang mendukung kita dalam proses menulis tersebut. Begitu-pun dengan arti kata menghantar, kata ini juga perlu kalian semua ketahui maknanya, karena ketika kalian membuat sautu kalimat pastilah akan menggunakan kata ini, meskipun tidak ada keharusan penggunaannya, tergantung dari ropik apa yang kalian bahas. Namun karena kata menghantar termasuk kedalam kata kerja maka dari itulah pasti suatu saat akan menggunakannya dalam kalimat kalian.
Arti kata menghantar dalam kamus besar bahasa Indonesia memilik artian meletakkan di tanah dengan sembarang atau asal saja, menggeletakkan begitu saja. Kata 'menghantar' berasal dari kata dasar hantar yang memperoleh awalan meng-. Fungsi dari awalan “meng” memberikan makna melakukan suatu kegiatan. Kata 'menghantar' berbentuk kata kerja aktif sehingga untuk membuat kalimat berpola SPOK (subjek, predikat, objek, dan keterangan tempat). Sebagai contoh kakak menghantar tasnya setelah pulang sekolah di kamarnya.
  • Sebelum kita membahasa lebih lanjut tentang apa itu kata kerja aktif, terlebih dahulu kita bahas tentang ciri-ciri dari kata kerja yang sangat kalian perlu ketahui Memiliki makna perbuatan, kegiatan atau tindakan.
  • Memiliki makna proses.
  • Kata kerja sering diikuti oleh kata benda.
  • Kata kerja juga sering diikuti oleh kata sifat atau keterangan.
  • Sering dibentuk dengan imbuhan me-,di-ber-,ter-, me-kan, di-kan, ber-an, memper-an, dan memper-i.
  • Kata dapat didahului kata pernyataan waktu, seperti telah, sedang, akan, hampir, segera.
  • Dapat diperluas dengan cara menambahkan “dengan + kata sifat setelahnya”, contoh : ia berlari dengan cepat, Nani menghitung dengan teliti, dll.
Setelah kalian tahu arti kata menghantar yang termasuk kedalam salah satu kata kerja aktif dan juga sudah tahu ciri-cir dari kata kerja, maka saatnya kita bahas tentang apa itu kata kerja aktif. Kata kerja aktif adalah kata kerja yang subjeknya berperan sebagai pelaku. Kata kerja aktif ini umumnya bercirikan dengan adanya awalan me- dan ber-.

Selain itu ternyata arti kata menghantar atau pengantar ini kerap menjadi perdebatan tentang mana kata yang benar dari kedua kata tersebut. Jika anda mencarinya di mesin pencari google, maka kedua kata tersebut muncul karena banyak media yang media yang menggunakan kata pengantar dan banyak pula media yang menggunakan kata penghantar. Kata yang benar dari penghantar atau pengantar adalah tergantung dari penggunaannya pada kalimat. Tidak ada yang salah dari kedua kata ini. Keduanya berasal dari kata antar dan hantar yang punya makna tersednri menurut kamus besar bahasa Indonesia.
Yang menjadikan arti kata menghantar atau pengantar ini kerap menjadi perdebatan karena membingungkan antara mana kata yang baku dan non baku, maka ketika diketahui dari kedua hal tersebut tidak akan ada lagi orangorang yang mengartikan dan menggunakan kata tersebut dalam kaimat yang benar. Jadi sarannya buat kalian semua sebelum membuat tulisan maka crooscheck (periksa kembali) terlebih dahulu arti dari setiap kata yang kalian gunakan dan juga ke-baku-an maupun non baku-nya dari suatu kata agar tulisan kalian bisa menarik dan banyak disukai pembaca. Semoga ulasan diatas memberikan informasi yang kalian semua butuhkan dan juga bisa membantu sebagai referensi sebelum menulis.

Top