-->

Doa Ketika Memasuki Bulan Rajab

Doa Ketika Memasuki Bulan Rajab | Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram, artinya bulan yang dimuliakan. Dalam Islam, terdapat empat  bulan haram, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Pada tahun 2016 atau 1437 H ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengumumkan 1 Rajab jatuh pada Sabtu, 9 April 2016. Umat Islam yang berkeinginan puasa sunah di bulan Rajab dipersilakan memulainya pada Sabtu.

Sebagai penghormatan terhadap bulan Rajab, selain menjalankan puasa 1 Rajab juga dianjurkan untuk membaca do'a yang dicontohkah oleh Rasulullah ketika memasuki bulan Rajab beliau membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Selain doa tersebut dibaca saat memasuki bulan Rajab, dikalangan masayarakat Nadliyin doa tersebut bahkan menjadi dizikir (dibaca berulang-ulang). Selain berdzikir dan berdoa, dianjurkan pada bulan Rajab juga memperbanyak puasa sama dengan bulan-bulan haram lainnya. Penyebutan bulan haram mengacu pada dilarangnya peperangan pada bulan-bulan tersebut (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab)
LihatTutupKomentar