-->

Keterkaitan Antara Skl, Ki,Kd, Dan Bahan Pembelajaran Ppkn Kelas X Sma/Ma Revisi 2017


 dan Materi Pembelajaran PPKn Kelas X Sekolah Menengan Atas Keterkaitan antara SKL, KI,KD, dan Materi Pembelajaran PPKn Kelas X SMA/MA Revisi 2017
SKL, KI-KD PPKN
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yaitu kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau jadwal yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti mencakup: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau jadwal dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar yaitu kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.

Contoh: Kutipan pasangan Kompetensi Dasar (KD) Mata pelajaran PPKn yang ada di Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, lampiran 20. yaitu :
1.5. Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk kesepakatan integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa;
2.5. Menunjukkan perilaku kerjasama dalam rangka mewujudkan kesepakatan integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika;
3.5. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika;
4.5. Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Standar Kompetensi Lulusan yaitu muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan Kompetensi Inti yaitu pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu.
Penjabaran Kompetensi Inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan kompetensi dasar.

  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yaitu muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan Guru/ jenjang Guru tertentu
  • Kompetensi Inti yaitu muara kompetensi kelas pencapaian semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti atau kelas tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan aksara melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut. 
Untuk lebih jelasnya wacana Keterkaitan antara SKL, KI,KD, dan Materi Pembelajaran PPKn Kelas X SMA/MA kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan lihat penampakannya di bawah ini:

LihatTutupKomentar