-->

Silabus Seni Budaya Kelas 7, 8 Dan 9 Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017

 berperan  penting  dalam  perkembangan  dan  kebutuhan  siswa  alasannya ialah keunikan Silabus Seni Budaya Kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Seni Budaya SMP

Seni Budaya berperan penting dalam perkembangan dan kebutuhan siswa alasannya ialah keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatannya. Pembelajaran Seni Budaya dilakukan dengan menunjukkan pengalaman estetik yang meliputi konsepsi, apresiasi, kreasi dan koneksi. Keempat hal tersebut selaras dengan Kompetensi Inti yang ada pada Kurikulum 2013.

Mata pelajaran Seni Budaya mempunyai sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan banyak sekali cara dan media menyerupai bahasa rupa, bunyi, gerak, tugas dan banyak sekali keterpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan bermacam-macam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara serasi unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap bermacam-macam seni budaya. Hal ini merupakan wujud pembentukan perilaku demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Di sekolah menengah mata pelajaran Seni Budaya mempunyai kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing yaitu bidang seni rupa, musik, tari, dan teater. Dalam seni budaya, acara berkesenian harus menampung kekhasan tersebut, sehingga sekolah wajib melaksanakan minimal dua aspek seni yang sanggup diadaptasi dengan minat siswa, kondisi sekolah dan budaya masyarakatnya.

Silabus Seni Budaya Kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan pola bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran semoga siswa bisa mempunyai pengetahuan apresiasi dan kreasi melalui berkarya seni rupa, musik, tari dan teater. Selain itu juga harus memperhatikan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, gampang diajarkan oleh guru (teachable), gampang dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus Silabus Seni Budaya Kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk berbagi dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan- keunggulan local. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup berbagi banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru dibutuhkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.

 Untuk lebih jelasnya mengenai Silabus Seni Budaya Kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini:


Baca juga artikel terkait seperti:

LihatTutupKomentar