-->

[Cara] MELULUSKAN Peserta DIDIK di Dapodik VERSI Terbaru


Tugas utama seorang operator sekolah adalah menginput data sekolah serta mengupdate data lama menjadi data yang terbaru melalui aplikasi dapodik. Setelah dapodik versi 2019 di rilis maka tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang operator dapodik adalah menaikkan kelas peserta didiknya dari tingkat sebelumnya ke tingkat yang lebih tinggi.

pada postingan sebelumnya saya telah memposting mengenai cara menaikkan kelas peserta dapodik di aplikasi dapodik versi 2019. Jika anda belum sempat membacanya silahkan kunjungi link judul di bawah ini :

==> [Cara] MENAIKKAN KELAS Peserta DIDIK di Aplikasi Dapodik VERSI 2019

Setiap memasuki tahun ajaran baru tugas seorang operator dapodik sangatlah banyak karena harus mengentri data peserta didik baru serta menginput data-data lainnya yang diperlukan guna melengkapi data isian pada aplikasi dapodik agar nantinya aplikasi dapodik tersebut dapat di syncronisasi karena jika masih ada data isian pada dapodik yang belum diisi atau belum dilengkapi maka tidak dapat melakukan syncronisasi.

Tugas lain yang tidak boleh dilupakan oleh seorang operator dapodik disaat memasuki tahun ajaran baru adalah meluluskan peserta didik yang berada pada tingkat akhir agar nantinya peserta didik tersebut dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang berikutnya.

Pada aplikasi dapodik versi terbaru yaitu versi 2019 terdapat beberapa perubahan terutama mengenai cara untuk melakukan penambahan peserta didik baru atau penambahan siswa pindahan.
untuk mengetahui cara melakukan tambah peserta didik baru & cara tambah peserta didik pindahan di aplikasi dapodik versi 2019 maka silahkan kunjungi link judul di bawah ini :

==> [Cara] TAMBAH Peserta DIDIK BARU & Siswa PINDAHAN di Aplikasi Dapodik VERSI 2019

Sebagai seorang operator dapodik yang sudah terbiasa mengerjakan aplikasi dapodik pastilah tidak sulit untuk melakukan pekerjaan ini karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan tahunan yang harus di kerjakan & cara serta metode pengerjaannya pun sama dalam setiap tahunnya.
Namun hal tersebut belumlah tentu dapat dimengerti oleh semua operator dapodik, bisa jadi karena pengaruh lupa ataupun karena baru dipercayakan untuk memegang aplikasi dapodik di sekolahnya.
Oleh sebab itu pada kesempatan ini melalui artikel ini saya ingin berbagi tentang cara meluluskan siswa/peserta didik tingkat akhir di aplikasi dapodik. Sebenarnya hal ini tidaklah terlalu sulit dalam pengerjaannya serta tidk membutuhkan waktu yang lama.

BACA JUGA :

==> [Cara] MENGERJAKAN PMP Menggunakan BANYAK KOMPUTER


==> [Cara] MENGERJAKAN ERAPORT Menggunakan BANYAK KOMPUTER


Berikut ini penjelasannya :
Pertama silahkan buka aplikasi dapodik anda, kemudian isi username & passwordnya kemudian pilih tahun pelajaran yang sesuai & pilih “masuk”


Setelah itu pada menu dapodik klik “Rombongan belajar” lalu pilih “Regular”


Kemudian akan tampil pada bagian sebelah kanan seperti pada bagian di bawah ini.
Silahkan pilih kelas tingkat akhir yang akan di luluskan, kemudian pada bagian bawah klik tulisan “Menu Aksi” kemudian pilih “Luluskan PD Tingkat Akhir”


Setelah itu akan tampil kotak perintah yang harus diisi seperti pada gambar di bawah ini.
Keterangan pengisian ada pada gambar, & setelah semua diisi jangan lupa klik “Luluskan PD”


Jika semua langkah diatas telah dilakukan dengan benar maka akan tampil pemberitahuan jumlah siswa pada tingkat akhir yang dinyatakan lulus,jika data sudah sesuai lagkah terakhir klik “ok”







Demikianlah cara meluluskan siswa/peserta didik tingkat akhir melalui aplikasi dapodik, semoga penjelasn diatas dapat dimengerti dengan baik & dapat bermanfaat.


LihatTutupKomentar