-->

Anda Merasa Menjadi Guru Gaptek? Baca Ini, Semoga Menjadi Solusi

Anda Merasa Menjadi Guru Gaptek? Baca Ini, Semoga Menjadi Solusi | Gaptek adalah istilah yang menggambarkan kondisi seseorang yang ketinggalan jaman, tidak tahu teknologi terkini bahkan grogi ketika berhadapan dengan sebuah perangakat teknologi. Istilah gapten juga tersemat kepada guru yang dianggap atau menganggap dirinya tidak bisa mengoperasikan komputer atau laptop.

Kita tahu, bahwa perkembangan jaman sudah membawa banyak perubahan, termasuk di dunia pendidikan. Alat pembelajaran tidak lagi hanya mengandalkan buku, papan tulis dan kapur tapi sudah menggunakan alat pembelajaran interaktif dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop dan proyektor. Referensi belajar juga mengalami pergeseran. Kalau jaman dulu, perpustakaan adalah satu-satunya referensi pembelajaran, tapi diera digital seperti sekarang ini, referensi belajar lebih beragam yaitu bisa menggunakan internet sebagai sumber referensi.

Guru melek teknologi, guru melek komputer sudah didengungkan sejak lama, namun kenyatannya sampai detik ini masih banyak guru yang merasa gaptek, merasa tidak bisa komputer dan parahnya lagi tidak mau untuk belajar komputer. Hadeuuuh.....

Mengapa masih banyak guru yang gaptek? Mengapa masih banyak guru yang belum melek komputer?

Menurut hemat saya, ada mindset atau pola pikir yang keliru. Kebanyakan dari guru yang merasa gaptek, itu karena mereka berpikir bahwa belajar komputer itu sulit dan menjadi beban. Coba kalau seandainya mindsetnya dirubah bahwa belajar komputer itu mudah dan menyenangkan.

Itu kan menurut kamu yang memang sudah bisa komputer.
Mungkin anda akan menyangkal seperti itu. Saya katakan, bahwa orang atau guru yang saat ini pintar mengoperasikan komputer, dulunya juga sama seperti anda gaptek dan tidak bisa komputer.

Oke, saya tidak akan terlalu panjang mempengaruhi pikiran anda untuk bisa mengoperasikan komputer. Saya akan langsung berikan gambaran saja bahwa belajar komputer itu mudah dan menyenangkan.

Solusi Bagi Guru Gaptek Agar Melek Komputer

1. Beli Laptop

Saya yakin anda bisa membeli laptop sendiri, apalagi bagi guru bersertifikasi. Tidak usah yang mahal-mahal, cukup membeli laptop yang masih menggunakan processor dualcore saja itu sudah cukup. Namun pastikan anda membeli merk yang sudah terpercaya dan teruji. Misal ASUS atau Thosiba. Dengan budget 3,5 juta saja anda sudah bisa membeli laptop baru dengan kualitas bagus.

Dengan memiliki laptop sendiri, anda tidak akan merasa cangguh dan khawatir ketika memegang laptop. Toh itu laptop anda sendiri, kalaupun rusak tidak akan dimarahi orang. Tapi saya pastikan, laptop tidak akan mudah rusak kalau hanya untuk  belajar mematikan, menghidupkan dan ngetik alakadarnya.

2. Mulai Belajar dan Fokus

Setelah anda memiliki laptop sendiri, silakan mulai belajar. Anda bisa belajar sendiri atau meminta diajari. Misal oleh anak anda sendiri atau saudara yang dipandang memiliki keahlian komputer. Kalau memungkinkan, silakan anda minta banguan orang ahli untuk memberikan pelajaran secara privat kepada anda.

Fokus belajar pada bidang yang akan dikerjakan saja. Komputer atau laptop itu banyak sekai kegunaannya tergantung aplikasi yang digunakan. Jadi, saya sarankan fokus pada aplikasi yang akan anda gunakan dalam meunjang pekerjaan. Misal, karena anda seorang guru maka anda harus menguasai aplikasi microsoft word, microsoft excel dan power point. Sudah, 3 aplikasi itu saja yang anda harus pelajari.

3. Praktik Menyelesaikan Pekerjaan

Belajar saja tanpa praktik langsung tidak akan terlalu berkesan. Yang terbaik adalah, langsung praktik mengerjakan sebuah pekerjaan keseharian anda. Misal membuat surat (belajar microsoft word), mengolah nilai siswa (belajar microsoft excel), dan membuat pembelajaran interaktif sederhana (belajar power point).

3. Selingi Dengan Hiburan

Laptop anda bukan hanya untuk bekerja yang menguras pikiran. Tapi juga bisa untuk refresing atau hiburan. Misal, anda bisa bermain game yang ringan dan lucu untuk menghilangkan stress. Selain itu anda juga bisa memutar film favorit anda, mendengarkan musik bahkan berburu film secara gratis melalui internet.

Nah itulah solusi bagi guru yang masih merasa gaptek. Silaka mulai sekarang anda ubah mindset anda dan begerakan satu langkah lebih maju dari keadaan kemarin. Jangan terlalu dipikirkan tentang berbagai isu dan berita yang memojokan guru gaptek. Misal ada berita dengan tagline guru gaptek harus pensiun dini, uang pemerintah dibuang percuma untuk menggaji guru gaptek dan sederet pemberitaan lain yang tidak mengenakan. Anggap saja itu seabgai cambuk bagi anda, bahwa anda juga berkembang dan melek teknologi.
LihatTutupKomentar