-->

[Cara] Mengatasi ERROR Data dengan PERINGATAN TELAH DIUBAH Menggunakan Aplikasi SELAIN Dapodik

[Cara] Mengatasi ERROR Data dengan PERINGATAN TELAH DIUBAH Menggunakan Aplikasi SELAIN Dapodik  

Ada banyak pertanyaan terkait [Cara] Mengatasi Error Data Karena Ada Peringatan Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik, memang sebaiknya untuk mengupdate data dapodik jangan menggunakan aplikasi lain selain aplikasi dapodik / dapodikasmen yang resmi. Namun bagaimana jika sudah terlanjur? Berikut ini Tips atau cara yang mungkin dapat digunakan untuk mengatasi Error Data Dengan Peringatan Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik. 


Gambar di atas adalah salah sqatu contoh peringatan yang muncul pada bagian validasi aplikasi Dapodik apabila data mengalami perubahan namun menggunakan aplikasi atau tool lain diluar dapodik. 

[Cara] Mengatasi Error Data Karena Ada Peringatan Telah Diubah Menggunakan Aplikasi Selain Dapodik seperti di atas adalah dengan melakukan perbaikan (edit) pada data yang bermasalah tersebut dari aplikasi Dapodik langsung.  

Tahapan perbaikannya adalah dengan membuka lembar edit data yang terbaca error tersebut (misal peserta didik), silahkan ubah salah satu item data yang tidak terkunci, misalnya dengan menambahkan "_" (spasi) pada Alamat Jalan, kemudian pilih Simpan.

Selanjutnyha periksa kembali lembar validasi & validasi ulang maka pesan ERROR tadi akan hilang dengan sendirinya.  Setelah data terbaca valid jika data yang diubah sudah benar data tersebut bisa dikembalikan dengan kembali menghapus tanda "_" (spasi) pada Alamat Jalan yang tadi ditambahkan melalui aplikasi Dapodik.










LihatTutupKomentar