-->

Penggunaan facebook sebagai media Internet Marketing


Penggunaan facebook sebagai media Internet Marketing
Oleh : Admin

Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia telah mencapai masa teknologi berbasis internet, di mana pengunaan internet menjadi hal yang umum sehingga online shopping dalam kegiatan promosi pun tidak lagi terbatas pada media konvensional, tetapi juga melalui media modern, yaitu internet. “Pemasaran modern memerlukan lebih dari sekadar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik, dan ketersediaan bagi konsumen sasaran. Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan konsumen, dan subyek yang dikomunikasikan harus membuka peluang”, (Machfoedz, 2010:1).
Sesuai yang dinyatakan oleh Machfoedz (2010), pemasaran modern, atau pemasaran masa kini tidak lagi sekedar menentukan hal-hal umum seperti produk, penetapan harga dan distribusi yang merupakan bauran ekonomi namun juga perusahaan harus membangun komunikasi dengan konsumen. Perusahaan-perusahaan harus mengerti siapa konsumennya (target market), sehingga apa yang dikomunikasikan dapat sesuai dengan karakteristik konsumennya. Setelah pemasar dapat menentukan hal-hal di atas dengan tepat, barulah dapat diketahui bagaimana cara berpromosinya. Ada banyak sarana dalam promosi yang bisa digunakan oleh pemasar dalam memasarkan produknya, yaitu iklan (advertising), penjualan langsung (direct marketing), promosi penjualan (sales promotion), penjualan secara personal (personal selling), hubungan masyarakat (public relations), dan internet marketing.
Keseluruhan promotional tools tersebut haruslah bisa diintegrasikan dengan baik, karena tiap-tiap sarana tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila kesemuanya disatukan dan diintegrasikan dengan baik maka akan tercipta konsep pemasaran terpadu yang menjadikan promosi lebih efektif dan efisien (Machfoedz, 2010). Pada perkembangan komunikasi pemasaran internet marketing merupakan sarana yang sedang marak dibicarakan, dan digunakan di
seluruh daerah. Bahkan perkembangan internet pun dari tahun ke tahun semakin meningkat penggunanya di seluruh dunia termasuk Indonesia, yang pertumbuhannya meningkat rata-rata 3 juta pengguna pada 10 tahun terakhir (Nugraha: 2007). Dengan pertumbuhan tingkat pengguna internet di Indonesia yang selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya, maka layanan belanja secara online juga mengalami peningkatan mengikuti tumbuhnya minat belanja secara online.
Menurut Detikinet.com tren pertumbuhannya di tahun 2010 tergolong cukup signifikan. Bahkan menurut survei Nielsen Global Online 2007, menunjukkan 51 persen populasi pengguna Internet pernah berbelanja secara online. “Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia bisa menjadi pasar potensial bagi penjualan lewat internet,” kata Direktur Eksekutif Client Solutions Nielsen Indonesia Catherine Eddy dalam keterangan pers “Nielsen Asia-Pacific Online Shopping Survey”. Karena itu, ia yakin jumlah pengakses online shopping di Indonesia bakal tumbuh secara bertahap (Nielsen Wire: 2010).
Karena tuntutan hidup manusia yang serba cepat sekarang ini, khususnya masyarakat di kota-kota besar yang memiliki berbagai kebutuhan dengan keterbatasan waktu berbelanja, online shopping telah menjadi salah satu alternatif. Hal ini didukung oleh pernyataan Kotler (2007:5), mengenai perkembangan pasar saat ini: ”Terjadi pemutusan rantai perantara yang substansial dari pedagang grosir ke pengecer yang disebabkan oleh perdagangan secara elektronik. Bisa dikatakan semua produk saat ini tersedia tanpa harus mengunjungi toko,” (Kotler, 2007:5).
Berdasarkan pernyataan Kotler tersebut dapat kita lihat bahwa dengan internet (elektronik), kita dapat menemukan semua produk di internet tanpa harus mendatangi toko, bahkan hingga pada makanan dan peralatan rumah tangga sekarang juga dapat kita temukan di internet. ”Katalog-katalog yang dicetak dengan biaya mahal telah menghilang. Transaksi bisnis melalui internet bahkan telah meningkat lebih cepat dari transaksi konsumen secara online” (Kotler 2007:5).
Selanjutnya menjelaskan tentang benefit, Kotler (2007), membeli kebutuhan barang dan jasa melalui internet sudah menjadi suatu rutinitas konsumen saat ini. Pemasar dapat memasarkan produknya dengan lebih efektif dan efisien melalui media internet. Para pemasar tidak perlu mengeluarkan uang untuk promosi dengan menggunakan brosur, katalog, bayar pegawai, dll, karena konsumen sekarang lebih senang melihat iklan, menandai situs-situs yang mereka suka, dan akan lebih memilih membuang brosur-brosur yang pemasar berikan. Hal ini juga dinyatakan oleh Kotler (2007:7) bahwa iklan TV massal telah jauh berkurang dengan hadirnya 500 channel. Jumlah media cetak seperti koran dan majalah berkurang drastis.
Di sisi lain, para pemasar dapat mencapai target pemasaran mereka secara lebih efektif dengan memasang iklan secara online di majalah-majalah online. “Demam shopping online bukan hal baru, namun manfaat shopping online lebih praktis dan cepat. Apalagi saat ini ada istilah time more valuable than money”, (YorisSebastian: 2009).Ternyata bisnis melalui media online menurut Pavlick (1996:250) sudah ada sejak tahun 1994. Bahkan menurut Yoris Sebastian, yang merupakan Chief Creative Officer OMG Consulting, sekarang ini waktu lebih berharga dibandingan dengan uang. Maka dari itu dengan adanya online shopping, orang dapat menghemat waktu mereka. Sehingga waktu yang tersisa bisa mereka gunakan untuk mencari uang tambahan.
Internet dewasa ini bukan hanya digunakan sebagai media informasi dan komunikasi saja melainkan telah merambah ke dunia pemasaran. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi mereka dalam pengambilan keputusan tersebut. Sama halnya dengan para informan penelitian ini, mereka merupakan pengusaha dalam skala kecil yang memanfaatkan internet sebagai media promosi. Penggunaan internet dalam bisnis menurut Fransisca (n.d) berubah fungsinya dari yang sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan.
Pemasaran di internet cenderung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Hal ini disebabkan oleh era globalisasi yang ikut mempengaruhi internet. Globalisasi mengakibatkan batas-batas bisnis antara Negara satu dengan yang lain semakin tidak tampak. Pengaruh globalisasi tersebut rupanya juga membantu para pemilik butik online dalam memperluas pasar mereka. Hal ini sempat dialami oleh I5 dimana dengan menggunakan internet, khususnya facebook, ia dapat merasakan memiliki konsumen dari berbagai Negara, yang notabene jika ia tidak menggunakan media internet akan menjadi sulit.
Kaburnya batas-batas Negara dalam konteks perdagangan dunia, membawa konsekwensi persaingan yang semakin luas dan bergesernya kekuasaan produsen ke tangan konsumen (Simatupang, 1996:46). Oleh karena itu persaingan semakin ketat, karena bukan lagi produsen yang mempunyai kuasa dalam dunia pemasaran, melainkan konsumen, dimana konsumen mempunyai kekuasaan yang sangat besar dalam menentukan produk mana yang akan mereka gunakan. Berdasarkan alasan tersebut maka para pemasar dituntut semakin inovatif dalam menciptakan bisnis yang unik, dan kreatif agar dapat diterima oleh konsumen. Internet memiliki beberapa daya tarik dan keunggulan bagi para konsumen maupun organisasi, karena internet juga merupakan media elektronik yang menunjang e-commerce dan mengalami pertumbuhan yang pesat. Maka dari itu penggunaan internet sebagai media pemasaran sudah tidak asing lagi, dikarenakan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, serta faktor-faktor lain yang ternyata dilihat pula oleh para informan, dimana mereka memilih menggunakan internet sebagai media promosi mereka.
Facebook merupakan salah satu social media yang berupa jejaring social, tidak berbayar dan punya banyak penggemar. Boyd (2007) mengatakan bahwa jejaring sosial merupakan salah satu dari social media.Jejaring sosial merupakan sebuah wadah yang fokus membangun dan merefleksikan jaringan sosial atau hubungan sosial masyarakat yang membagikan kesenangan dan atau aktivitas. Sesuai dengan yang dikemukakan Boyd, melalui facebook pengguna bisa membuat profil mereka dengan foto, daftar kesukaan, informasi kontak dan informasi pribadi lainnya. Berdasarkan informasi pribadi dan kesenangan dari masing-masing pengguna, para pemilik butik online memanfaatkan fasilitas tersebut seperti yang dikemukakan oleh I2 bahwa dalam mencari segmentasi ia mencari orang-orang yang ikut bergabung dalam suatu komunitas pecinta barang bekas, atau halaman butik online lain. Dalam kehidupan nyata, mungkin kita perlu mengunjungi tempattempat komunitas tertentu untuk mendapatkan pasar, dan diperlukan waktu yang lama pula untuk mendapatkannya. Melalui facebook sekali memasuki halaman yang tepat dan sesuai dengan criteria yang dicari maka akan mudah mengetahui atau membuat daftar orang yang masuk dalam target segmentnya tanpa harus menanyai mereka satu per satu.
”Social media describes the online tools that people used to share content, profiles, opinions, insights, experiences, perspectives, and media itself, thus facilitiating conversations and interactions online between groups of people,” (Solis dalam Tsauris: 2009).
Selain dapat mengetahui melalui informasi pribadi masing-masing pengguna, kita juga bisa mengetahui apa yang mereka sukai dari percakapan dan interaksinya dengan orang lain, tanpa harus malu karena ketahuan menguping atau mengintip orang lain, karena melalui social media orang boleh membagi opini, pengalaman, dll, dan bersifat terbuka.
Social media seperti yang diungkapkan Navinot (2009) memiliki beberapa karakteristik unik, dimana merubah sebagian pandangan dan paradigma lama. Dan karakteristik tersebut banyak membantu para pemilik butik online dalam memasarkan produknya. Yang pertama social media merupakan media demokrasi, dimana facebook memfasilitasi pengguna untuk membuat dan menyebarkan informasi secara bebas.
Yang kedua adalah bangkitnya amatir, dimana bukan hanya pedagang besar yang bisa sukses di dunia perdagangan, namun pedagang kecil pun bisa meniti karirnya dan memiliki pasar yang besar hanya melalui facebook. Hal ini sangat dirasakan oleh dimana ia menyatakan bahwa walaupun modal sangat minim ia bisa meraih keuntungan yang  besar hanya melalui facebook. Maka dari itu butik online di facebook semakin banyak. Yang ketiga facebook merupakan cara baru untuk berkolaborasi, dimana dalam beriklan mereka tidak membutuhkan biaya yang sangat besar, dan tidak perlu menggunakan agensi periklanan untuk mengiklankan produk mereka mengatakan bahwa dengan memasang foto, share photo album dan link, merupakan promosi gratis bagi mereka. Yang terakhir adalah komunikasi yang cepat.
Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dengan facebook upaya promosi yang para butik online lakukan dapat dengan cepat tersampaikan pada seluruh pengguna yang menjadi temannya. Dan ketika mereka menyukai produk yang diiklankan oleh para pemilik butik online mereka akan dengan senang hati mereferensikan temannya.
Para pemilik bisnis online dalam kegiatan komunikasi pemasaran meliputi advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Penggunaan tools tersebut berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dari aktivitas promosi sebagai berikut ini:
a.       Advertising mereka gunakan untuk memberikan seluruh informasi mengenai produk yang mereka tawarkan agar pengguna facebook sadar terhadap produk yang sedang dipasarkan. Sama halnya dengan cara konvensional advertising digunakan untuk mendapatkan kesadaran khalayak. Pada facebook iklan dilakukan melalui status, dan foto. Update Status biasanya dilakukan untuk menginformasikan bahwa ada produk baru yang telah di upload, ketika mereka memiliki program seperti diskon atau cuci gudang (sales promotion), memberikan informasi mengenai jasa pengiriman, dll. Sedangkan foto mereka gunakan untuk memberikan gambaran kepada konsumen mengenai produk yang mereka tawarkan. Setelah upload mereka biasanya mengiklankannya dalam bentuk penggunaan display picture. Mereka memilih untuk update status dan upload photo karena aktifitas tersebut dapat langsung diketahui oleh seluruh pengguna facebook, yang artinya mereka melakukan aktifitas promosi secara massal.
b.      Sales promotion dilakukan untuk menarik perhatian khalayak dan untuk mendorong melakukan pembelian. Berdasarkan hasil dari penelitian ini promosi penjualan dilakukan pada saat-saat tertentu seperti Idul Fitri, Natal, Tahun baru, Imlek, Ulang tahun dan Valentine. Selain event-event tersebut sales promotion dilakukan pada saat butik online tersebut memiliki barang yang belum laku terjual sehingga mereka memasang harga khusus agar tidak merugi. Tetapi, ada juga yang menggunakan sales promotion secara terus menerus untuk memuaskan pelanggan. Sales promotion dilakukan dalam bentuk pemberian diskon/ harga khusus, dan pembebasan ongkos kirim. Media yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan ini adalah status, photo caption dan photo albums. Yang mereka lakukan biasanya adalah dengan memberitahukan kepada pengguna facebook melalui status, dan kemudian mengarahkan kepada calon konsumen (yang tertarik) untuk melihat pada album foto khusus yang disediakan dengan harga khusus, seperti halnya di toko biasanya dibedakan antara etalase dengan harga diskon dan regular.
c.       Public Relations digunakan untuk membina hubungan antara pemilik bisnis online dan konsumen dengan cara berkomunikasi yang dilakukan secara terus menerus tersebut memunculkan image mengenai butik itu sendiri. Tool inilah yang dianggap paling efektif oleh seluruh informan. Sehingga beberapa butik online juga memperkuat image mereka dengan logo, karena logo menunjukkan identitas dari butik online yang mereka miliki. Media yang digunakan sebagai wadah kegiatan public relations ini adalah wall, logo, chat dan message. Media-media tersebut digunakan untuk berinteraksi sehingga komunikasi dengan konsumen terus berjalan yang menimbulkan kedekatan. Kedekatan yang dibangun secara tidak langsung akan menimbulkan kepercayaan, sehingga orang tidak takut untuk membeli barang di butik online mereka. Kegiatan sponsorship pun bisa dilakukan melalui internet marketing, yaitu dengan menjadi sponsor kegiatan yang dilakukan oleh pengguna seperti kuis, dll.
d.      Direct Marketing sama halnya dengan cara konvensional direct marketing dilakukan secara lebih terfokus yaitu dengan melakukan promosi langsung sesuai dengan target sasaran. Dalam hal ini para pemilik bisnis online merasa facebook sangat mendukung kegiatan ini dengan adanya fasilitas tagging photo. Tagging photo dilakukan agar konsumen tersebut aware dan kemudian dapat langsung memberikan reaksi/ komentar pada foto tersebut. Karena pengguna facebook tidak selalu online maka seringkali ketika pemasar upload photo atau status beberapa orang atau bahkan calon konsumen potensial tidak melihatnya, oleh karena itu mereka memilih untuk melakukan tagging photo sehingga kapan pun ketika mereka online dapat mengetahui produk yang ditawarkan. Selain itu media lain yang digunakan untuk melakukan kegiatan ini adalah wall, chat, dan message. Tujuan pemilihan media juga sama dengan tagging photo, dimana sifatnya lebih pribadi, tidak massal, dan dapat diakses kapan pun.
e.       Personal selling melalui media internet berbeda dengan media konvensional, dimana secara tradisional atau konvensional personal selling dilakukan secara tatap muka namun melalui internet mereka tidak harus bertemu. Personal selling dilakukan oleh pemilik bisnis online hanya ketika mereka mengenal konsumen mereka. Tidak semua konsumen mereka kenal, ada yang sudah mereka kenal karena merupakan teman mereka di dunia nyata, namun juga ada yang mereka kenal seiring dengan berjalannya waktu dari interaksi pemasar dan konsumen. Konsumen yang mereka kenal biasanya merupakan konsumen tetap atau konsumen setia, sehingga seringnya mereka berkomunikasi mengakibatkan pemilik butik online mengerti benar selera konsumen tersebut. Berbeda dengan direct marketing yang menyasar orang-orang tertentu dengan cara random, personal selling lebih terfokus dan personal. Kegiatan personal selling ini juga mereka lakukan untuk menambah kedekatan dengan konsumen mereka. Dan media yang digunakan dalam melakukan kegiatan personal selling adalah wall, chat dan message yang sifatnya pribadi.
·         Penggunaan promotional tools yang digunakan para pemiliki bisnis online sebagai upaya strategi komunikasi pemasaran yaitu advertising, sales promotion, direct marketing, public relations, dan personal selling seperti yang telah disebutkan di atas, namun dilakukan dengan taktik yang bervariasi. Taktik mereka lakukan sesuai dengan tujuan dan segmentasi yang sudah ditentukan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa internet marketing mampu memfasilitasi keseluruhan tools namun dengan taktik yang terbatas. Ada taktik yang tidak dapat dilakukan dalam internet marketing, misalnya merchandising. Merchandising hanya dapat dilakukan dengan cara konvensional.
·         Dari keseluruhan tools tersebut ada yang mereka gunakan secara kontinyu, periodik dan keduanya. Tools yang digunakan secara kontinyu yaitu public relations. Digunakan secara kontinyu karena dalam membina hubungan antara pemilik butik online dan konsumen tidak bisa dilakukan hanya sekali untuk menciptakan kesan yang baik. Dibutuhkan waktu dan intensitas yang cukup tinggi untuk memunculkan kedekatan tersebut. Kedekatan tersebut ditujukan untuk menciptakan image butik online yang baik, yang tentunya memunculkan kredibilitas. Kunci utama online shopping adalah kredibilitas. Ketika konsumen tahu bahwa butik online tertentu dapat dipercaya, maka ia tidak takut untuk berbelanja disana. Tools digunakan secara periodik adalah advertising, direct marketing dan personal selling. Tools tersebut hanya digunakan di saat-saat tertentu seperti misalnya ketika ada barang baru atau ketika ada sesuatu yang butuh diinformasikan. Sedangkan tools yang digunakan secara keduanya adalah sales promotion. Sales promotion dianggap sebagai cara yang paling cepat menarik dan mempertahankan loyalitas konsumen.
·         Tools yang digunakan dalam promotional mix tersebut telah terintegrasi. Ada kalanya advertising sejalan atau dilakukan untuk mendukung kegiatan sales promotion, atau sales promotion, personal selling digunakan untuk membantu program public relations, dan sebagainya. Sehingga keseluruhan tools dapat terintegrasi dengan baik yang membantu suksesnya strategi yang mereka gunakan.
·         Melalui pelayanan yang cepat, aktif dan interaktif merupakan kunci utama dalam dunia internet marketing, karena pelayanan tersebut memunculkan image yang dapat dilihat oleh semua pengguna facebook.


Kesimpulan
Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan menurut hasil survei Global Monitor (Prihadi: 2009)  Indonesia merupakan Negara dengan pengguna facebook terbesar di benua Asia dan Australia. Perkembangan facebook sekarang ini tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, namun sudah merambah ke dunia pemasaran, salah satunya butik online. Fashion merupakan hal yang akan dan selalu dibutuhkan orang (Gladys: 2012). Maka dari itu bisnis online menjadi sangat digemari. Dengan karakteristik facebook yang terbuka pada seluruh penggunanya memunculkan persaingan antar pemasar.
Persaingan tersebut menjadi tantangan bagi pemilik butik online agar dapat bersaing secara sehat dengan kompetitor yang ada. Salah satu upayanya adalah dengan menentukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Internet marketing mampu memfasilitasi penerapan tools dalam promotional mix secara terintegrasi, dan berbeda dengan cara konvensional. Selanjutnya adalah pemasaran bisnis online menggunakan tools advertising, sales promotion, direct marketing, public relations, dan personal selling dengan taktik yang bervariasi.
Internet marketing mampu memfasilitasi tools yang ada dalam promotional mix secara terintegrasi. Jika komunikasi pemasaran konvensional promotion tools digunakan melalui media, waktu, dan cara yang berbeda, dalam internet marketing keseluruhan tools tersebut dapat digunakan secara bersamaan baik waktu maupun media yang digunakan. Dapat ditunjukkan pada penelitian bahwa pemilik butik online dapat melakukan aktivitas advertising, personal selling, direct marketing, sales promotion dan public relations secara bersama-sama.
Dalam internet marketing terutama melalui facebook, tools yang digunakan para pemilik bisnis online dalam kegiatan komunikasi pemasaran meliputi advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing.


DAFTAR PUSTAKA
Baran, Stanley J. 1999. Introduction to Mass Communication, Media Literacy and Culture. California: Mayfield Publishing Company
Belch, George E. & Belch, Michael A. 2001. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perpective (5th Edition). New York: Mc. Graw Hill
Belch, George, Michael Belch. 2004. Advertising and Promotion: As Integrated
Marketing Communication Pesrpective. New York: Mc. Graw Hill
Carson, Jonathan. 2009. Global Advertising: Consumer Trust Real Friends and
Virtual Stranger the Most.
Eid, Riyad dan Myfanwy Trueman, 2002. “The Internet: New International
Marketing Issues,” Management Research News, vol 25 (12):5-67.
Ellsworth, Jill H, Matthew V. (1997). Marketing on the internet. Grasindo:Jakarta.
Fill, Chris. 2009. Marketing Communications: Interactivity, Communities and
Content. Harlow: Prentice Hall.
Fransisca. nd. Pemanfaatan Teknologi Internet dalam Bisnis Suatu Perusahaan
E-commerce. Universitas Bina Nusantara: Jakarta.
Keegan, Warren J. 1995. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhalindo: Jakarta.
Kelompok Gramedia.
Kotler Philip And Gary Armstrong. 1999. Principle of Marketing, 3rd edition.
Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Kontrol. Jilid Pertama, Edisi Keenam, Terjemahan.
Erlangga: Jakarta.
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education
International, Inc.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Penerbit Airlangga: Jakarta.
Kriyantono, Rachmat. 2009. Tekni Praktis: Riset Komunikasi. Kencana: Jakarta.
Lee, Ook. 2001. Internet marketing research: Theory and Practice. United State
of America: Idea Group Publishing.
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra
Ilmu.
Mahe, Gigih. 2009. E-commerce – Cyber Marketing. Akademi Manajemen
Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika: Yogyakarta.
Nugraha, Firman (2008). Perkembangan Internet di Indonesia Pada Tahun 2010.
Paul, Pallab, 1996. “Marketing on the Internet,” Journal Of Consumer Marketing,
13 (4):27-39. Simatupang, Batara M., 1996. “Strategi Memenangkan
Pavlick, John V. 1996. New Media Technology: Cultural and Commercial
Perpectives. USA: Allyn and Bacon.
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi.
Jakarta : Rajawali
Strauss, Judy, Adel El-Ansary, & Raymond Frost. 2003. E-marketing (3rd
Edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Susilo, Youngky, 2010. Orang Indonesia Mulai Sering Belanja Online. Diakses
Ustadiyanto, Riyeke. 2002. E-business Plan: Perencanaan, Pembangunan, dan
Strategi Bisnis di Internet. Yogyakarta: Penerbit Andi
Wening W, MC. 2010. PENGGUNAAN FACEBOOK sebagai MEDIA BISNIS
ONLINE “CHERIOO SHOP”.
Yuliantoro, Joko dan Purbo, Onno W. 1998. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan
lewat E-Commerce (Bagian I). Majalah Infokomputer Vol. XII No.8.
Jakarta: Gramedia

LihatTutupKomentar