[Cara] Mudah Cek / MELIHAT NISN Siswa Se-Indonesia secara ONLINE



Bagi siswa yang telah terdaftar di TK,SD,SMP,SMA & SMK biasanya akan memiliki NISN atau nomor induk siswa nasional. NISN tersebut akan dapat di peroleh apabila nama & biodata siswa telah di input melalui aplikasi dapodik kemudian di usulkan untuk bisa mendapatkan NISN.

Nomor Induk Siswa Nasional merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar & berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia & Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN & terdaftar di Referensi Kemendikbud.


NISN sangat penting untuk dimiliki oleh seluruh siswa yang telah terdaftar di satuan pendidikan karena dengan nomor induk siswa nasional tersebut maka dapat di ketahui bahwa siswa tersebut benar-benar telah resmi terdaftar di kemendikbud.

Degan memiliki NISN maka setiap siswa yang berada di seluruh Indonesia yang telah terdaftar dapat dengan mudah di identifikasi, selain itu NISN juga merupakan pusat layanan system pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi seluruh sekolah di Indonesia & juga NISN sebagai system pendukung program dapodik yang digunakan oleh seluruh sekolah baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Bagi sebagian operator sekolah pastinya pernah melakukan proses penginputan nomor induk siswa nasional ke dalam aplikasi dapodik, selain itu juga proses verval peserta didik juga menjadi tugas yang harus di kerjakan oleh para operator sekolah terutama dalam mengecek nomor NISN siswa agar dapat berkesinambungan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan yang lebih tinggi.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan [Cara] Mudah Cek/melihat NISN Siswa Seindonesia Secara Online, tujuannya agar kita bisa mengetahui kebenaran nomor induk siswa nasional tersebut.
Berikut ini cara mengeceknya :

- Pertama silahkan kunjungi alamat berikut ini : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home
Maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini


- kemudian klik menu “Data siswa” sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini


- selanjutnya klik tulisan “pencarian berdasarkan nama”


Sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini


- kemudian isilah kolom yang telah di sediakan sesuai dengan jenis kolom yang telah di sediakan.

KETERANGAN :
- Kolom “Nama Siswa” silahkan isi dengan nama siswa yang akan di cek NISN nya.

- Kolom “Tempat Lahir” silahkan isi dengan tempat lahir siswa tersebut.

- Kolom “Tanggal Lahir” silahkan isi dengan tanggal lahir siswa yang akan di cek NISN nya.

Jika semua kolom telah di isi maka langkah selanjutnya klik tulisan “ cari “ sehingga nomor NISN siswa yang akan kita cek tersebut akan di munculkan seperti pada contoh gambar di bawah ini :


Demikianlah [Cara] Mudah Cek / Melihat Nisn Siswa Seindonesia Secara Online yang dapat saya informasikan pada postingan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Loading...