-->

Pengertian Yaumul Jaza Dan Hari-Hari Selesai Lainnya

Pengertian Yaumul Jaza mungkin sudah sering dibahas di sekolah-sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan Anda sudah lupa mengenai Yaumul Jaza. Untuk membantu mengingat kembali apa itu Yaumul Jaza, simak ulasan berikut ini. Yaumul Jaza ialah hari pembalasan, di mana semua insan akan mendapat jawaban atas perbuatan yang sudah dilakukan di dunia. Sebagai umat Muslim, sudah seharusnya untuk meyakini adanya hari simpulan atau kiamat. Hidup di dunia ini hanya sementara saja, sementara ada alam abadi sebagai pembalasan atas kehidupan di dunia.

 mungkin sudah sering dibahas di sekolah Pengertian Yaumul Jaza dan Hari-Hari Akhir Lainnya
Baca juga : Pengertian A Cire Perdue, Teknik Cetak Pada Zaman Dahulu

Secara garis besar, Yaumul Jaza ialah hari di mana seluruh umat insan mendapat jawaban atas perbuatannya di dunia. Balasan yang akan diperoleh insan tergantung dari amalan yang sudah dikumpulkan di dunia. Jika insan tersebut bersedekah baik selama hidupnya di dunia, maka nirwana ialah balasannya. Dan jikalau insan bersedekah buruk, maka neraka dan siksanya ialah balasannya. Setelah mengetahui pengertian Yaumul Jaza ini, tentu Anda sanggup membedakannya dengan Yaumul-Yaumul lainnya. Agar Anda tidak bingung, berikut ialah klarifikasi mengenai nama lain hari kiamat:

1. Yaumul Qiyamah
Yaumul Qiyamah ialah hari kebangkitan besar, maksudnya yaitu hari di mana kehidupan insan di dunia hancur secara keseluruhan. Hancurnya kehidupan insan di dunia ini menghancurkan keseluruhan makhluk ciptaan Allah tanpa terkecuali.

2. Yaumul Fashl
Yaumul Fashl ialah hari pemisah, yaitu untuk orang-orang yang beriman dan untuk orang-orang kafir. Pada hari itu, seluruh insan akan dipisah kemudian dikelompokkan sesuai dengan keyakinan agamanya.

3. Yaumul Hisab
Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan, di mana seluruh amal perbuatan insan dihitung dengan cepat dan cermat.

4. Yaumul Thalaq
Yaumul Thalaq yaitu hari pertemuan, di mana insan akan ditemukan dengan sesamanya.

5. Yaumul Jam’i
Selain mengetahui pengertian Yaumul Jaza, ketahui juga pengertian Yaumul lain. Untuk Yaumul Jam’i sendiri merupakan hari berkumpulnya semua manusia. Sejak zaman Nabi Adam as hingga insan terakhir yang diciptakan. Berkumpulnya seluruh insan ini akan ditanyakan mengenai amal perbuatannya selama di dunia.

6. Yaumul Mahsyar
Yaumul Mahsyar yaitu hari berkumpulnya insan di Padang Mahsyar, kawasan luas yang berada di bawah terik matahari.

7. Yaumul Ba’ats
Yaumul Ba’ats ialah hari kebangkitan, yaitu semua insan yang sudah mati akan dibangkitkan dari kuburnya. 

8. Yaumul Mizan
Yaumul Mizan yaitu hari di mana diadakannya penimbangan amal dari seluruh umat insan selama hidup di dunia. 

9. As-Sa’ah
As-Sa’ah ialah hari di mana Allah SWT akan memilih adanya hari simpulan atau hari kiamat.

10. Yaumul Diin
Yaumul Diin ialah hari pembalasan agama, maksudnya yaitu hari pembalasan sesuai dengan amalan agamanya. Di antaranya yaitu amalan sholat, puasa, zakat, sodakoh, haji dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dari Yaumul-Yaumul atau hari-hari lain selain Yaumul Jaza yang sanggup disampaikan. Ketika hari simpulan zaman sudah ditentukan, tidak akan ada perubahan sehabis Allah memilih hari tersebut. Tidak akan dimundurkan atau dimajukan, hari simpulan zaman akan sesuai dengan ketentuan yang telah dibentuk Allah SWT. Setelah hari kiamat, insan akan memasuki dan menjalani kehidupan sehabis berakhirnya kehidupan di dunia. Itulah ulasan mengenai pengertian Yaumul Jaza dan Yaumul-Yaumul lainnya.
LihatTutupKomentar