-->

Pengertian 4R, Prinsip Dan Cara-Caranya

Pengertian 4R meliputi 4R yakni reduce, reuse, recycle dan replace yakni sebuah prinsip yang dipakai untuk mengelola dan mengurangi sampah. Sampah memang begitu akrab dengan acara manusia, alasannya setiap kegiatan yang dilakukan pastinya akan menghasilkan sampah. Sampah sendiri merupakan barang atau sesuatu yang sudah tidak terpakai. Contohnya saja, ketika kita mengonsumsi air mineral menggunakan botol plastik, maka botolnya menjadi sampah setelah tidak terpakai. Kegiatan atau acara sehari-hari pastinya begitu banyak. Dengan begitu, sampah yang diperoleh pun semakin banyak. Terlebih lagi sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga, misalnya kemasan makanan, sisa sayuran dan lain sebagainya 
  • Pengertian Prinsip 4R
Adapun untuk mengatasi sampah maka sampah seharusnya dikurangi. Jangan hingga keberadaan sampah pun menumpuk, bahkan menggunung. Di samping itu, dengan mengkremasi sampah justru akan menjadikan terjadinya pencemaran udara. Adapun caranya yakni dengan 4R, yakni reduce, reuse, recycle dan replace. Adapun klarifikasi wacana pengertian 4R tersebut diantaranya:

Reduce
Supaya tak menghasilkan banyak sampah, maka kita pun sanggup meminimalisir pemakaian benda-benda yang sanggup menghasilkan sampah menyerupai benda yang sekali pakai. Misalnya saja, ketika berbelanja, lebih baik membawa tas untuk belanja sendiri dengan begitu Anda tak perlu menggunakan kantong plastik. Hindari terlalu sering membeli air mineral dengan kemasan botol, alasannya botol tersebut nantinya hanya sanggup menambah menumpuknya sampah. Cara lainnya dengan mengurangi jajan. Jajanan yang ada di sekolah umumnya menggunakan kemasan plastik, misalnya untuk permen, snack, kuliner dan minuman. Di samping untuk menghindari banyaknya sampah juga semoga terhindar dari banyak sekali penyakit alasannya jajanan sanggup berpotensi untuk mengganggu kesehatan. Masih ada banyak lagi pola prinsip reduce atau mengurangi sampah di lingkungan kita.

Reuse
Reuse merupakan sebuah acara mengelola sampah dengan menggunakannya kembali. Jika kita memanfaatkan benda-benda yang tak terpakai kembali, maka sampah pun berkurang. Adapun misalnya yang pertama yakni membiasakan diri untuk tak membuang kantong plastik, sebaiknya kumpulkan kantong plastik tadi supata sanggup dimanfaatkan kembali jikalau kita memerlukan kantong yang dipakai untuk membawa belanjaan. Selain itu, aplikasikan kaleng bekas untuk dijadikan pot tanaman, daerah pensil, dan lain sebagainya. Supaya lebih indah, maka kaling tadi sanggup dicat maupun di hias sesuai harapan kita.

Recycle
Recycle sendiri merupakan upaya pengurangan sampah dengan cara mendaur ulang. Dalam hal ini kita harus sanggup membedakan antara sampah anorganik dan sampah organik. Untuk mendaur ulang sampah anorganik sendiri sanggup dengan mengumpulkan barang-barang menyerupai botol plastik bekas minuman, majalah, kertas bekas maupun kaleng bekas. Selain itu, menentukan sampah anorganik misalnya kaleng, sampah plastik dan kertas.

Replace
Replace sendiri artinya mengganti, adapun maksudnya yakni dengan cara mengganti barang yang ramah lingkungan. Contohnya saja, mengganti pemakaian kantong plastik yang biasa dengan kantong plastik yang biodegradable alasannya plastik yang satu ini lebih ramah lingkungan alasannya gampang untuk diuraikan. Selain itu juga sanggup mengubah botol minuman menjadi botol yang sanggup dimanfaatkan secara berulang kali, menyerupai botol yang terbuat dari material aluminium. 

Berdasarkan prinsip-prinsip 4R diatas, kita tentu sanggup mengetahui bagaimana caranya untuk mengurangi sampah rumah tangga. Dengan mengurangi sampah di rumah maupun di lingkungan sekitar, tentunya untuk membantu kita dari pencemaran udara ataupun pemanasan global akhir pengelolaan sampah yang kurang tepat. Demikian ulasan mengenai pengertian 4R diatas!
LihatTutupKomentar