-->

[Cara] TARIK Peserta DIDIK BARU & Siswa PINDAHAN di Dapodik secara ONLINE


Pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit mengenai cara menarik atau menambah peserta didik baru maupun siswa pindahan/mutasi ke dalam aplikasi dapodik secara online.
Sebagai seorang operator sekolah pekerjaan Dapodik merupakan pekerjaan utama yang harus diselesaikan disekolah. Apalagi jika sudah memasuki tahun ajaran baru maka biasanya aplikasi dapodik mengeluarkan atau merilis aplikasi terbaru yang akan digunakan di tahun ajaran baru.

Di aplikasi dapodik 2019 cara melakukan tarik peserta didik baru atau siswa pindahan kini di lakukan dengan cara & penampilan yang sedikit berbeda dari sebelumnya.
Untuk mengetahui [Cara] Terbaru melakukan tarik peserta didik baru & siswa pindahan di aplikasi dapodik 2019 silahkan kunjungi link judul di bawah ini :

==> [Cara] Terbaru TARIK Peserta DIDIK di Dapodik 2019

Pada aplikasi dapodik versi 2019 terdapat beberapa perubahan terutama mengenai cara untuk melakukan penambahan peserta didik baru atau penambahan siswa pindahan.
untuk mengetahui cara melakukan tambah peserta didik baru & cara tambah peserta didik pindahan di aplikasi dapodik versi 2019 maka silahkan kunjungi link judul di bawah ini :

==> [Cara] TAMBAH Peserta DIDIK BARU & Siswa PINDAHAN di Aplikasi Dapodik VERSI 2019


Disaat memasuki tahun ajaran baru pekerjaan sebagai seorang operator dapodik pastilah sangat banyak karena pekerjaan rutin yang harus dilakukan yaitu menaikkan kelas peserta didik & juga menginput peserta didik baru serta mengatur jam pelajaran sesuai dengan hasil rapat sekolah masing-masing. Namun pekerjaan tersebut akan terasa ringan jika kita bisa melakukannya dengan niat & usaha yang besar, apalagi sebagai seorang operator dapodik yang sudah berpengalaman pekerjaan tersebut rasanya sudah diluar otak karena dapat di ibaratkan sebagai makanan pokok sehari-hari.

Setelah dapodik versi 2019 di rilis maka tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang operator dapodik adalah menaikkan kelas peserta didiknya dari tingkat sebelumnya ke tingkat yang lebih tinggi.

pada postingan sebelumnya saya telah memposting mengenai cara menaikkan kelas peserta dapodik di aplikasi dapodik versi 2019. Jika anda belum sempat membacanya silahkan kunjungi link judul di bawah ini :


==> [Cara] MENAIKKAN KELAS Peserta DIDIK di Aplikasi Dapodik VERSI 2019

Meskipun banyak operator sekolah yang sudah mahir dalam mengolah data dapodik namun belum tentu hal tersebut berlaku bagi para operator yang baru saja di tugaskan untuk menangani data dapodik di sekolahnya. Oleh sebab itulah pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada rekan-rekan operator yang mungkin masih belum mengetahui [Cara] Mudah untuk menginput data peserta didik baru melalui system tarik peserta didik baru secara online kedalam aplikasi dapodik.
[Cara] ini sangat memudahkan para operator dapodik karena tidak perlu lagi menginput data peserta didik baru secara manual melainkan cukup menarik data peserta didik baru dari sekolah asalnya menuju sekolah baru yang akan di tempatinya. Jika data siswa tersebut telah berhasil ditarik & masuk di sekolah baru maka tugas kita sebagai operator dapodik tinggal melengkapi data – data penunjang yang belum terisi pada aplikasi dapodik.

Selain dapat menarik data peserta didik baru cara ini juga dapat digunakan untuk menambah siswa pindahan atau mutasi dari sekolah asalnya menuju sekolah baru. Tetapi cara ini dapat dilakukan apabila siswa pindahan tersebut telah berhasil di mutasikan dari sekolah asalnya.
Hal itu juga berlaku bagi siswa baru yang akan di tarik datanya dimana siswa tersebut harus sudah di keluarkan dengan cara meluluskan siswa tersebut dari sekolah asalnya.


Baiklah berikut ini saya akan menjelaskan cara untuk menarik data peserta didik baru maupun siswa pindahan/mutasi ke dalam aplikasi dapodik secara online.

Pertama silahkan masuk ke beranda dopodik melalui laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Setelah itu pilih “login” menggunakan “operator sekolah”


Kemudian silahkan anda login menggunakan username & password dapodik sekolah anda


Jika sudah login maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, lalu pilih menu “Tarik Peserta Didik”


Setelah itu akan tampil data “sekolah asal” & “sekolah tujuan” (sepeti pada gambar dibawah).
Pada sekolah tujuan data sekolah sudah otomatis terisi & pada sekolah asal silahkan anda isi sesuai sekolah asal siswa yang akan di tarik datanya.
Sebagai penjelasan cara pengisiannya silahkan simak penjelasan di bawah ini:

  • Jenis Pendaftaran       :Mutasi/Pindah
  • Provinsi                     :Provinsi Sekolah Asal
  • Kabupaten                 :Kabupaten Sekolah Asal
  • Kecamatan                :Kecamatan Sekolah Asal
  • Sekolah                     :Nama Sekolah Asal


Setelah itu pada menu peserta didik silahkan input salah satu data yang di butuhkan untuk mengetahui kebenaran datanya.
Contohnya : ketikkan nama siswa tersebut kemudian klik “cari peserta didik”


Jika nama siswa yng di cari telah muncul & telah sesuai, maka silahkan lanjutkan dengan mengklik “tanda panah biru" pada bagian yang saya lingkari pada gambar di bawah


Langkah terakhir pada menu konfirmasi silahkan klik tulisan “konfirmasi proses mutasi”


Jika semua tahapan di atas telah dilakukan dengan benar maka untuk memastikan siswa tersebut masuk kedalam aplikasi dapodik maka silahkan syncron terlebih dahulu dapodik anda maka setelah itu nama siswa yang ditarik tersebut akan otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik anda.

BACA JUGA:
==> [Cara] DAFTAR/REGISTRASI Akun OPERATOR Sekolah di SDM PDSP

Sekian tutorial cara menarik data peserta didik baru kedalam apalikasi dapodik, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.



LihatTutupKomentar