-->

Cara Gampang Memahami Pengertian Question Tag

Pengertian Question Tag - Jika Anda berguru Bahasa Inggris, yang konon sebagai Bahasa internasional alasannya kesuksesannya dalam melakoni revolusi industri, maka akan menemukan step atau tahap yang dinamakan dengan question tag. Question tag ini sangat berbeda dengan pertanyaan yang membutuhkan tanggapan ya atau tidak. Sedangkan pengertian question tag ialah sebuah pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban. Kelihatannya memang aneh, alasannya question tag tergolong sebagai pertanyaan, namun tidak membutuhkan jawaban, baik tanggapan ya atau tidak maupun tanggapan klarifikasi terkait pertanyaan yang dilontarkan.
Meskipun sejenak kelihatan aneh, namun saat diucapkan, bekerjsama question tag ialah pertanyaan yang sudah lazim terjadi dan juga sering diucapkan dalam aneka macam bahasa. Karena question tag pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban, melainkan pertanyaan yang justru menegaskan pertanyaan itu sendiri. Misal yang sanggup kita jumpai dalam Bahasa Indonesia berbunyi “apakah ia manis bukan?”. Kalimat tersebut tetap diakhiri dengan tanda baca tanya, alasannya kalimat tersebut memang serentetan kata yang membentuk kalimat tanya, sehingga juga harus diakhiri dengan tanda baca berupa tanda tanya.

Dalam bahasa Inggris, rumus dari question tag memang hampir sama dengan pertanyaan yang membutuhkan tanggapan ya atau tidak. Jika pertanyaan yang membutuhkan tanggapan ya atau tidak mempunyai rumus be+noun+verb, maka question tag mempunyai rumus be+noun+verb+be+not+noun. Contoh kalimat tanya yang membutuhkan tanggapan ya atau tidak ialah is sugar sweet? (apakah gula manis?). Pertanyaan tersebut tentunya hanya mempunyai dua tanggapan dari orang kedua atau orang yang diajak bicara, dan jawabannya ialah ya atau tidak.

Contoh pertanyaan di atas berbeda dengan question tag. Contoh pertanyaan yang memakai question tag ialah the sugar is sweet, is not it? Sebenarnya untuk mengartikan kalimat tersebut tidak harus “apakah gula itu manis, bukan?”. Namun kalimat tanya tersebut akan lebih asyik diucapkan kalau diartikan “gula itu manis bukan?”. Kedua arti memang sama-sama mengandung kalimat tanya, namun kiranya arti kedua lebih yummy untuk diucapkan oleh pengecap Indonesia, alasannya tidak terlalu formal atau sesuai dengan ejaan bahasa.

Meskipun pengertian question tag berbeda dengan pengertian yes or no question, namun cara pengucapannya atau intonasi dalam pengucapannya sanggup dikatakan sama, yakni sama-sama memakai intonasi tanya. Bedanya, kalau yes or no question masih membutuhkan tanggapan dari orang kedua, maka question tag tidak lagi membutuhkan lagi tanggapan dari orang kedua. Karena orang pertama, yakni orang yang mengucapkan question tag bekerjsama sudah mengetahui tanggapan dari pertanyaan yang dilontarkan. Namun pertanyaan tetap diucapkan dengan tujuan mengukuhkan atau menguatkan inti dari pertanyaan itu sendiri.

Meskipun kalimat dalam bahasa inggris secara garis besar terbagi menjadi dua jenis kalimat, yakni kalimat lisan dan kalimat nominal, namun rumusnya tetap sama, sebagaimana rumus yang telah disebutkan di atas. Contoh question tag dalam kalimat nominal ialah menyerupai ini: you are busy, are not you (kamu sibuk bukan?). Nah, kalimat lisan ini ditandai dengan verb atau kata kerja yang berupa be, yang dalam pola tersebut be-nya berupa are.

Tentunya pola question tag antara yang berupa kalimat nominal dan kalimat lisan tentunya berbeda. Jika dalam kalimat nominal predikat atau kerja tidak bekerjasama dengan fisik, atau tidak melaksanakan sesuatu secara fisik, maka dalam kalimat verbal, predikat atau kata kerja berupa fisik. Contohnya adalah: you’re drinking a glass of tea, aren’t you? (kamu minum segelas teh bukan?).

Perbedaannya, kata kerja dalam kalimat lisan berupa minum, yakni sebuah acara fisik, sedangkan dalam kalimat nominal kata kerjanya tidak sanggup diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, alasannya menyatakan perihal sifat maupun keterangan. Itulah pengertian question tag beserta rumus dan contohnya.
LihatTutupKomentar