-->

Mengenal Pengertian Biaya Peluang Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian biaya peluang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari kita, terutama yang berafiliasi dengan pengambilan kesempatan yang ada. Dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak terlepas dari menentukan sebuah kesempatan yang datang. Setiap harinya niscaya kita dihadapkan dalam banyak pilihan, contohnya saja menentukan barang belanjaan, menentukan rute perjalanan ke sekolah atau ke kantor, menentukan acara yang akan dilakukan, dan aneka macam pilihan lainnya. Semua kesempatan ini tidak semua bisa diambil dan kita hanya bisa menentukan satu dari aneka macam pilihan yang ada dan mengorbankan pilihan yang lainnya. Biaya yang dikeluarkan pada pilihan yang dikorbankan atau yang tidak dipilih inilah yang disebut dengan biaya peluang.

Contoh Biaya Peluang Dalam Keseharian

Secara sederhana pengertian biaya peluang ialah biaya yang dikorbankan demi untuk memenuhi kesempatan lain yang ada. Misalnya saja, seorang pengusaha yang sedang berkembang mendapat suplemen modal sebesar 60 juta dari derma bank. Modal suplemen ini sanggup dipakai untuk menyebarkan perusahaan dengan aneka macam cara, contohnya dengan membeli alat operasional untuk menambah jumlah produksi atau dipakai untuk menyewa kawasan perjuangan yang lebih strategis. 

Keduanya tidak bisa dilakukan secara bersamaan oleh sang pengusaha sebab keterbatasan jumlah modal suplemen yang diperolehnya. Jika pengusaha menentukan untuk menyewa kawasan maka ia mengorbankan untuk tidak membeli peralatan operasional tambahan. Dua pilihan yang bisa dipilih oleh pengusaha ini tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Untuk menentukan pilihan mana yang paling sempurna sang pengusaha bisa menghitung biaya peluang dari kedua pilihan tersebut. Menghitung biaya peluang ini bisa membantu sang pengusaha untuk membandingkan pilihan mana yang paling menguntungkan dengan dua pilihan yang ada tadi. Setiap biaya peluang yang didapatkan dari sebuah analisis bisa dijadikan sebagai materi pertimbangan pengusaha untuk melaksanakan pengambilan keputusan.

Rumus Menghitung Biaya Peluang

Biaya peluang bisa dihitung dengan memakai cara atau rumus yang sangat sederhana. Syarat untuk menghitung atau menentukan biaya peluang ialah adanya minimal dua pilihan yang akan dipilih tapi tidak menutup kemungkinan jikalau banyak sekali pilihan yang ada. Rumus menghitung dari biaya peluang dengan dua pilihan kesempatan bisa dilakukan dengan mempertimbangkan biaya pada pilihan yang dikorbankan atau tidak dipilih. Sedangkan untuk menghitung biaya peluang dengan banyak pilihan ialah menghitung biaya paling baik dari pilihan-pilihan yang dikorbankan. Pada pada dasarnya untuk menghitung biaya peluang ini memperhatikan biaya pilihan yang dikorbankan. 

Sebab Munculnya Biaya Peluang

Biaya peluang muncul dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan oleh pilihan yang tidak ada batasnya sehingga insan niscaya memiliki banyak pilihan dalam hidupnya. Banyaknya pilihan ini tentu saja tidak bisa diambil semuanya sebab keterbatasan kemampuan insan dalam hal waktu dan dana. Keterbatasan inilah yang menciptakan insan hanya bisa mengambil atau menentukan satu kesempatan atau pilihan lainnya. Penghitungan biaya peluang ini tidak menjamin tidak adanya kerugian yang dialami oleh manusia, kerugian niscaya ada dan tidak bisa diperkirakan. Paling tidak dengan mengetahui pengertian biaya peluang dan cara menghitungnya kerugian ini bisa diminimalkan.
LihatTutupKomentar