-->

Pengertian 5W 1H Dalam Pembuatan Berita

Apa sih pengertian 5w 1h menyerupai yang ada di pelajaran bahasa Indonesia? Mungkin untuk para jurnalis atau sering disebut dengan pencari berita, mereka tidak aneh lagi kalau mendengar mengenai rumus dasar 5w 1h. Rumus dasar 5w 1 h tersebut merupakan rumus yang penting dan menjadi dasar di dalam aktivitas menulis info dan berbagi sebuah info yang akan disampaikan nantinya.
Tidak hanya para jurnalis saja yang memakai 5w 1h, namun juga di sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia, tentunya siswa juga akan diperkenalkan dengan rumus dasar 5W 1H yang sangat penting dalam pembuatan artikel, info dan memberikan sebuah insiden atau peristiwa.

Sebenarnya 5w 1h merupakan rumus yang isinya berupa beberapa pertanyaan yang dipakai untuk mencari pandangan gres pokok atau inti dari sebuah berita. Selain itu, 5w 1h juga dipakai untuk berbagi sebuah info yang akan ditampilkan atau dibacakan nantinya. Rumus dasar 5w 1h sering dipakai untuk berbagi sebuah info alasannya berisi inti penyusunan info tersebut. Rumus dasar 5w 1 h diambil dari kata tanya di dalam bahasa Inggris yaitu what, who, when, why, where dan how. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kata tersebut memiliki arti apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana.

Pada umumnya, rumus dasar 5w 1h ini disebut juga dengan metode kipling atau kipling method. Disebut dengan metode kipling alasannya istilah dari rumus dasar 5w 1h ini awalnya diambil dari sebuah puisi Rudyard kipling di tahun 1902. Pengertian 5w 1h di dalam penerapannya dipakai untuk mengumpulkan semua informasi dan lalu dianalisis permasalahannya sehingga seseorang sanggup mengambil solusi yang baik guna mengatasi dilema tersebut.

Rumus dasar 5W 1H yang pertama yaitu apa, kata tanya ini yakni yang mengenai permasalahan yang terjadi di suatu insiden tertentu. Rumus dasar 5w 1h yang kedua yaitu siapa, yakni kata tanya mengenai pelaku dari sebuah insiden yang sedang atau sudah terjadi.

Rumus dasar 5w 1h selanjutnya yaitu pertanyaan kapan yang isinya pertanyaan mengenai waktu insiden tersebut terjadi atau waktu info tersebut terjadi. Contoh pertanyaan kapan antara lain kapan insiden itu terjadi, kapan beliau mengalami kecelakaan, kapan beliau lupa mengerjakan PR dan lain sebagainya. Kata tanya 5w 1h selanjutnya yaitu dimana yang isinya mengenai kawasan insiden tersebut terjadi. Contohnya dimana kau terjatuh, dimana info itu disiarkan dan lainnya.

Selain itu, untuk kata tanya mengapa termasuk dalam 5w 1h yang isinya mengenai alasan terjadi peristiwa. Contoh kata pertanyaan mengapa yaitu mengapa hal itu terjadi, mengapa kau menangis. Rumus dasar 5w 1h yang terakhir yaitu bagaimana yang isinya mengenai pertanyaan yang mengandung cara insiden tersebut berlangsung.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian 5w 1h yang bahu-membahu kalau diterapkan di dalam pembuatan artikel, ulasan info atau kita memberikan informasi sangat membantu kejelasannya. Semoga informasi ini sanggup bermanfaat.
LihatTutupKomentar