-->

Pengertian Genosida Dan Kejahatan Manusia

Pengertian Genosida merupakan sebuah pembantaian secara besar-besaran dengan cara sistematis kepada suatu suku bangsa atau kelompok tertentu dengan maksud untuk memusnahkan bangsa atau kelompok tersebut. Genosida merupakan salah satu dari empat pelanggaran Hak Asasi Manusia berat dalam yuridiksi International Criminal Court. Pelanggaran Hak Asasi Manusia berat lainnya yaitu kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan aksi serta kejahatan perang.
Dari pelanggaran Hak Asasi Manusia ini genosida merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia terberat lantaran merupakan pembantaian secara besar-besaran untuk menghapuskan suatu bangsa atau kelompok tertentu. Tentu saja hal ini akan menjadikan ketidaknyamanan dalam menjalani hidup dan akan menciptakan korban yang masih hidup akan merasa terancam.

Pengertian genosida dalam bidang budaya hampir serupa dengan genosida pada umumnya. Hanya saja dalam bidang budaya genosida akan melaksanakan pembunuhan peradaban suatu bangsa atau kelompok atau suku dengan cara pelarangan penggunaan bahasa asal serta menghancurkan atau mengubah sejarah dari suku atau kelompok tersebut dan menghancurkan segala sesuatu yang bekerjasama dengan peradaban mereka. Hal ini tentu saja tidak disarankan lantaran budaya merupakan akar sebuah bangsa. Jika dalam bangsa tidak mempunyai budaya tentu akan menciptakan bangsa tersebut menjadi tidak kokoh.

Kontroversi Genosida

Pengertian Genosida yang merupakan salah satu dari empat pelanggaran Hak Asasi Manusia terberat ini tentu saja selalu dikecam oleh banyak negara. Apalagi jikalau genosida ini dilakukan tanpa lantaran yang tidak niscaya atau hanya keputusan salah satu pihak saja. Selain akan menjadikan rasa tidak aman, genosida ini juga akan menciptakan negara-negara lain merasa khawatir akan keselamatan orang banyak lantaran pembunuhan besar-besaran itu tentu akan menciptakan keselamatan insan akan terancam.

Salah satu genosida yang paling besar lengan berkuasa di dunia yaitu pembantaian orang-orang Yahudi, orang Gipsi serta suku bangsa Slavia oleh para pendukung kaum Nazi di Jerman pada Perang Dunia II. Dimana pada perang tersebut memunculkan sosok Adolf Hitler yang populer kesadisannya lantaran berani melaksanakan genosida secara besar-besaran dan menciptakan kaum Yahudi kala itu merasa terancam keselamatannya.

Pengertian Genosida yang dianut oleh Adolf Hitler ini tentu saja tidak dimengerti oleh banyak negara lainnya kenapa harus melaksanakan pembantaian dan tidak mengusir saja dari negara Jerman. Tentu saja hal itu juga yang menciptakan nama Adolf Hitler menjadi sosok besar lengan berkuasa di dunia lantaran kasus genosida besar-besaran yang memacu Perang Dunia II.

Pengertian genosida ini juga dikuatkan oleh banyak sekali kasus yang cukup populer pada tahun 2004 dimana di Sudan terjadi pembantaian yang bisa menyedot perhatian banyak negara. Pembantaian kaum masyarakat kulit gelap di Darfur, Sudan. Pembantaian ini tentu saja menciptakan banyak negara bahkan PBB juga mengecam tindakan milisi Janjaweed tersebut lantaran kasus genosida sangat meresahkan masyarakat Sudan pada dikala itu.
LihatTutupKomentar