-->

Pengertian Iman Kepada Hari Final Dan Tanda-Tandanya

Pengertian kepercayaan kepada hari akhir atau hari tamat zaman diartikan secara sederhana ialah percaya akan adanya hari tamat atau hari tamat zaman yang kelak akan terjadi. Hari tamat atau hari tamat zaman ini merupakan hari terakhir insan hidup di muka bumi ini dan dimulainya kehidupan awet di dalam akhirat. Penjelasan mengenai hari tamat zaman ini dijelaskan dalam surat Al Zalzalah dan surat lainnya ini tertera dalam Al Qur’an. Tidak hanya dalam Al Qur’an saja yang menjelaskan wacana hari tamat zaman di kitab-kitab Allah sebelum Al Alquran juga sudah dibahas mengenai hari tamat atau hari tamat zaman ini.
Mengimani atau percaya dengan akan datangnya hari tamat zaman atau hari tamat ini ialah wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam. Pengertian kepercayaan kepada hari tamat atau hari tamat zaman ini masuk dalam rukun Islam ke lima sehabis kepercayaan kepada Nabi dan Rasul Allah. Mempercayai akan datangnya pada hari tamat zaman ini tidak hanya dapat diartikan secara sempit saja yaitu hanya percaya akan hari tamat zaman tapi juga harus meyakini bahwa sehabis hari tamat zaman akan ada kehidupan awet atau kehidupan sehabis hari akhir.

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Datangnya hari tamat zaman sudah dipastikan akan datang, tapi tak seorang pun tidak mengetahui kapan pastinya hari tamat zaman ini akan datang. Nabi Muhammad sebagai pimpinan semua umat pun tidak mengetahui kapan tepatnya hari tamat zaman ini akan muncul. Walaupun demikian, Allah tetap memperlihatkan gejala datangnya hari kiamat. Tanda-tanda datangnya hari tamat zaman ini dibedakan berdasarkan jenis kiamatnya, jenis tamat zaman ada dua yaitu tamat zaman kecil atau tamat zaman sugra dan tamat zaman besar atau tamat zaman kubra. 

Kiamat kecil atau tamat zaman sugra ini tiba sebelum tamat zaman kubra, sedangkan tamat zaman kubra ialah hari tamat segalanya di mana semua makhluk hidup akan mati dan lalu semua yang pernah hidup akan dibangkitkan kembali.

Tanda-tanda datangnya hari tamat zaman sugra atau tamat zaman kecil adalah:
1. Banyak petaka yang terjadi, menyerupai banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi, dan tragedi lainnya.
2. Jumlah wanita lebih banyak dibandingkan laki-laki.
3. Fitnah sudah merajalela dan banyak terjadi pembunuhan.
4. Maraknya pergaulan bebas.
5. Manusia tidak peduli lagi dengan ilmu agama

Sedangkan gejala tamat zaman kubra atau tamat zaman besar yaitu:
1. Alquran tidak dijadikan fatwa hidup
2. Munculnya Ma’juj dan Ya’juj yang akan merusak bumi
3. Manusia menjadi murtad dan kufur
4. Munculnya Dajjal
5. Munculnya Imam Mahdi
6. Matahari muncul dari sebelah barat dan akan terbenam dari sebelah timur

Dilihat dari gejala tamat zaman ini sudah sangat terjelas hampir semua gejala ini mulai bermunculan. Hal ini mengakibatkan tanda bagi kita umat Islam bahwa tamat zaman akan tiba sebentar lagi, entah satu atau dua tahun atau bahkan beberapa hari lagi yang niscaya tamat zaman akan tiba dan menghancurkan seluruh makhluk hidup yang ada di jagat raya ini. Mendalami pengertian kepercayaan kepada hari akhir ini merupakan salah satu cara supaya kita tetap beriman kepada Allah dan percaya bahwa hari pembalasan itu niscaya akan datang.
LihatTutupKomentar