-->

Membuat Blog ata Web Sekolah Gratisan dengan Blogger atau Blogspot

Membuat Blog atau Web Selolah Gratisan dengan Blogger atau Blogspot | Blogger atau blogspot merupakan layanan blog gratis dari google. Layanan ini sudah digunakan oleh ratusan juta manusia di seluruh dunia. Setiap harinya muncul ribuan blog dengan alamt baru meramaikan dunia maya. Layanan blog gratis ini dari google ini bisa digunakan secara pribadi maupun instansi bahkan perusahaan.

Sebagai operator sekolah, terkadand dalam satu waktu diminta oleh kepala sekolah untuk membuatkan sebuah website atau situs resmi sekolah. Misal sekolah akan diakrediasi atau kepala sekolah akan di PKKS, maka keberadaan sebuah situs atau website resmi sekolah memberikan point tersendiri. Tapi kan, alamatnya bukan www.namasekolah.com?

Hmmm.... namanya juga layanan gratisan. Ibarat kata kita hanya numpang tinggal di emperan toko orang, makanya nama alamatnya bukan www.namasekolah.com tapi www.namasekolah.blogspot.com. Tapi meskipun demikian, kalau menggunakan templet yang bagus dan kontennya di kelola denagan baik maka tetap akan kelihatan professional.

Oke, saya tidak akan berpanjang lebar membahas tentang nama domain. Sekarang kita lanjut saja ke cara membuat blog atau web sekolah gratisn dengan blogspot. Untuk membuat blog anda harus memiliki akun google dulu, misal memiliki akun gmail. Kalau belum sikana baca cara membuat email dengan gmail. Kalau anda sudah memiliki akun google, silakan masuk saja ke www.blogger.com

Lihat screen shoot di bawah ini. Setelah anda masuk pada alamat blogger, maka anda akan mendaptakan halaman seperti ini. Silakan masuk dengan email yang sudah anda buat.

Setelah berhasil masuk maka anda akan disuguhkan tampilan seperti ini. Silakan anda klik pada Blog Baru.

Selanjutnya silakan anda isi Judul dengan nama blog anda, misal SD Negeri Maju Pintar 05
Pada kolom alamat silakan isi dengan nama sekolah anda juga, misal "sdnmajupintar" tanpa tanda petik, sehingga alamat blognya akan menjadi http://sdnmajupintar.blogspot.com
Pilih templet standar.
Klik buat blog
Selesai sampai pada tahap ini anda sudah memiliki blog untuk sekolah anda. Sekarang tingga isi blog dengan berita atau info dari sekolah anda.

Untuk memulai membuat artikel pada blog silakan anda klik pada Icon bergambar Pensil seprti tampak pada screen shoot di bawah ini.

Silakan anda isi Judl artikel anda tulis dtail dari artikel anda. Dengan menggunakan fitur ini anda bisa menginformasikan tentang profil sekolah anda secara lengkap. Kemudian klik publikasikan.
Setiap anda selesai mempublish artikel jangan lupa untuk melihat hasilnya dengan membuka alat blog anda atu dengan klik Lihat Blog.
LihatTutupKomentar