-->

Tata [Cara] (PETUNJUK) PENGGUNAAN Aplikasi MONEV SIMPKB Pada PELATIHAN Kurikulum 2013(Tahun) 2018

Tata [Cara] (Petunjuk) Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan (Upload Foto Kegiatan) Pada Pelatihan Kurikulum 2013(Tahun) 2018. Sebagaimana diketahui tahun pelajaran 2018/2019 merupakan tahun ketiga Implementasi Kurikulum 2013 pasca moratorium. Berbeda dengan tahun sebelumnya, mulai tahu 2018 ini pelaksanaan Pelatihan K13 terintegrasi dalam SIMPKB. Salah satunya ada kewajiban dari para IK untuk menyampaikan laporan pelaksanaan diklat & Pendampingan K13 melalui SIMPKB. Untuk para IK berikut Kami kutip Tata [Cara] (Petunjuk) Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Pada Pelatihan Kurikulum 2013(Tahun) 2018.

A. Pengantar
Pelatihan Guru Sasaran Kurikulum 2013 tahun 2018 akan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru & Tenaga Kependidikan (GTK). Untuk memonitoring pelatihan tersebut di seluruh wilayah Indonesia, GTK akan menggunakan aplikasi pada ponsel berbasis android, yang bernama monev simpkb.

Pelaksanaan monitoring dilakukan oleh fasilitator yang mengajar di kelas pelatihan masing-masing, dengan cara mengupload foto kegiatan di kelas setiap hari selama pelatihan berlangsung. Pada foto yang diupload oleh fasilitator akan terekam oleh server GTK. Dari foto yang terupload tersebut terdapat  data di mana foto diambil, hari & jam berapa foto tersebut diambil.

Hal yang perlu diperhatikan:
·          Akun yang dibagikan ke masing-masing peserta penyegaran IK hanya dapat dipergunakan pada aplikasi monev di android saat yang bersangkutan telah diset bertugas di kelas.
·          Peserta penyegaran IK yang telah mendapatkan akun pada saat pelatihan, berarti namanya sudah dientry pada sistem SIM PKB untuk K13, yang nantinya akan dipilih oleh sekolah inti sebagai penyelenggara pelatihan K13 (sekolah inti hanya dapat memilih nama yang ada pada aplikasi, apabila ada kelebihan fasilitator, maka secara otomatis ada fasilitator yang tidak mendapatkan tugas mengajar)
·          Pada web simpkb.id status Bapak/Ibu sebelum ditugaskan di kelas adalah kandidat Instruktur Diklat K 13, setelah ada penugasan, kata “kandidat” akan dihilangkan.



B. Langkah-Langkah Penggunaan Aplikasi
Buka ponsel android, pastikan ponsel terkoneksi dengan internet. Buka playstore, ketikkan nama aplikasi yang akan didownload yaitu “monev simpkb”






Setelah dipilih install akan muncul seperti gambar berikut, lalu pilih terima, maka proses download akan berlangsung



Setelah download selesai, maka akan muncul tampilan seperti berikut, pilih buka



Aplikasi akan berjalan, & diminta untuk memasukkan email & password. (akun yang telah dibagikan dapat digunakan untuk log in di aplikasi monev di HP android, tetapi masih belum ada kelas, karena belum ada penunjukan/penugasan, kelas akan muncul setelah bapak/ibu telah ditugaskan oleh sekolah inti / penyelenggara pelatihan)


C. [Cara] (Petunjuk) Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Pada Pelatihan Kurikulum 2013(Tahun) 2018.



Untuk mengetahui [Cara] Login & cara menggunakan Aplikasi seperti [Cara] Melihat penugasan, [Cara] membuat kelas, cara melaporkan foto kegiatan, & lainnya silahkan download

Link Download Tata [Cara] (Petunjuk) Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan (Upload Foto Kegiatan) Pada Pelatihan Kurikulum 2013(Tahun) 2018---disini---

Demikian info tentang Tata [Cara] (Petunjuk) Penggunaan Aplikasi Monev Simpkb Untuk Pelaporan (Upload Foto Kegiatan) Pada Pelatihan Kurikulum 2013(Tahun) 2018, semoga bermanfaat. Terima kasih.









LihatTutupKomentar