Globalisasi, Menyatukan Negara-Negara di Asia Tenggara

loading...
Amati peta wilayah Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara! Di era globalisasi saat ini, Indonesia juga melakukan hubungan kerja sama dengan negara-negara tetangga. Simak cerita fiksi sejarah berikut ini!

Globalisasi, Menyatukan Negara-Negara di Asia Tenggara_Kontingen Indonesia menduduki rangking pertama perolehan medali dari sepuluh negara yang mengikuti pesta olah raga terbesar di Asia Tenggara. Ketika lagu kebangsaan berkumandang di saat pembagian medali, terasa getar haru di dalam hati. Rasa syukur dan bangga terlihat di wajah setiap peserta. Stadion Mypydthaw menjadi saksi kemenangan kontingen Pencak Silat Indonesia. Lima emas, empat perak dan tiga perunggu, mengantar tim Indonesia menjadi juara umum pertandingan Pencak Silat di Sea Games ke 27 di Myanmar pada tahun 2013. Pesta olahraga asia Tenggara (Southeast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan negara-negara Asia Tenggara.
-Nuniek-

Jawab pertanyaan berikut:
1. Apa yang kamu ketahui tentang Sea Games?
Jawab;
Sea Games merupakan pesta olah raga terbesar di Asia Tenggara yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan negara-negara Asia Tenggara.

2. Adakah manfaat globalisasi dalam bidang olahraga? Jelaskan dengan singkat!
Jawab;
Manfaat globalisasi dalam bidang olahraga adalah olahraga mampu menyatukan negara-negara di suatu kawasan menjadi satu kesatuan wilayah.

3. Apa pengaruh kemenangan kontingen Pencak Silat Indonesia terhadap keutuhan wilayah nusantara?
Jawab;
Ketika lagu kebangsaan berkumandang di saat pembagian medali, terasa getar haru di dalam hati. Dengan dikumandangkannya lagu Indonesia raya dapat membangkitkan nasionalisme rakyat Indonesia.

Selain bidang olahraga, apakah kamu mengetahui bentuk kerja sama lain antara Indonesia dengan negara-negara tetangga?

Ayo Diskusikan
Dalam kelompok kecil, lakukan tugas berikut:
a. Carilah informasi dari berbagai sumber, tentang beberapa bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara tetangga di wilayah Asia Tenggara.
BidangNama NegaraBentuk Kerjasama
Pendidikan Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura
  1. Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya.
  2. Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) telah mengikuti pula pendidikan dan latihan militer di Indonesia, antara lain dengan berpartisipasi dalam pendidikan reguler Sesko TNI AD dan pendidikan militer reguler lainnya di Indonesia.
  3. Dalam bidang pendidikan, antara Indonesia dan Singapura menjalin hubungan dengan mengadakan pertukaran pelajar setiap tahunnya. Selain itu banyak siswa Indonesia yang menimba ilmu di Singapura.
Olahraga Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja Thailand, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Timor Leste.SEA Games. Sebuah ajang olahraga yang selalu digelar setiap 2 tahun sekali di negara-negara Asia Tenggara. Dan sesuai dengan namanya, peserta SEA Games adalah negara-negara yang berada di Asia Tenggara. pada mulanya berawal dari sebuah ajang olah raga bernama “Southeast Asian Peninsular Games” atau Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara yang disingkat dengan SEAP Games.
Budaya Malaysia, Singapura, Vietnam
  1. Pertukaran acara televisi pernah dilakukan antara kedua negara, misalnya Titian Muhibah dan Senada Seirama.
  2. Dilakukan koordinasi sosial budaya dan kesenian untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia di Singapura dalam bentuk misi kesenian dan studi banding dari Indonesia. 
  3. Melakukan penelitian arkeologi bersama bertajuk ”Kebudayaan Dong Son dan Persebarannya” di masing-masing negara, penelitian reguler bertajuk Consultative Workshop Archeology and Environmental Study on Dong Son Culture” yang mempertemukan peneliti arkeologi dari Vietnam dan Indonesia
Ekonomi Singapura, Malaysia, Pilipina
  1. Indonesia mengekspor minyak mentah,timah,gas alan,sayur-sayuran,daging,dan kayu lapis ke singapura.
  2. Banyaknya investor-investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia telah membantu pemerintah Indonesia di dalam mengentaskan pengangguran. Investor dari Malaysia banyak menanamkan investasinya dalam industri perkebunan kelapa sawit.
  3. Indonesia mengekspor minyak bumi, baja, besi, dan alumunium ke Filipina.Sementara Filipina mengekspor gla dan kopra ke Indonesia.
b. Berdasarkan informasi yang kamu dapat, buatlah satu cerita fiksi sejarah yang menarik!
Teks fiksi sejarah yang kamu buat harus berisi tentang:
a. Beberapa tokoh cerita yang berasal dari ragam suku yang berbeda di Indonesia.
b. Kerja sama antara tokoh tersebut.
c. Kerja sama antara Indonesia dengan negara tetangga.

Tiga orang anak dari daerah yang berbeda, Udin dari Jawa Barat, Edo dari Maluku, dan Ilham dari Sumatera Barat. Walaupun mereka berbeda latar budaya, namun mereka selalu kompak ketika berlatih bermain bola di sekolah.. Mereka giat berlatih sepak bola karena mereka ingin mengharumkan nama bangsa melalui bidang olah raga. Mereka mewakili sekolah dan daerahnya untuk mengikuti turnamen sepak bola antar pelajar se Asia Tenggara.

Sepak bola merupakan olah raga tim. Dengan demikian, buat memenangkan pertandingan kolaborasi tim ialah nan paling utama. Dengan kerjasama nan solid dari tim baik itu saat bertahan maupun menyerang, sebuah tim akan menjadi pemenang. Latihan kerjasama dapat dilakukan dengan mengadakan pertandingan kecil. Setiap berlatih mereka bertiga selalu bekjasama baik ketika menyerang maupun ketika bertahan.
Mereka tampak di tengah lapangan berbaur dengan pemain lainnya. Setelah pelatih meniup peluit tanda pertandingan selesai ketiganya beristirahat di bawah pohon. Tiba-tiba terdengar peluit tanda permainan sepak bola babak kedua akan segera dimulai. Ketiganya kembali masuk ke lapangan untuk melanjutkan pertandingan.

Ayo Lakukan!
Awali kegiatan dengan doa bersama. Kamu telah berlatih tentang langkah. Hari ini kamu akan mempelajari tentang pukulan dalam pencak silat.

Ayo Amati!
Pukulan dalam pencak silat

1. Pukulan lurus
• Posisi tangan saat memukul lurus dan mengepal ke depan tepat di dada lawan.

2. Pukulan tegak
• Posisi tangan kanan memukul tegak lurus dan mengepal dengan sasaran tepat ke bahu bagian kanan lawan.

3. Pukulan bandul
• Pukulan yang diambil dari bawah dengan sasaran tepat ke arah ulu hati.

4. Pukulan melingkar
• Pukulan berbentuk lingkaran dengan sasaran ke arah pinggang lawan.

loading...