-->

[Aplikasi] Dapodik 2018.B / [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.B

[Aplikasi] Dapodik 2018.B / [Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.B
Puji syukur Alhamdulillah, Tim Dapodikdasmen telah menyelesaikan proses pengujian [Aplikasi] Dapodikdasmen versi baru, yaitu Dapodik versi 2018.b atau (Dapodikdasmen 2018.b) Pada [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur & juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bugs versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik & juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur & mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

[Aplikasi] Dapodikdasmen versi 2018.b telah menggunakan database versi baru, maka secara teknis [Aplikasi] Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018.a) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2018.b, akan tetapi harus melakukan install ulang. Oleh karenanya [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018.b hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER).

Berikut adalah daftar perubahan pada [Aplikasi] Dapodikdasmen Versi 2018:
·          [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data penugasan GTK, perubahan hanya melalui Dinas Pendidikan (KK-Datadik)
·          [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun status kepegawaian sebagai GTY
·          [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekan kewajaran data pada peserta didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran
·          [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada di sekolah non induk
·          [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjang SMA & SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
·          [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan password ketika buat akun GTK
·          [Pembaruan] Penambahan validasi untuk mengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
·          [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum & jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaran sudah terisi
·          [Pembaruan] Penambahan kolom lintang & bujur pada PTK
·          [Pembaruan] Penambahan kolom lintang & bujur pada Peserta Didik
·          [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan
·          [Pembaruan] Perubahan menu utama
·          [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
·          [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi & cetak surat mutasi peserta didik
·          [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasi terkait profil guru & tendik
·          [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian & penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi
·          [Pembaruan] Penambahan fitur perubahan kop sekolah
·          [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
·          [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian & penyempurnaan fitur penginputan nilai
·          [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
·          [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
·          [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
·          [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombel praktik untuk jenjang SMK

Untuk itu kepada segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk segera menugaskan Operator Dapodik untuk melakukan instalasike [Aplikasi] Dapodikdasmen versi 2018.b & melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018 Semester Genap. Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian & kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Link Unduhan [Aplikasi] Dapodik 2018.b ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b) [Aplikasi] Dapodik 2019 ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2019)

Link Unduhan Link Prefill [Aplikasi] Dapodik 2018.b ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2018.b) [Aplikasi] Dapodik 2019 ([Aplikasi] Dapodikdasmen 2019)

Demikian informasi tentang rilis  [Aplikasi] Dapodik [Aplikasi] Dapodik 2018.b atau Dapodikdasmen Versi 2018.b. Semoga bermanfaat. Selamat bekerja bagi para Operator Sekolah (OPS).




LihatTutupKomentar