-->

Makalah (Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, Manfaat)

Makalah yaitu meliputi Pengertian Makalah, Jenis-jenis Makalah, Ciri-ciri, Susunan / struktur Makalah, dan manfaat penulisan Makalah. Silakan disimak selengkapnya...


Pengertian / Definisi Makalah 

Pengertian Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis.Nah akhirnya kita mengerti akan pengertian makalah.


 Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang  Makalah (Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, Manfaat)

Manfaat Makalah

Manfaat pembuatan / penulisan makalah antara lain :
1. Belajar memahami masalah dan mencari solusinya
2. Menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk diimplentasikan di lapangan
3. Membuka pikiran untuk memahami permasalahan di lapangan 

Jenis-Jenis Makalah 

1. Jenis makalah deduktif

Makalah dedukatif  merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang dibahas) 

2. Jenis makalah induktif


Makalah induktif merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.

3. Jenis makalah campuran


Makalah campuran merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data  empiris yang relevan dengan masalah yang dibahas.

Karakteristik / Ciri-ciri Makalah

Suatu makalah mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Merupakan hasil kajian literatur  dan/atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan;
  2. Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan;
  3. Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan;
  4. Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis  yang utuh. 

Sistematika Penulisan / Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :

1. Cover / Bagian Sampul Makalah. 

Dalam bagian ini, terdiri dari judul, logo kampus/universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah di buat.

2. Kata Pengantar

Biasanya diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan, gambaran sedikit mengenai makalah, ucapan terima kasih, dan terakhir biasanya terdapat harapan penulis ataupun permintaan sumbangsih saran dan kritik.

3. Daftar Isi

Yaitu berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.

4. BAB I Pendahuluan

Dalam makalah yang Anda buat, bagian BAB I, bab tentang pendahuluan secara umum berisi tentang gambaran umum tentang makalah, nasalah yang akan di bahas, latar belakang kenapa Anda mengankat permasalahan tersebut. Adapun struktur pada BAB I ini meliputi :
  1. Latar Belakang. Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus. 
  2. Rumusan Masalah, berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda. 
  3. Maksud dan Tujuan, berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.
5. BAB II Pembahasan

Pada bagian ini, Anda membahas secara tuntas permasalahan yang Anda angkat pada BAB I. Pada bagian ini adalah bagian dari isi sesungguhnya makalah Anda. Dalam bagian pembahasan, Anda harus memaparkan fakta-fakta yang memperkuat tulisan Anda. Harus berisi kajian referensi beberapa/banyak penulis yang mendukung gagasan yang Anda sampaikan. 

Pada bagian ini pula, asumsi pribadi Anda diminimalkan. Artinya asumsi yang Anda buat harus ada kajian literatur maupun referensi sebelumnya. Mengungkap fakta.

6. BAB III Penutup
Pada bagian kedua dari terakhir ini, Anda membuatkan semacam kesimpulan dari pembahasan yang Anda bahas pada BAB II. Ada pula yang menambahkan saran.

7. Daftar Pustaka
Berisi daftar referensi rujukan yang Anda ambil untuk  makalah Anda. Referensi rujukan dapat berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau aturan penulisan daftar pustaka yang Anda harus penuhi.

8. Lampiran
Ini tidak mutlak harus ada. Pada bagian ini Anda melampirkan data-data pendukung makalah Anda. Bisa berupa foto-foto  kegiatan, dll.

Baca pula : Contoh Makalah Yang Baik dan Benar

Demikian artikel tentang Makalah yaitu meliputi Pengertian Makalah, Jenis-jenis Makalah, Ciri-ciri, Susunan / struktur Makalah, dan manfaat penulisan Makalah. Semoga bermanfaat...
LihatTutupKomentar