-->

3 Rujukan Respirasi Anaerob Dan Manfaatnya

Respirasi anaerob yaitu proses mobilisasi energi yang dilakukan oleh makhluk hidup pemecaan senyawa berenergi tinggi untuk dipakai dalam menjalankan fungsi hidup. Respirasi ini tidak melibatkan oksigen, melainkan memakai pernapasan rantai transpor elektron. Prokariota yang memakai respirasi anaerob berkhasiat bagi manusia. Berikut yaitu pola respirasi anaerob dan manfaatnya. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian Dari: Respirasi Anaerob (Artikel Lengkap)
 Respirasi anaerob yaitu proses mobilisasi energi yang  dilakukan oleh makhluk hidup peme 3 Contoh Respirasi Anaerob dan Manfaatnya

1. Peristiwa Asam Laktat

Tidak hanya makhluk hidup prokariotik yang mengalami respirasi anaerob, insan juga mengalaminya tepatnya di sel otot. Peristiwa ini terjadi dikala insan memakai ototnya secara maksimal sehingga pasokan oksigen berkurang. Hal itu menjadikan terjadinya penimbunan asam laktat pada otot yang menjadikan elastisitas otot menjadi berkurang. Ketika elastisitas otot berkurang, otot akan merasa kram dan kelelahan. Manfaatnya yaitu semoga otot tidak dipakai secara berlebihan.

2. Fermentasi Alk*hol

Baca juga: Bagaimana Proses Respirasi Eukariotik dan Prokariotik?
Fermentasi alk*hol memakai jamur ragi. Ragi tersebut akan mengalami respirasi anaerob dan mengubah masakan menjadi lebih bercita rasa. Perubahan yang terjadi yaitu dari asam piruvat menjadi etil alk*hol (C2H5OH). Manfaat dari fermentasi ini yaitu untuk pembuatan pangan menyerupai tape ketan dan tape ketela.

3. Respirasi Sulfat

Respirasi sulfat yaitu respirasi yang dilakukan oleh kuman heterotrofik menyerupai desulfovibrio. Dalam proses respirasi sulfat, kuman membutuhkan sulfat untuk dirubah menjadi sulfit. Manfaat respirasi sulfat yaitu untuk mengembalikan nitrogen ke atmosfer dalam bentuk molekul gas nitrogen.



Anda dapat request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke atau pribadi saja lewat kolom komentar :)
LihatTutupKomentar