-->

30 Bagian-Bagian Mata Beserta Fungsinya

Mata yaitu organ yang bereaksi dengan cahaya dan tekanan. Sebagai organ indera, mata memungkinkan melaksanakan penglihatan. Mata insan sanggup membedakan gambar secara tiga dimensi, bergerak, dan berwarna pada siang hari. Sel batang dan kerucut di retina memungkinkan persepsi dan penglihatan cahaya secara sadar termasuk diferensiasi warna dan persepsi kedalaman. Mata insan sanggup membedakan sekitar 10 juta warna. Berikut yaitu bagian-bagian mata insan beserta fungsi dan gambar ilustrasi. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 20+ Penyakit pada Alat Indra Manusia

Mata yaitu organ yang bereaksi dengan cahaya dan tekanan 30 Bagian-Bagian Mata Beserta FungsinyaDura mater yaitu membran yang mengelilingi saraf optik. Fungsi duramater yaitu untuk melindungi saraf optik mata.

20. Arteri Retina Sentralis

Arteri retina sentralis yaitu pembuluh nadi yang berada di dalam retina erat saraf optik. Fungsi arteri retina sentralis yaitu untuk memasok semua jaringan saraf yang membentuk saraf optik termasuk yang mencapai fovea.

21. Vena Retina Sentralis

Vena retina sentralis yaitu pembuluh balik yang mengalir melalui saraf optik. Fungsi vena retina sentralis yaitu mendukung sistem sirkulasi pada retina.

22. Saraf Optik

Saraf optik atau saraf kranial yaitu pasangan saraf yang mentransmisikan informasi visual dari retina ke otak. Pada manusia, saraf optik berasal dari batang optik yang terdiri dari akson dan sel ganglion retina. Fungsi saraf optik yaitu meneruskan semua informasi visual termasuk persepsi kecerahan, persepsi warna, dan kontras. Selain itu juga berfungsi memberikan impuls yang bertanggung jawab pada refleks cahaya dan refleks akomodasi.

23. Vena Vortikosa

Vena vortikosa yaitu vena yang berfungsi menguras koroid okuler.

24. Kapsula Tenon

Kapsula tenon (fascia bulbi) yaitu selaput tipis yang menyelimuti bola mata dari saraf optik ke limbus. Permukaan dalamnya halus dan terpisah dari permukaan luar sklera oleh kelenjar getah bening perisklera. Fungsi fascia bulbi yaitu membantu pergerakan mata.

25. Makula

Makula yaitu tempat berpigmen berbentuk oval yang berada di erat pusat retina mata. Diameternya sekitar 5,5 mm pada manusia. Fungsi makula yaitu untuk penglihatan dengan ketajaman tinggi.

26. Fovea

Fovea yaitu lubang kecil yang terletak pada kerucut mata pada pusat makula retina. Fungsi fovea yaitu untuk membantu membaca dan mengemudi yang membutuhkan detail dan ketajaman visual yang tinggi.

27. Sklera

Sklera yaitu bab putih mata yang mengandung kolagen dan serat elastis. Fungsi sklera yaitu untuk melindungi mata dan membantu instruksi visual (orang lain lebih gampang melihat arah mata kita melirik kemana).

28. Koroid

Koroid yaitu lapisan vaskuler mata yang mengandung jaringan ikat dan berada di antara retina dan sklera. Tebal koroid bervariasi mulai dari bab belakang mata yang mencapai 0,2 mm hingga 0,1 mm. Fungsi koroid yaitu memasok oksigen dan masakan ke lapisan luar retina.

29. Otot Rektus Superior

Otot rektus superior atau muskulus rektus superior yaitu otot pada orbital mata. Fungsi otot rektus superior yaitu elevasi mata.

30. Retina

Retina yaitu lapisan dalam mata yang merupakan lapisan jaringan yang peka terhadap cahaya. Optik mata membuat gambaran dunia pada retina melalui kornea dan lensa. Fungsi retina yaitu menangkap cahaya dan meneruskannya ke otak dalam bentuk impuls saraf. Hal itu membuat fungsi retina seolah-olah sensor kamera. Paparan cahaya pada retina menghasilkan serangkaian kegiatan kimia dan listrik yang memicu impuls saraf.


Referensi:

  1. Anatomi dan Fisiologi Retina Mata ( /search?q=20-penyakit-pada-alat-indra-manusia)


Anda sanggup request artikel apa saja melalui atau eksklusif saja lewat komentar dibawah :)

LihatTutupKomentar