-->

4 Alat Pernapasan Pada Porifera

Porifera ialah organisme multiseluler kingdom animalia yang badannya mempunyai banyak pori-pori (disebut ostium) untuk memudahkan sirkulasi air di dalam tubuhnya. Porifera bernapas dengan memasukkan air ke rongga spongocoel melalui pori-pori yang ada di seluruh permukaan tubuhnya. Porifera tidak mempunyai sistem saraf, sistem pencernaan, sistem ekskresi, sistem pernapasan, bahkan sistem peredaran darah. Mereka bergantung pada fatwa air pada sekujur tubuhnya untuk mendapat masakan dan oksigen serta untuk membuang kotoran. Berikut ialah alat pernapasan pada porifera. Langsung saja kita simak yang pertama:Porifera ialah organisme multiseluler kingdom animalia yang badannya mempunyai banyak pori 4 Alat Pernapasan pada PoriferaSistem Pernapasan Pada Hewan (Materi Lengkap Sekolah Menengan Atas XI)

Warna

Nama Bagian

Oranye Ostium
Merah Koanosit (garis hitam ialah flagelum)
Merah muda Amoebosit

Sumber gambar: /search?q=sistem-pernapasan-pada-hewan-materi" target="_blank">sel yang mempunyai flagelum dan mempunyai semacam “kerah” berbentuk silinder atau kerucut. “Kerah” tersebut mengelilingi sebagian flagela. Sel ini terdiri dari flagelum, mikrofil, dan nukleus (inti sel). Koanosit melapisi rongga tubuh porifera (spongosol). Fungsi koanosit ialah untuk membentuk fatwa air semoga menjadi satu arah dan untuk menyerap oksigen secara difusi.

3. Amoebosit

Amoebosit (sel amoeboid atau lophocytes) ialah sel yang bergerak ibarat amoeba. Fungsi amoebosit ialah untuk mengedarkan oksigen (dan juga makanan) dari koanosit ke seluruh sel pada porifera secara difusi.

4. Oskulum

Porifera ialah organisme multiseluler kingdom animalia yang badannya mempunyai banyak pori 4 Alat Pernapasan pada Porifera

Sumber gambar: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/7c/Osculo.jpg

Oskulum (osculum) ialah lubang pengeluaran air yang berisi sisa masakan dan karbon dioksida. Air keluar secara difusi dengan kecepatan hampir 8,4 cm/detik. Ukuran oskulum diatur oleh miosit.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Sponge http://en.wikipedia.org/wiki/Sponge
2. Osculum http://en.wikipedia.org/wiki/Osculum

Dengan pemberian terjemahan dari Google Translate.


Anda dapat request artikel ihwal apa saja, kirimkan request Anda ke

LihatTutupKomentar