Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran| Permintaan dan Penawaran mempunyai hal-hal yang mempengaruhi terjadinya dan berlangsungnya seruan dan penarawan, hal tersebut yang akan kita bahas yakni Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran. sebelum membahas hal tersebut mari kita ketahui seruan dan penawaran itu. Permintaan yakni jumlah barang atau jasa tertentu yang diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu dan pada situasi tertentu. Penawaran yakni jumlah barang atau jasa yang akan diual (ditawarkan) pada tingkat harga dan situasi tertentu. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran antara lain..
1. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
- Selera. dengan berubahnya selera konsumen atas suatu barang atau jasa tertentu, maka tentu saja jumlah seruan atas barang atau jasa itu pun berubah. Apabila barang atau jasa itu sedang banyak disukai, maka seruan barang atau jasa itu pun akan meningkat. Keadaan yang sebaliknya akan terjadi apabila barang atau jasa itu tidak disukai oleh konsumen.
- Perubahan Pendapatan. Apabila pendapatan masyarakat bertambah, maka tentu akan terjadi perubahan contoh seruan di pasar. Misalnya kenaikan honor pegawai negeri dan karyawan swasta sudah niscaya akan meningkatkan pendapatan pegawai negeri dan karyawan yang bersangkutan. Kenaikan ini sanggup menjadikan terjadinya perubahan seruan terhadap beberapa komoditi pada tingkat harga tertentu atas barang-barang kebutuhan pokok, pendidikan dan rekreasi, serta masih banyak lagi
- Perubahan Jumlah Penduduk. Pertambahan penduduk merupakan faktor yang sangat lebih banyak didominasi terhadap perubahan seruan dan penawaran. Gejala ini gampang dimengerti, mengingat tidak ungkin seorang anak insan yang lahir di dunia ini akan dibiarkan demikian saja tanpa perawatan, makanan, pakaian dan daerah tinggal serta pendidikan sebagaimana layaknya insan yang harus hidup wajar. Kaprikornus jelaskanlah bahwa semakin banyaknya jumlah penduduk akan menjadikan meningkatkannya seruan atas barang atau jasa
- Harapan atau Ekspektasi. Harapan atau ekspektasi konsumen merupakan asumsi yang ia menetapkan di lalu hari atas pendapatan yang ia terima. Apabila beliau memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan meningkat, sehingga jumlah seruan pun akan cenderung meningkat. Sebaliknya, apabila ia memperkirakan bahwa tingkat pendapatannya akan menurun, maka jumlah seruan pun akan cenderung menurun
- Harga Barang Lain yang Berhubungan, baik Barang Subsitusi maupun Barang Komplementer. Dengan meningkatnya harga barang subtitusi, seruan suatu barang tertentu akan meningkat, dan sebaliknya bila barang subtitusi menurun, maka seruan akan barang itu menurun.
2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
- Teknologi Produksi. Tingkat kemajuan teknologi perusahaan memilih kemampuan berproduksi perusahaan itu. Pada umumnya, semakin tinggi teknologi yang diterapkan semakin efesienlah perusahaan itu.
- Munculnya Produsen Baru. Munculnya produsen gres di pasaran akan menambah jumlah barang yang dijual dan ditawarkan.
- Harga Sumber-Sumber Produksi. Naik turunnya harga sumber-sumber produksi akan menjadikan naik dan turunnya biaya produksi. Hal ini akan mempengaruhi penawaran suatu jenis barang.
- Harapan atau ekspektasi produsen. Apabia produsen memperkirakan adanya peningkatan harga barang atau jasa, penurunan harga sumber-sumber produksi, juga mengalami peningkatan pendapatan konsumen, maka dari produsen itu akan semakin meningkatkan besarnya penawaran kepada konsumen.
Demikianlah pembahasan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran semoga bermanfaat