-->

Pengertian, Ciri-Ciri Dan Jenis-Jenis Indeks Beserta Contohnya

Berikut ini yaitu Artikel ihwal Membaca Memindai Indeks Buku, cara membaca indeks buku, Indeks Buku, Arti Indeks, Indeks Nama, Indeks Topik, Pengertian Indeks, Topik, Indek, pengertian indeks, ciri-ciri indeks, pola indeks, macam-macam indeks, jenis-jenis indeks.

Pada buku-buku pelajaran dan pengetahuan umum, niscaya dilengkapi dengan halaman indeks. Indeks dibutuhkan untuk memudahkan pembaca mencari nama, dan istilah yang disebutkan dalam buku.

Membaca Memindai Indeks Buku

Jadi, kalau seseorang ingin menyidik istilah tertentu dalam buku, orang itu cukup membuka halaman indeks, lalu tinggal mencari letak halaman ihwal istilah yang ingin ditemukan tersebut. Halaman indeks terletak paling belakang yaitu sehabis halaman daftar pustaka.

Jenis-jenis Indeks

Pada dasarnya, ada empat hal berikut ini yang dimasukkan dalam indeks buku.
  1. Indeks nama (indeks pengarang). Seperti halnya daftar pustaka, nama orang dalam indeks nama penulisannya tidak dibalik. Akan tetapi, untuk nama orang abnormal penulisannya
    dibalik
  2. Indeks topik (subjek/istilah). Biasanya, yang dimasukkan dalam indeks topik yaitu istilah-istilah yang bekerjasama dengan isi buku yang bersangkutan. Jadi, kalau buku itu mengenai ilmu bahasa, yang dimasukkan dalam indeks yaitu istilah-istilah ilmu bahasa.
  3. Perincian indeks topik. Dalam indeks topik, biasanya terdapat beberapa subjek/istilah yang ada rinciannya. Rincian tersebut merupakan istilah-istilah yang ada hubungannya dengan subjek/istilah yang ada dalam indeks topik tersebut.
  4. Nomor halaman di mana nama, topik, atau rincian dari topik tersebut
    berada.

Pengertian Indeks

Indeks yaitu daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam cetakan dan tersusun berdasarkan aksara yang menawarkan informasi mengenai halaman daerah kata atau istilah itu ditemukan.

Baca  Artikel lainnya : Cara Membaca Cerpen Dengan Baik dan Benar


Indeks disusun secara alfabetis (diurutkan sesuai abjad), dimulai dari A dan diakhiri huruf Z. Jadi, nama orang, topik, dan rincian topik yang dimulai dengan huruf A dikumpulkan menjadi satu.

Setelah itu, disusun berdasarkan urutan huruf nama yang lebih dahulu muncul, begitu seterusnya. Demikian pula dengan nama orang, topik, dan rincian topik yang dimulai dengan huruf B, C, D, dan seterusnya.

Contoh Indeks

Perhatikanlah pola indeks berikut!

Memusikalisasi Puisi
LihatTutupKomentar