-->

Pengertian Psikologi (Artikel Lengkap)

Psikologi yaitu ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari pikiran, mental, dan tingkah laris insan secara ilmiah. Orang yang mempunyai keahlian akademik di bidang psikologi disebut psikolog. Psikologi juga disebut ilmu jiwa. Dalam bahasa Inggris, psikologi disebut psychology.

Bagian dari: Psikologi (Artikel Lengkap)

1. Asal Mula Kata Psikologi

Etimologi kata psikologi merupakan kata serapan bahasa Inggris psychology yang berasal dari bahasa Yunani ψυχή (psukhē) yang berarti “napas, batin, dan jiwa” dan menerima akhiran –λογία (-logia) yang berarti “studi” atau “penelitian”. Sehingga secara harfiah, psikologi berarti studi wacana psikis atau jiwa. Kata Latin psychologia pertama kali dipakai oleh seorang humanis Kroasia-Latin Marko Marulić dalam bukunya yang berjudul Psichiologia de ratione animae humanae antara final periode ke-15 masehi hingga awal periode ke-16 masehi. Referensi tertua ketika ini yang menuliskan kata psychology pada bahasa Inggris yaitu yang ditulis oleh Steven Blankaart pada tahun 1694 yang berjudul The Physical Dictionary. Di dalam buku tersebut tertulis “Anatomi memperlakukan tubuh, dan psikologi memperlakukan jiwa.”

2. Sejarah Pengertian Psikologi

Pada tahun 1890, William James mengartikan psikologi sebagai “ilmu wacana mental makhluk hidup, termasuk fenomenanya dan kondisinya”. Defini tersebut diterima selama beberapa dekade. Namun, pengertian tersebut tergantikan oleh definisi psikologi berdasarkan John Watson pada tahun 1913 yaitu disiplin psikologi sebagai pengambilan info yang berkhasiat untuk mengendalikan tingkah laku.

3. Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian psikologi berdasarkan beberapa andal psikologi sanggup berbeda-beda alasannya yaitu menyangkut kejiwaan manusia. Selain pengertian psikologi di atas, berikut yaitu beberapa referensi lainnya:

  1. Crow & Crow: Psikologi yaitu tingkah laris insan dan interaksi insan dengan dunia sekitarnya.
  2. Chaplin (1972): Psikologi yaitu ilmu pengetahuan mengenai sikap insan dan hewan.
  3. Richard Mayer (1981): Psikologi yaitu analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami sikap manusia.


Sumber:

  1. Psychology (https://en.wikipedia.org/wiki/Psychology)
  2. PENGERTIAN PSIKOLOGI (https://annissayudhakusuma.wordpress.com/2014/06/03/pengertian-psikologi/)


Anda sanggup request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

LihatTutupKomentar