-->

6 Dampak Globalisasi Terhadap Sikap Masyarakat

Pernahkah kau mendengar istilah globalisasi? Globasilsasi berasal dari kata globe artinya dunia, dan globalisasi berarti mendunia. Ini berarti dunia yang begitu luas dan jarak antarnegara tidak menjadi halangan untuk dapat saling berhubungan. Kemajuan teknologi dari hari ke hari berperan penting dalam terciptanya proses globalisasi.

Pernahkah kau mendengar istilah globalisasi 6 Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Masyarakat
pixabay
Kita tentu sering menyaksikan televisi yang menayangkan tragedi di
berbagai serpihan bumi. Kita pun dapat berkomunikasi dengan kerabat atau teman
yang tinggal di negara lain dengan mudah. Semua ini dapat terjadi berkat kemajuan teknologi
dan komunikasi yang begitu canggih. Inilah citra sedikit mengenai dampak globalisasi yang ada di sekitar kita. Baca juga: 4 Bukti pengaruh globalisasi di masyarakat

Pengaruh globalisasi telah memengaruhi sikap masyarakat kita dalam
berbagai bidang kehidupan. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada masyarakat
perkotaan tapi juga masyarakat yang tinggal di perdesaan. Pengaruh globalisasi
ini dapat berdampak positif dan juga negatif. Oleh sebab itu kita harus dapat memilih
yang baik untuk diterapkan dan yang buruknya kita tinggalkan.

1. Gaya Hidup
Perubahan pola hidup yang sangat terperinci terlihat di kota besar menyerupai Jakarta yang banyak dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Sebagaimana pula yang terlihat pada kota-kota besar yang ada di negara lain yang telah maju.

Kehidupan masyarakatnya pun telah Berubah sebab imbas dari barat. Mulai dari pakaian, rambut, bersosialisasi dan gaya rumah. Namun perlu juga diingat tidak semua imbas yang tiba dari luar negara kita dapat diterapkan begitu saja. Perilaku bangsa lain yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita hendaknya kita jauhi.

2. Makanan
Jika dahulu kita mengakibatkan nasi sebagai makanan pokok, maka dengan adanya globalisasi kita mengenal mie, spaghetti, burger dan pizza sebagai pengganti makanan pokok. Kita dapat menjumpai banyak sekali makanan asal negara lain di sekitar kita. Berbagai restoran cepat saji pun tersebar di nusantara menyerupai Mc Donald, Pizza Hut, dan KFC yang semua makanan dan minuman yang disajikan berasal dari Negara Amerika. Kini dengan adanya globalisasi, makanan abnormal tersebut gampang dijumpai di mana-mana terutama di pusat-pusat perbelanjaan.

3. Pakaian

Celana jeans, T-Shirt, setelan jas, gaun malam, baju pesta, sampai baju pengantin juga tidak terlepas dari dampak globalisasi yang ada di sekitar kita. Setelan jeans dan T-shirt gampang sekali kita jumpai. Bahkan setelan jas yang dahulu hanya digunakan oleh bangsa barat, sekarang sudah menjadi pakaian resmi internasional. Gaun malam, baju pesta, dan baju pengantin ala barat yang beragam, juga dapat dimiliki dengan mudah. Baju-baju tersebut berasal dari negara barat yang sekarang sudah mendunia.

4. Komunikasi
Di antara kau mungkin sudah mengenal bahkan mempunyai handphone. Ini merupakan salah satu kemajuan teknologi komunikasi yang berkembang seiring arus globalisasi yang ada. Teknologi internet yang kian berkembang juga memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan bertukar isu di banyak sekali serpihan dunia manapun dengan cepat dan aktual.

5. Transportasi
Pesawat terbang merupakan salah satu pola kemajuan di bidang transportasi sebagai dampak lain dari arus globalisasi. Dengan adanya pesawat terbang, perpindahan arus barang dan orang dari satu negara ke negara lainnya menjadi cepat dan mudah. Jauhnya jarak, tidak lagi menjadi masalah. Perkembangan jenis pesawat pun semakin bermacam-macam dan semakin canggih.

6. Nilai-nilai dan tradisi
Nilai atau norma merupakan hukum yang tidak tertulis namun diakui dan dihormati oleh masyarakat. Namun nilai-nilai tersebut sekarang sudah mulai bergeser bahkan bercampur dengan nilai-nilai yang gres yang berasal dari luar. Tradisi nenek moyang pun perlahan sudah mulai terlupakan. Sebagai orang yang akil dan cinta tanah air, sepantasnyalah kita tetap mempertahankan nilai dan tradisi yang sesuai dengan kepribadian bangsa.

Demikian artikel 6 Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Masyarakat biar bermanfaat.
LihatTutupKomentar