6 Pola Perubahan Sosial Di Sekitar Kita

loading...
Perubahan sosial ialah perubahan kebiasaan pada masyarakat. Perubahan sosial dipengaruhi oleh masyarakat lain yang memasuki masyarakat tersebut dan lebih dipercepat lagi dengan adanya teknologi internet. Perubahan sosial sanggup berupa cara berkomunikasi, gaya hidup, hubungan sosial, dll. Berikut ialah beberapa teladan perubahan sosial di sekitar kita. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Perubahan Sosial (Artikel Lengkap)
 Perubahan sosial ialah perubahan kebiasaan pada masyarakat 6 Contoh Perubahan Sosial di Sekitar Kita

1. Cara Berkomunikasi

Ini yang paling terlihat di masyarakat. Dengan adanya teknologi, seseorang bisa berkomunikasi dengan seseorang yang jaraknya jauh dalam waktu yang sangat instan. Sehingga pertemuan tatap muka atau musyawarah semakin jarang terjadi kecuali dalam program formal.

2. Cara Anak Bermain

Dahulu, bawah umur sangat suka bermain permainan tradisional selepas dari sekolah. Pada masa itu, teknologi gawai (gadget) belum secanggih sekarang. Namun dikala ini, sulit menemui anak yang masih bermain permainan tradisional, terutama di kota atau kawasan yang sudah terjamah teknologi. Orangtua lebih menentukan memperlihatkan anaknya gawai dibandingkan membiarkan anak berkeliaran di luar untuk bermain.
Baca juga: 7 Faktor Penyebab Perubahan Sosial
Padahal bermain permainan tradisional sanggup melatih kemampuan sosial anak alasannya ialah sebagian besar permainan tradisional harus dimainkan oleh minimal 2 orang. Permainan tradisional tunggal juga lebih seru kalau dimainkan bersama teman-teman. Sedangkan pada permainan pada gawai, anak hanya berinteraksi dengan komputer atau orang lain secara tidak langsung.

3. Sudah Mulai Ada Lingkungan Individualis

Hal ini seringkali terjadi di kompleks perumahan dimana semua penduduk disana heterogen. Komunikasi mungkin hanya terjadi pada tetangga terdekat saja atau bahkan tidak sama sekali. Dahulu, alasannya ialah belum ada transportasi yang memadai, sangat jarang terjadi fenomena merantau atau urbanisasi sehingga suasana sosial sangat terasa di kampung halaman masing-masing.

4. Bahasa Daerah Mulai Ditinggalkan

Dengan adanya urbanisasi dan teknologi, bahasa kawasan mulai ditinggalkan dan digantikan oleh Bahasa Indonesia atau bahasa kawasan lain yang lebih umum digunakan. Hal tersebut menciptakan ragam bahasa kawasan semakin sedikit bahkan ada beberapa bahasa kawasan yang punah.

5. Cara Berpendapat

Baca juga: 10 Contoh Perubahan Sosial Budaya
Dahulu, setiap orang yang ingin menuntut sesuatu kepada pemerintah niscaya melalui demo. Saat ini juga masih, tapi angka partisipan tidak sebanyak dulu dan kebanyakan orang lebih menentukan beropini di media umum atau menciptakan petisi daring (online). Walaupun demikian, ternyata gempuran “kicauan” ibarat di Twitter lebih ampuh mengubah kebijakan pemerintah dibandingkan dengan agresi demonstrasi. Dengan media sosial, bunyi rakyat lebih terang terdengar.

6. Cara Pacaran

Cara pacaran juga telah mengalami perubahan secara drastis. Seperti saling berkirim surat digantikan oleh saling membalas chat. Dulu, pasangan selalu tidak sabar (tapi tidak marah) menanti pak pos datang, tetapi kini gres 5 menit tidak dibalas sudah eksklusif berantem. Terutama kalau pesannya tidak sengaja terbaca dan tidak dibalas beberapa saat.



Anda bisa request artikel ihwal apa saja, kirimkan request Anda ke atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)
loading...