-->

Apa Saja Yang Termasuk Energi Alternatif?

Energi alternatif ialah energi yang sanggup menggantikan materi bakar fosil ibarat minyak bumi dan watu bara. Tujuan penggunaan energi alternatif ialah untuk mengurangi ketergantungan pada materi bakar fosil yang jumlahnya kian menipis dan juga untuk melestarikan lingkungan alasannya ialah sebagian energi alternatif ialah energi bersih. Saya akan menjawab soal sebutkan dan jelaskan macam-macam energi alternatif? Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: 8 Macam Sumber Energi (Artikel Lengkap)
 Energi alternatif ialah energi yang sanggup menggantikan materi  bakar fosil ibarat  Apa Saja yang Termasuk Energi Alternatif?

1. Hidrogen

Hidrogen ialah unsur gas yang paling sederhana dimana setiap atomnya hanya mempunyai satu proton. Meskipun demikian, kadar hidrogen di muka bumi ialah yang tertinggi dibandingkan kadar gas lain. Hidrogen berpotensi menjadi materi bakar di masa depan alasannya ialah jumlahnya melimpah, mempunyai kandungan energi tertinggi (jika dibandingkan beratnya), produk sampingannya hanyalah uap air, dan ada dimana saja. Berikut ialah persamaan reaksi hidrogen sehingga sanggup menghasilkan energi:
H2+ 1/2O2→H2O+ Energi
Saat ini telah dikembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen.

2. Energi Nuklir

Energi nuklir ialah energi yang dihasilkan oleh pembelahan inti melalui reaksi fisi atau penggabungan beberapa inti melalui reaksi fusi. Meskipun penggunaan energi nuklir sanggup menghasilkan energi dalam jumlah besar dan sedikit menimbulkan polusi, namun radiasi yang dihasilkan sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar. Jika ada kebocoran alasannya ialah kesalahan teknis atau peristiwa alam, sanggup sangat fatal akibatnya. Sejak peristiwa gempa dan tsunami Jepang yang menciptakan reaktor nuklir Fukushima bocor, beberapa negara maju seperti Jerman mulai mengurangi ketergantungannya pada energi nuklir.

3. Tenaga Angin

Energi tenaga angin ialah energi yang dihasilkan oleh tiupan angin dan memakai kincir angin untuk mendapat energinya. Sejak dahulu, orang Belanda kerap memakai kincir angin untuk membantu irigasi atau menumbuk hasil pangan. Hal tersebut juga termasuk salah satu pemanfaatan tenaga angin. Pembangkit listrik tenaga angin sangat higienis alasannya ialah sama sekali tidak mengeluarkan residu yang membahayakan lingkungan. Selain itu, tenaga angin ialah energi yang sanggup diperbaharui.

4. Biogas Dari Sisa Pencernaan

Energi alternatif juga sanggup berasal dari gas metana yang dihasilkan oleh kotoran binatang (terutama binatang ternak). Gas metana yang telah dimurnikan sanggup dimanfaatkan menjadi alternatif pengganti LPG. Dengan demikian, peternak sanggup mengurangi timbunan kotoran binatang ternak dan menghemat penggunaan LPG di rumah.

5. Panel Surya

Panel surya ialah alat untuk mengubah paparan sinar matahari menjadi energi listrik. Dasarnya ialah teori fotolistrik. Energi ini sangat ramah lingkungan alasannya ialah tidak menghasilkan residu, masa pakai yang lama, dan perawatan yang mudah. Namun harga panel surya ketika ini masih cukup mahal dan industri panel surya justru sangat merusak lingkungan.

6. Tenaga Air (Hydropower)

Arus air sungai yang dibendung juga sanggup menghasilkan energi yang cukup besar. Energi tersebut diproduksi di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Energi ini tidak akan habis alasannya ialah siklus air akan selalu berlangsung. Selain itu, energi ini juga ramah lingkungan.


Referensi:
  1. Pengertian Energi Angin Beserta Contoh Pemanfaatannya (http://benergi.com/pengertian-energi-angin-beserta-contoh-pemanfaatannya)
  2. Energi alternatif (https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_alternatif)
  3. BIOGAS (http://www.litbang.esdm.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=76:biogas&catid=80:ketenagalistrikan-dan-ebtke&Itemid=93)
  4. Keunggulan dan Kelemahan Panel Surya ( /search?q=minyak-bumi-artikel-lengkap)



Anda sanggup request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke atau pribadi saja lewat kolom komentar :)
LihatTutupKomentar