Masalah Dalam Kerja Kelompok Di Sekolah

loading...
Hallo Agan... Pasti agan Pernah melaksanakan yang namanya kerja kelompok di sekolah? ya niscaya gak niscaya ya niscaya pernah alasannya yaitu kerja kelompok merupakan salah satu metode berguru yang sering digembor-gemborkan pemerintah pada kurikulum 2013.

 Pasti agan Pernah melaksanakan yang namanya kerja kelompok di sekolah Masalah dalam Kerja Kelompok di Sekolah
gambar dicomot dari janc*k.com             

Hmmm....sudah kuduga sperti ini. Lalu apasih apa sih kerja kelompok itu? hmmmini masih menjadi sebuah misteri huuuuu, Kerja kelompok bukan misteri gan, kerja kelompok berdasarkan saya yaitu bekerja bahu-membahu dalam suatu kelompok, kelompok berguru contohnya untuk menuntaskan tugas-tugas dari guru kita.



Lihat lagi gan secara seksama definisi kerja kelompok? disitu dinyatakan "bekerja bahu-membahu dalam suatu kelompok" hmmm dan apa yang abnormal disitu sudah terang dinyatakan bekerja bahu-membahu gan, bekerja bersama-sama, lah harapannya dalam kerja kelompok setiap anggota harus mempunyai kiprah tertentu lalu dikerjakan sebaik mungkin dan digabungkan dengan hasil kerja kelompok lainnya sehingga menjadi satu-kesatuan karya yang baik.

Tapi kenyataannya dilapangan gan, kenyataannya, kenyataannya tidak sesuai harapan, kenapa tidak sesuai harapan? karena, kenyataan yang terjadi di lapangan sangat berbeda gan, kerja kelompok berdasarkan saya lagi yaitu bekerja bahu-membahu dalam suatu kelompok kelompok berguru misalnya, dimana yang satu atau sebagian kecil mengerjakan dengan sungguh-sungguh atau peduli dengan tugasnya dan lainnya gitu lah gan, agan pastinya sudah mudeng dan tau kan.

Nah contohnya agan disuruh menciptakan presentasi bahasa arab memakai Power ranger eh Power point dalam kerja kelompok nah seharusnya bila itu kiprah kelompok, tentunya tugasnya harus dibagi-bagi gan, ada yang ngetik, ada yang mencari materi materi, ada yang mendesain power-pointnya dan kiprah lainnya gan. Nah yang terjadi dilapangan malah salah satu menciptakan semua kiprah diatas dan lainnya let's party gan. 

Tentunya hal diatas cukup miris gan, ya memang gak semua sih menyerupai itu, tetapi berdasarkan hasil pengamatan saya kebanyakan kayak gitu dan ini tentunt\ya miris dan salah, alasannya yaitu tujuan dari diadakannya kerja kelompok yaitu untuk memupuk rasa gotong royong, kebersamaan kekompakan dan kerja sama, nah bila kerja kelompok cuma dilakukan oleh satu atau sedikit orang saja padahal anggota kelompoknya banyak, dimana kerja samanya, dimana kebersamaanya, dimana gotong royongnya dan dimana-dimana-dimana kuharus mencari kemana (malah ayu ting-ting), dimana kekompakan itu gan.

Ok gan cukup opini saya perihal kerja kelompok mungkin saran saya cara bekerja kelompok di kalangan umum diperbaiki lagi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.
loading...