Paragraf: Pengertian, Jenis-Jenis Dan Pola Paragraf Terlengkap

loading...
Paragraf: Pengertian, Jenis-jenis dan Contoh Paragraf Terlengkap - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perihal paragraf, adapun pembahasannya mencakup pengertian paragraf, jenis-jenis paragraf, contoh-contoh paragraf terlengkap. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

Pengertian Paragraf

Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang saling berjaitan antar kalimat satu dengan yang lainnya. Paragraf sanggup disebut juga sebagai karangan singkat, hal ini kerena dalam bentuk tersebut penulis sanggup menuangkan ide-ide sehingga membentuk suatu topik pembicaraan.
Jurus Apuh Hilangkan Karat di Mobil

Jenis-jenis Paragraf dan Contohnya

Secara garis besarnya, terdapat 5 jenis paragraf yaitu paragraf deskripsi, paragraf eksposisi, paragraf narasi, paragraf persuasi, dan terakhir paragraf argumentasi yang ditinjau menurut tujuannya.

Adapula paragraf yang ditinjau menurut letak penulisannya, posisi antara ilham pokok dan penjelasannya yaitu paragraf induktif dan deduktif.

Jenis-jenis paragraf yang ditinjau menurut tujuannya

Paragraf eksposisi

paragraf eksposisi ialah paragraf yang berisikan paparan dari sebuah problem atau suatu peristiwa.

Contoh paragraf eksposisi

Perlombaan yang sedang berlangsung di adakan oleh ketua RT kawasan setempat. Warga masyarakat yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan banyak sekali jenis lomba yang di adakan. Lomba yang di adakan sangat bermacam-macam mulai dari makan kerupuk, tarik tambang, dan sebagainya.
Baca Juga : Pengertian Tema, Latar, dan Penokohan Cerpen

Paragraf deskripsi

Paragraf deskripsi ialah paragraf yang berisikan penggambaran keadaan atau suatu insiden dengan menggunakan kata-kata sehingga pembacanya seperti sanggup merasakan, melihat, serta mengalami pribadi insiden tersebut.

Contoh paragraf deskripsi

Gerhana matahari nampak dilangit yang sangat indah. Cahaya matahari yang bersinar membentuk cincin sempurna. Keadaan gerhana matahari tersebut terjadi pada pukul 15.00 WIB. Banyak orang yang ikut melihat gerhana matahari tersebut, ada yang melihat dari bawah pohon, teras rumah, dan sebagainya.

Paragraf argumentasi

Paragraf argumentasi ialah paragraf yang berisikan cara meyakinkan para pembaca sampai pembaca sanggup mendapatkan gagasan dari sang penulis.
Baca Juga : Pengertian, Ciri-ciri, dan Syarat Paragraf yang Baik

Contoh paragraf argumentasi

Bekerja dengan ulet ialah salah satu kunci dari kesuksesan. Seseorang yang mempunyai niat yang besar lengan berkuasa dalam bekerja akan sanggup mengatasi banyak sekali problem yang di timbulkannya. Dengan perjuangan dan niat yang besar, pastilah seseorang tersebut sanggup meraih sukses dalam bekerja. Jangan takut untuk gagal dan jadikan kegagalan tersebut menjadi sebuah jalan menuju kesuksesan.

Paragraf persuasi

Paragraf persuasi ialah paragraf yang berisikan bujukan guna mempengaruhi para pembaca semoga mengikuti pendapat dari sang penulis. Paragraf tersebut hampir sama dengan paragraf argumentasi.

Bedanya paragraf persuasi dengan paragraf argumentasi ialah paragraf argumentasi berupa fakta sedangkan paragraf persuasi berupa kalimat himbauan serta cita-cita dari penulis.

Contoh paragraf persuasi

Bekerja dengan ulet ialah kunci dari kesuksesan. Sebab orang yang rajindalam bekerja sanggup mempunyai banyak ilmu yang sanggup di pelajarinya serta sanggup untuk di terapkan dalam pekerjaannya tersebut. 

Seperti seorang sales yang menjajakan dan menunjukkan suatu barang ke rumah-rumah warga sekitar. Dengan menjajakan barang menyerupai tersebut, sales sanggup mengerti apa yang warga sekitar inginkan. 

Dan dari data yang di peroleh sales tersebut, ia sanggup mengubah barang jualnya menjadi sebuah barang yang banyak warga sekitar suka dan alhasil barang tersebut banyak di beli. Oleh alasannya itu, dengan ulet bekerja dan tekun sanggup menambah peluang untuk menjadi sukses.
Baca Juga : Pengertian, Jenis-jenis dan Fungsi Paragraf

Paragraf narasi

Paragraf narasi ialah paragraf yang berisikan dongeng problem atau suatu kejadian, sehingga para pembaca sanggup terhibur atau terharu atas insiden yang sedang terjadi tersebut.

Contoh paragraf narasi

Pada hari senin kemarin, kami melaksanakan kegiatan pendakian ke gunung Bromo. Kami berjumlah 8 orang, 4 orang laki-laki dan 4 orang wanita. Kendaraan yang dipakai ialah bus ekonomi jurusan Bromo. Kami menikmati indahnya perjalanan lantaran kami disuguhkan pemandangan indah berupa pepohonan yang rimbun dan sangat hijau.

Jenis-jenis paragraf yang ditinjau menurut letaknya

Paragraf deduktif

Paragraf deduktif ialah paragraf yang letak ilham kalimat pokoknya terdapat di awal paragraf.

Contoh paragraf deduktif

Tidur ialah keadaan dimana makhluk hidup untuk sanggup beristirahat secara alami. Tidur ialah cara setiap makhluk hidup untuk sanggup beristirahat dan memulihkan tenaganya. Tidur sangatlah di butuhkan, hal ini lantaran pada ketika tidur organ dalam badan akan merileksasi serta sanggup menciptakan badan menjadi sehat dan bugar kembali. Tidur merupakan gagasan utamanya dan terletak di awal yang selanjutnya disertai dengan penjelasan.
Baca Juga : Pengertian Puisi Baru, Ciri-ciri dan Unsur Intrinsiknya

Paragraf induktif

Paragraf induktif ialah paragraf yang letak ilham kalimat pokok terdapat diakhir paragraf.

Contoh paragraf induktif

Seseorang yang lelah akan tidur guna menghilangkan lelah dan untuk membugarkan tubuhnya kembali. 

Tidur sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, alasannya dari acara tidur tersebut badan merelaksasi dan mendetoksifikasi secara alami serta sanggup menyeimbangkan metabolisme dalam, oleh lantaran itu setiap makhluk hidup sangat memerlukannya. 

Jadi, sanggup disimpulkan bahwa tidur ialah keadaan dimana makhluk hidup untuk sanggup beristirahat secara alami.

Alami merupakan gagasan utamanya terletak dibelakang dan diawali dengan klarifikasi (Antonim dari paragraf deduktif)

Paragraf campuran

Paragraf campuran ialah paragraf yang letak ilham kalimat pokok terdapat diawal dan ditegaskan kembali di tamat paragraf.

Contoh paragraf campuran

Tidur ialah keadaan yang di alami makhluk hidup untuk beristirahat secara alami. Tidur sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, hal ini lantaran dari acara tidur tersebut badan akan merelaksasi serta mendetoksifikasi badan secara alami, oleh lantaran itu setiap makhluk hidup sangat memerlukannya. Makara kesimpulannya ialah tidur ialah keadaan dimana setiap makhluk hidup sanggup beristirahat secara alami.

Tidur dan alami merupakan gagasan utamanya diletakan diawal dan tamat (Gabungan deduktif dan induktif)
Baca Juga : Puisi Lama : Ciri-ciri, dan Langkah-langkah Menulis Puisi Lama

Paragraf narasi

Paragraf narasi ialah paragraf yang tidak mempunyai suatu ilham kalimat pokok yang artinya dalam paragraf tersebut semua kalimatnya di anggap sangat penting, sehingga tidak mempunyai kalimat penjelas.

Contoh paragraf narasi

Semua makhluk hidup harus beristirahat guna menghilangkan lelah sehabis melakuakn acara kesehariannya. Dengan tidur seorang sanggup menghilangkan rasa lelah secara alami. Dari tidur tersebut badan sanggup mendetoksifikasi dan merelaksasi secara alami.

Tidak mempunyai klarifikasi atas gagasan utama, lantaran sumua kalimatnya merupakan gagasan utama (penting).

Demikianlah pembahasan perihal pengertian paragraf, jenis-jenis paragraf, contoh-contoh paragraf terlengkap. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-ciri, dan Syarat Paragraf yang Baik
loading...