Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Agenda Adiwiyata

loading...
Pengertian Adiwiyata -  Adiwiyata atau Green School ialah salah satu jadwal kementrian negara lingkungan hidup yang bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. 

Pengertian Adiwiyata Peraturan Menurut Menteri Lingkungan Hidup 
Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 ihwal Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata menyampaikan bahwa sekolah adiwiyata ialah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dan jadwal adiwiyata ialah jadwal untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna sebagai salah satu daerah yang baik dan juga ideal yang diperoleh segala ilmu pengetahuan dan beragai norma serta budpekerti yang menjadi dasar insan menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita untuk menuju kepada impian pembangunan berkelanjutan. 

Fungsi jadwal adiwiyata adalah biar seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala acara persekolahan demi menuju lingkungan yang sehat serta bisa menghindari efek lingkungan yang negatif. 

Berdasarkan pengertian Adiwiyata dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 2 Tahun 2009 ihwal pedoman pelaksanaan jadwal adiwiyata. Pengertian adiwiyata pada pasal 1 adalah sekolah yang baik dan ideal sebagai daerah memperoleh segala ilmu pengetahuan dan banyak sekali norma serta budpekerti yang sanggup menjadi dasar insan menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan impian pembangunan berkelanjutan. 

Sedangkan pada pasal 1 point 2, bahwa Program Adiwiyata ialah salah satu jadwal kerja berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mewujudkan pengembangan pendidikan lingkungan hidup. 

Adapun pedoman pelaksanaan jadwal Adiwiyata bertujuan untuk memperlihatkan contoh kerja pelaksanaan jadwal Adiwiyata bagi tim peninjau lapangan jadwal Adiwiyata. 

Menurut Arjuna dan Salmonsius yang dikutip oleh Saragih (2012), dikala sebuah sekolah sudah mengikuti jadwal Adiwiyata maka sekolah tersebut akan mendapat dukungan dana pendampingan, sesuai dengan kebutuhan yang diajukan oleh sekolah dan disetujui oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

Tujuan Adiwiyata 

Tujuan sekolah Adiwiyata yang secara umum mengambarkan untum mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan juga berbudaya dalam lingkungan dengan: 

Menciptakan kondisi yang lebih baik bagi sekolah untuk menjadi wadah pembelajaran dan juga penyadaran segenap warga sekolah diantaranya Murid, Guru, Orang Tua/Wali Murid, dan lingkungan masyarakat demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan hidup. 

Warga sekolah turut bertanggung jawab dalam mengupayakan evakuasi lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan. 

Mendorong dan membantu sekolah untuk turut serta dalam melaksanakan upaya pemerintah demi melestarikan lingkungan hidup dalam pembangunan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan demi hadirnya kepentingan generasi yang akan datang. 

Target Sasaran Adiwiyata

Target sasaran Adiwiyata terdapat pada pendidikan formal setingkat SD, SMP, Sekolah Menengan Atas atau sederajad. Hal itu bukanlah sebab, karena sekolah menjadi sasaran pelaksanaan karena sekolah mempunyai fungsi atau tugas yang turut andil dalam membentuk nilai-nilai kehiudpan, khususnya nilai akan kepedulian berbudaya lingkungan hidup. 

Dalam melaksanakan jadwal Adiwiyata tersebut, sekolah-sekolah mendapat penilaian dan jug akan diberikan berupa penghargaaan yang diberikan secara berjenjang. 

Jenis-Jenis Penghargaan Adiwiyata 

Jenjang atau jenis penghargaan Adiwiyata yang bisa diterima oleh sekolah dengna tingkatan sebagai berikut: 
  • Penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang diberikan oleh Bupati/Walikota.
  • Penghargaan Adiwiyata Nasional yakni penghargaan yang diberikan pribadi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  • Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi merupakan penghargaan yang diberikan oleh Gubernur.
  • Penghargaan Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan khusus bagi setiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang telah mendapat penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang diberikan oleh Presiden. 

Kriteria Penilaian Penghargaan Adiwiyata 

Kriteria penilaian penghargaan Adiwiyata terdiri dari 4 aspek antara lain: 
  • Aspek kebijakan sekolah yang mempunyai wawasan lingkungan hidup.
  • Aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan hidup.
  • Aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.
  • Aspek kegiatan lingkungan di sekolah yang berbasis partisipatif.

Manfaat Program Adiwiyata

Manfaat jadwal Adiwiyata ialah dibutuhkan bagi setiap sekolah dalam menerapkan Program Adiwiyata tersebut sanggup menerapkan bagi pelajar, proses berguru dan hasil pembelajaran khusus bagi akseptor didik. Adapun manfaat jadwal adiwiyata antara lain: 
  • Mengubah sikap warga sekolah untuk melaksanakan budaya pelestarian lingkungan.
  • Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.
  • Dapat menghindari sejumlah resiko efek lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah.
  • Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah.
  • Menciptakaan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
  • Menjadikan daerah pembelajaran bagi generasi muda ihwal pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan juga benar.
  • Meningkatkan kondisi berguru mengajar yang lebih nyaman dan aman bagi segenap seluruh warga sekolah. 

Prinsip Program Adiwiyata 

Dalam pelaksanaannya, jadwal Adiwiyata diletakkan dalam tiga prinsip-prinsip dasar dalam pelaksanaannya. Adapun prinsip tersebut antara lain: 
  1. Partisipatif: Komunitas sekolah terlibat dalam administrasi sekolah yang mencakup keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sesuai tanggungjawab dan peran.
  2. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terjadwal dan terus menerus secara komprehensif.
  3. Edukatif (Permen LH, 2013). 
Menurut Chaeruddin (2009:12) bahwa dalam pelaksanaan jadwal Adiwiyata diletakkan pada dua prinsip antara lain: 
  1. Partisipatif, maksudnya dimana seluruh komponen sekolah terlibat dalam keseluruhan proses yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian menurut tanggung jawab dan kiprahnya masing-masing.
  2. Berkelanjutan (sustainable), yang diartikan kepada seluruh kegiatan harus dilakukan secara terjadwal dan terus menerus secara komperehensif. 
salah satu jadwal kementrian negara lingkungan hidup yang bertujuan untuk mendorong terci Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Program Adiwiyata
Ilustrasi: Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Program Adiwiyata 

Demikianlah Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Program Adiwiyata. Semoga info ini sanggup bermanfaat bagi kita semua dan menambah khazanah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
loading...