-->

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir, Lengkap

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir, LENGKAP | Assalamualaikum teman-teman kali ini seputar pengertian, fungsi, gejala hari akhir/kiamat dan peristiwa-peristiwa sesudah hari simpulan zaman serta jenis-jenis atau macam-macam hari akhir/kiamat. Pertama-tama kita mulai dengan Pengertian Iman Kepada hari Akhir/Kiamat. Pengertian kepercayaan kepada hari simpulan (kiamat) secara umum adalah mempercayai dan menyakini bahwa seluruh alam semesta dan segala seisinya pada suatu ketika nanti akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa sesudah kehidupan iniakan ada kehidupan yang kekal yaitu akhirat.

Pengertian kepercayaan kepada hari akhir/kiamat terbagi dua yaitu pengertian kepercayaan kepada hari simpulan berdasarkan bahasa dan pengertian hari simpulan berdasarkan istilah. Pengertian kepercayaan kepada hari simpulan berdasarkan bahasa (etimologi) adalah percaya akan datangnya hari akhir/kiamat. Sedangkan Pengertian kepercayaan kepada hari simpulan berdasarkan istilah (terminologi) adalah mempercayai dan menyakini akan adanya kehidupan yang kekal dan abadi sesudah kehidupan ini. 

Sebelumnya Pengertian hari akhir/kiamat ialah hari kebinasaan atau kehancuran dunia dan seisinya. Pengertian hari akhir/kiamat juga terbagi dua yakni pengertian hari simpulan berdasarkan bahasa dan pengertian hari simpulan berdasarkan istilah. Pengertian hari simpulan berdasarkan bahasa (etimologi) ialah hari berakhirnya segala sesuatu yang ada dimuka bumi. Sedangkan pengertian hari simpulan berdasarkan istilah (terminologi) ialah insiden dimana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang akan membunuh semua makhluk didalamnya tanpa terkecuali.
Macam-Macam Hari Akhir/Kiamat
Hari akhir/kiamat terbagi atas 2 jenis atau macam. Macam-macam hari akhir/kiamat ialah sebagai berikut...
  • Kiamat Sugra (Kiamat Kecil) : Pengertian simpulan zaman sugra ialah kejadian hancurnya jagat raya dengan skala kecil, Misalnya gejala simpulan zaman sugra ialah kematian, musibah seperti, tsunami, gempa bumi, banjir, gunung meletus, , dan sebagainya. Setelah seseorang mati, rohnya akan berada di alam Barzah atau alam kubur, alam barzah ialah alam antara dunia dan akhirat. Kiamat sugra sering terjadi dilingkungan kita yang merupakan suatu teguran Allah swt.
  • Kiamat Kubra (Kiamat Besar) : Pengertian simpulan zaman kubra ialah kejadian hancurnya alam semesta beserta isinya atau hancurnya alam semesta seluruhnya termasuk semua penghuni-penghuninya, mirip manusia, hewan, tumbuhan dan tanda dimulainya kehidupan di darul abadi serta Manusia akan mempertanggung jawabkan segala amal perbuatannya yang pernah dibentuk sewaktu hidup. Tanda-tanda simpulan zaman kubra ialah munculnya dajjal, matahari terbit dari barat, turunnya ya'juj dan ma'juj. 
Tanda-Tanda Hari Akhir/Kiamat
Tanda-tanda hari akhir/kiamat terbagi atas 2 yaitu :

1. Tanda-Tanda Kecil/ Kiamat Kecil  
Tanda-tanda kecil hari akhir/kiamat sebagai berikut...
  • Diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir
  • Banyaknya terjadi peristiwa alam, contohnya gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain 
  • Banyaknya jumlah kaum perempuan dibanding laki-laki
  • Adanya golongan besar yang saling membunuh, namun sama-sama mengakui dirinnya untuk memperjuangkan agama islam. 
  • Fitnah yang merajalela dengan menimpa kehidupan manusia
  • Banyaknya jumlah pembunuhan disebabkan hal yang sepele atau kecil. 
  • Segala hal atau urusan dipegang oleh bukan ahlinya. 
  • Manusia tidak memperdulikan lagi ilmu agama
  • Adanya Laki-laki telah mirip perempuan atau sebaliknya 
  • Timbulnya pergaulan bebas antara pria dan perempuan
  • Merajalelanya kemaksiatan
  • Minuman keras yang merajalela.
2. Tanda-Tanda Besar/Kiamat Besar 
Munculnya binatang-binatang yang sanggup bicara
  • Al-Qur'an tidak dianggap lagi sebagai ajaran hidup, melainkan hanya sekadar materi bacaan biasa
  • Munculnya Ya'juj dan Ma'juj, yaitu bangsa yang gemar dengan menciptakan kerusakan dibumi. 
  • Banyak insan yang menjadi kufur dan murtad. 
  • Munculnya dajjal. Makhluk penyebar fitnah yang menciptakan insan meninggalkan agama islam. 
  • Matahari terbit dari barat dan terbenam dari arah timur. 
Fungsi Iman Kepada Hari Kiamat
Fungsi kepercayaan kepada hari simpulan zaman ialah sebagai berikut..
  • Menyadari bahwa alam seisinya akan hancur lebur maka setiap orang muslim harus banyak melaksanakan amal kebaikan serta menjauhi segala amal perbuatan yang tidak baik atau menjauhi larangan Allah swt. 
  • Mengingat bahwa hidup di dunia ini merupakan sawah ladang kehidupan alam darul abadi atau merupakan jembatan untuk menuju ke alam darul abadi maka kita harus membelanjakan atau menginfakkan sebagian harga untuk menghindari diri dari sifat rakus, tamak, dan kikir. 
  • Berani dan tidak takut mati lantaran membela agama, serta menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam.
  • Tidak iri terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain. 
  • Dapat menenteramkan jiwa orang yang mendapat perlakukan kurang adil     
Peristiwa-Peristiwa Setelah Hari Akhir/Kiamat
Peristiwa-peristiwa yang akan dialami oleh insan di hari simpulan ialah sebagai berikut...
1. Yaumul Barzah : Barzakh secara bahasa berarti pembatas atau dinding. Pengertian yaumul barzah aadlah hari penantian insan di alam kubur sesudah meninggal. Barzah batas atau mediator antara alam dunia dan alam akhirat. Di alam inilah insan akan menunggu hari kebangkitan. Kejadian-kejadian yang akan dihadapi insan di alam barzah ialah pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir, Manusia akan diperiksa amal perbuatannya dan keimanannya ibadahnya oleh malaikat Munkar dan Nakir, Nikmat dan siksa kubur.
2. Yaumul Ba'as : Pengertian Yaumul Ba'as ialah hari bangkitnya seluruh makhluk dari kuburnya, semenjak insan pertama sampai berakhir. Penegasan Allah SWT terhadapnya hari kebangkitan terdapat dalam Q.S. An Nahl ayat 38, artinya : "Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh : "Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati". (Tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitnya), sebagai suatu kesepakatan yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan insan tiada mengetahui. (Q.S. An Nahl :38). dan Surat Yaasin ayat 51, artinya : " Dan ditiuplah sasangkala, maka tiba-tiba mereka ke luar dengan segera di kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (Q.S. Yaasin :51).
3. Yaumul Hasyr (Hari berkumpulnya manusia) : Pengertian Yaumul Hasyr ialah fase insan digiring ke suatu daerah yang berjulukan Padang Mahsyar  setelah kebangkitan dari kubur. Allah SWT berfirman : "Dan kami kumpulkan mereka, maka kami tidak meninggalkan mereka seorang pun". (Q.S. Al Kahli : 47).
4. Yaumul Hisab (Hari Perhitungan) : Pengertian Yaumul Hisab ialah hari insan dihisab, dihitung dan ditimbang amal perbuatannya selama dunia akhirat. Allah SWT berfirman : "Kami  akan memasang timbangan yang sempurna pada hari kiamat, maka tiadalah yang dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jikalau (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun niscaya kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan. "(Q.S. Al-Anbiya : 47).
5. Yaumul Jaza' (Hari Pembalasan) : Pengertian yaumul jaza' ialah hari ketika Allah SWT memberi keputusan kepada manusia.
6. Surga dan Neraka : Surga ialah daerah yang penuh dengan aneka macam kenikmatan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang bertakwa, Sedangkan Neraka ialah daerah yang penuh dengan aneka macam siksaan, yang disediakan Allah bagi orang-orang yang durhaka. 
Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir/Kiamat
Hikmah beriman pada hari simpulan (hari kiamat), antara lain sebagai berikut... 
  • Memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT Mahakuasa dan Mahaadil. 
  • Memberikan dorongan untuk membiasakan diri dengan sikap dan sikap terpuji (akhlaqul-karimah) dan menjauhkan diri dari sikap serta sikap tercela (akhlaqul-mazmumah)
  • Memberi dorongan untuk bersikap optimis dan tawakal, serta sabar meskipun tertimpa aneka macam kemalangan. 
peristiwa sesudah hari simpulan zaman serta jenis Pengertian Iman Kepada Hari Akhir, LENGKAP
"Pengertian Iman Kepada Hari Akhir, LENGKAP "
Demikianlah pembahasan Pengertian Iman Kepada Hari Akhir, LENGKAP, dengan poin-point mirip pengertian kepercayaan kepada hari akhir, pengertian hari akhir, macam-macam atau jenis-jenis hari akhir, gejala hari akhir, Fungsi kepercayaan kepada hari akhir, peristiwa-peristiwa sesudah hari akhir/kiamat, biar materi pengertian kepercayaan kepada hari akhir, Lengkap teman-teman menerimanya dan sanggup bermanfaat tentunya. "Salam Berbagi Teman-Teman". 
LihatTutupKomentar