Surat Pribadi, Surat Pembaca, dan Menulis Rangkuman

loading...

Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang isinya menyangkut hal atau kepentingan yang bersifat pribadi. Tidak ada ketentuan baku dalam menulis surat pribadi.

Bagian-bagian surat pribadi antara lain, tanggal surat, tanggal pembuka, isi, dan penutup. Bahasa surat pribadi tidak harus resmi, tetapi santai, akrab, sopan, dan jelas. Surat pribadi biasanya dilakukan oleh seseorang dengan orang tuanya, teman, kerabat, dan sebagainya.
Pembuka surat pribadi biasanya berisi pertanyaan tentang keadaan atau kabar dari penerima surat dan keadaan pengirim surat.

Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang berisi kritikan, masukan, ucapan terima kasih, imbauan dan sebagainya kepada pihak lain. Surat pembaca digolongkan kedalam surat pribadi karna selain ditulis secara pribadi. Surat pembaca biasanya dimuat di surat kabar atau majalah.

Surat pembaca umumnya berjumlah sekitar tiga hingga lima paragraf. Isi dari surat pembaca sebaiknya dibuat sejelas mungkin, tidak bertele-tele agar tidak membingungkan pembaca kelak.
Dalam penulisannya sama halnya dengan bentuk surat pribadi, tetapi bahasanya lebih formal. Masalah yang disampaikan harus singkat, padat, dan jelas. Selain itu harus serta disertai fakta yang jelas, seperti hari, tanggal, dan waktunya.

Sistematika surat pembaca, minimal ada judul, permasalahan, harapan, nama dan alamat pengirim. Hal-hal pokok yang ada dalam surat pembaca, menyangkut jawaban dari apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana (Adik Simba). Surat pembaca harus disertai dengan data diri dan tanda pengenal yang masih berlaku.

Menulis Rangkuman


Rangkuman dapat diartikan sebagai suatu hasil merangkum atau meringkas suatu tulisan atau pembicaraan menjadi suatu uraian yang lebih singkat dengan perbandingan secara proporsional antara bagian yang dirangkum dengan rangkumannya.

Menjelaskan Tema dan Latar Novel Remaja (Asli atau Terjemahan)
Loading...