-->

Bahan Ajar IPA | Sumber Energi dan Kegunaannya

 Bahan Ajar kali ini adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  Bahan Ajar IPA | Sumber Energi dan Kegunaannya
Bahan Ajar kali ini adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk kalian yang duduk dibangku Kelas 2 SD dan MI semester genap. Sumber materi pelajaran berdasarkan kisi-kisi, kurikulum 2013 revisi, KTSP 2006 dan Buku Tema terbaru untuk semester 2 dan sebagai persiapan untuk menghadapi ujian ulangan tengah semester (uts) maupun kenaikan kelas (ukk) dan ujian lainnya.

Dengan adanya bahan ajar ini diharapkan siswa mampu mengenal berbagai jenis sumber energi dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Dapat mengindentifikasi sumber-sumber seperti panas, cahaya dan energi.

Materi Pokok 


  1. Alat-alat rumah tangga yang bisa menghasilkan panas, bunyi dan cahaya.
  2. Alat rumah tangga yang dapat menghasilkan energi listrik.
  3. Sumber energi apasaja yang menghasilkan bunyi, panas dan listrik.
  4. Energi apa saja yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Nah untuk adik-adik bahan ajar ini sudah admin rangkum sedemikian rupa agar kalian dapat menghafalnya dengan cepat.

Alat rumah tangga apa saja yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya ? Apa saja kegunaan energi yang dihasilkan oleh alat tersebut ? Contohnya :


  • Kompor Gas mendapatkan energi yang berasal dari gas. Energi panas yang berasal dari kompor memiliki kegunaan untuk memasak. 
  • Kompor minyak menggunakan minyak tanah untuk menghasilkan energi panas.
  • Kompor Listrik mendapatkan energi dari listrik.
  • Oven memiliki kegunaan untuk mengeringkan dan memanaskan makanan, sumber energi oven didapatkan dari listrik dan kompor.
Jadi dari ketiga contoh diatas adalah merupakan alat rumah tangga yang menghasilkan panas.

Sebutkan alat rumah tangga yang menghasilkan bunyi ? contoh alat rumah tangga yang menghasilkan bunyi adalah sebagai berikut :


  • Televisi merupakan salah satu contoh alat rumah tangga yang menghasilkan bunyi dan gambar.
  • Radio juga merupakan alat rumah tangga yang menghasilkan bunyi namun tidak mengeluarkan gambar.

Sebutkan jenis alat rumah tangga yang menghasilkan cahaya ? berikut contohnya :



  • Lampu neon, bohlam, petromaks, lampu minyak bisa mengeluarkan cahaya ketika malam hari atau pada suatu ruangan yang gelap.
Dari beberapa keterangan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa energi dihasilkan dari sumber energi. Adapun sumber energi yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti matahari, listrik, minyak tanah, bensin, kayu bakar, batu baterai dan lainnya.

Bensin dan solar memiliki kegunaan untuk menghidupkan kendaraan sebagai bahan bakar utama untuk menjalankan mesin kendaraan seperti mobil dan motor.

Jam dinding, jam tangan, senter mendapatkan sumber energi dari baterai ada juga lampu yang menggunakan sumber daya dari baterai maupun aki.
"Ilmu adalah pembeda antara orang besar, dengan orang kelas rendahan"
Bahan ajar IPA ini sudah dibuat oleh team zona soal sebagai persiapan untuk menghadapi ulangan tengah semester nanti, adik-adik bisa merujuk pada artikel dibawah ini :


Demikian bahan ajar ilmu pengetahuan alam ini dengan tema Sumber Energi dan Kegunaannya yang bisa kalian pelajari untuk kelas 2 sd dan mi. Jangan lupa untuk di bagikan yah adik-adik. 
LihatTutupKomentar