-->

Tips Microsoft Excel Cara Merubah Angka Menjadi Teks

Tips Microsoft Excel Cara Merubah Angka Menjadi Teks | Salah satu pekerjaan yang sering dilakukan oleh seorang operator sekolah adalah membuat laporan keuangan, misal lapora BOS. Dalam pembuatan laporan BOS, selain membuat format laporan BOS K1,K2,K3,K4,K5,K6, dan K7 terkadang juga harus membuat kelengkapannya seperti nota dan kwitansi. Dalam sebuah kwitansi biasanya selain ada angka rupiah juga ada tulisan dari angka rupiah tersebut, misal "seratus ribu rupiah".

Nah kalau teks dari nilai uang tersebut harus diketik secara manual tentu saja akan sangat merepotkan dan meyita waktu. Daripada repot-repot ngetik lebih baik gunakan saja fungsi terbilang microsoft excel. Yaitu sebuah fungsi yang berguna untuk mengkonversi nilai angka menjadi tulisan atau teks.

Namun fungsi terbilang ini, secara default belum ada dalam microsoft excel, jadi anda harus menambahkan add in terbilang terlebih dahulu. Silakan anda downlod dan instal add in terbilang microsoft excel di sini.

Oke, sekrang microsoft excel anda sudah memiliki add in terbilang, maka selanjutnya untuk merubah angka menjadi teks atau tulisan cukup dengan menulis =terbilang(cell angka) contoh lihat screen shoot excel di bawah ini.

Keterangan fungsi terbilang :

=terbilang(B2;1) untuk merubah angka pada cell B2 menjadi teks dengan format huruf kapital semua
=terbilang(B3;2) untuk merubah angka pada cell B3 menjadi teks dengan format huruf kecil semua
=terbilang(B4;3) untuk merubah angka pada cell B4 menjadi teks dengan format huruf kapital di setiap awal kata
=terbilang(B5;4) untuk merubah angka pada cell B5 menjadi teks dengan format huruf kapital di awal kalimat saja

Nah itulah tips microsoft excel cara merubah angka menjadi teks, sangat cepat dan mudah. Yang penting anda sudah menginstall add in terbilang pada microsoft excel anda. Dengan fungsi ini, pekerjaan anda yang berhubungan dengan angka-angka akan menjadi lebih mudah dan cepat.
LihatTutupKomentar