-->

Cara Menciptakan Slip Honor Karyawan

Cara Membuat Slip Gaji Karyawan - Urusan penggajian merupakan problem yang cukup membingungkan. Penggajian tak saja mengenai berapa Rupiah seorang pekerja harus dibayar alasannya pekerjaannya namun juga berimplikasi luas ke sistem kepegawaian yang berlaku, beban pekerjaan yang dipikul ataupun tanggung-jawab sosial perusahaan pada kehidupan karyawan berikut keluarganya.

 Urusan penggajian merupakan problem yang cukup membingungkan Cara Membuat Slip Gaji Karyawan
Baca juga : Daftar Gaji Karyawan Net TV

Pada penentuan honor oleh perusahaan yang harus diperhatikan ialah setiap karyawan mempunyai hak mendapatkan penghasilan yang bisa memenuhi penghidupan layak. Otoritas pengambil keputusan dalam hal ini pemerintah telah memilih peraturan untuk melindungi para pekerja secara keseluruhan. Peraturan pemerintah tersebut meliputi pengaturan mengenai : upah minimum, upah kerja lembur, upah tak masuk kerja alasannya berhalangan, upah tidak masuk kerja alasannya melaksanakan acara lain di luar pekerjaan, upah alasannya menjalankan hak waktu istirahat kerjanya, bentuk dan cara pembayaran upah, denda dan kepingan upah, hal-hal yang sanggup diperhitungkan dengan upah, struktur dan skala pengupahan yang proporsional, pesangon dan perhitungan PPN.

Realisasi penentuan honor oleh perusahaan bisa dilihat dari slip honor yang diterima para karyawan setiap bulannya. Dalam slip honor tersebut biasanya sudah terinci komponen-komponen apa saja yang masuk dalam penghasilan. Juga potongan-potongan yang dikenakan untuk bulan kemarin. Para karyawan akan mendapatkan pendapatan higienis sesudah dikurangi oleh beberapa jenis potongan. Cara menciptakan slip honor karyawan harus diketahui oleh setiap pimpinan perusahaan sehingga bisa diperoleh struktur honor yang betul sesuai dengan tingkat kinerja yang dihasilkan karyawan pada perusahaan.

Gaji yang diperoleh para karyawan biasanya tersusun atas sejumlah komponen sebagai berikut : honor pokok, tunjangan tunai, tunjangan hari raya keagamaan, bonus dan insentif.

- Gaji pokok
Berupa jumlah uang tertentu sebagai imbalan yang pantas diberikan kepada karyawan guna memenuhi kebutuhan hidup sebulan. Nilai honor pokok tersebut sebagai pola penentuan besarnya tunjangan keluarga dan pokok pensiun. Gaji pokok ini otomatis bertambah seiring makin tingginya jabatan atau masa kerja.

- Tunjangan
Meliputi semua bentuk pembayaran pemanis bagi karyawan yang dibayarkan rutin tiap bulan. Manfaatnya menjadi pemanis honor pokok antara lain tunjangan kehadiran, tunjangan transport, uang makan dll.

- Tunjangan hari raya
Adalah tunjangan yang disediakan untuk karyawan untuk merayakan hari raya keagamaan semisal hari raya idul fitri atau hari raya natal.

- Bonus
Sebatas dibayarkan kepada karyawan setahun sekali kalau memenuhi syarat-syarat tertentu. Perusahaan yang bisa menghasilkan keuntungan besar selama setahun maka biasanya akan ada bonus untuk karyawan.

- Insentif
Insentif ini contohnya pemberian komisi untuk karyawan bila sasaran penjualan tercapai.

Di luar sejumlah komponen honor tadi, ada lagi komponen imbalan yang diperoleh karyawan namun tak rutin umpamanya : transportasi, pemeliharaan kesehatan, honor saat cuti, santunan saat terjadi musibah, santunan uang pendidikan, premi BPJS, premi dana pensiun atau premi asuransi jiwa.
LihatTutupKomentar