-->

Pengertian Variabel Bebas, Terikat Dan Kontrol Dalam Penelitian

Pengertian variabel bebas dan beberapa variabel lainnya yang sering dipakai dalam penelitian akan menjadi bahasan utama pada artikel ini. Variabel atau sering pula disebut sebagai faktor penelitian memiliki peranan penting dalam sebuah penelitian untuk pendidikan. Variabel merupakan segala hal yang akan dijadikan obyek pengamatan di dalam sebuah penelitian. Variabel inilah yang akan memilih bagaimana proses penelitian tersebut akan dijalankan.
 dan beberapa variabel lainnya yang sering dipakai dalam penelitian akan menjadi bahasan Pengertian Variabel Bebas, Terikat dan Kontrol Dalam Penelitian
baca juga : Pengertian O P E C

Ada beberapa variabel yang sering dimunculkan dalam sebuah desain penelitian. Namun kali ini, kami akan membahas mengenai tiga variabel terlebih dahulu, yaitu variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol. Tiga variabel ini merupakan variabel utama dalam desain penelitian. Berikut klarifikasi mengenai tiga variabel tersebut beserta pengertian dan teladan penggunaannya dalam sebuah penelitian di bidang pendidikan. 

1. Variabel Bebas
Variabel bebas sering pula disebut sebagai variabel penyebab atau independent variables. Pengertian variabel bebas yaitu variabel yang mensugesti atau yang menjadikan terjadinya perubahan. Dengan bahasa lain yang lebih mudah, variabel bebas yaitu faktor-faktor yang nantinya akan diukur, dipilih, dan dimanipulasi oleh peneliti untuk melihat hubungan di antara fenomena atau insiden yang diteliti atau diamati. 

2. Variabel Terikat
Variabel terikat sering pula disebut sebagai variabel tergantung atau dependent variables. Variabel terikat merupakan faktor-faktor yang diamati dan diukur oleh peneliti dalam sebuah penelitian, untuk memilih ada tidaknya efek dari variabel bebas. Dalam sebuah desain penelitian, seorang peneliti harus mengetahui secara pasti, apakah ada faktor yang muncul, ataukah tidak muncul, atau berubah ibarat yang diperkirakan oleh peneliti. 

3. Variabel Kontrol
Variabel kontrol disebut pula sebagai variabel kendali. Variabel ini merupakan variabel yang diupayakan untuk dinetralisasi oleh sang peneliti dalam penelitiannya tersebut. Variabel inilah yang menjadikan hubungan di antara variabel bebas dan juga variabel terikat dapat tetap konstan. Variabel inilah yang mengeliminasi atau menggugurkan dampak yang dapat diakibatkan oleh adanya variabel-variabel moderasi.

Berikut teladan dari penerapan ketiga variabel tersebut dalam sebuah penelitian. Apabila seorang peneliti ingin meneliti hubungan diantara dua variabel, contohnya variabel waktu yang diharapkan untuk berguru dan prestasi belajarnya, maka problem yang diajukan untuk diteliti adalah: “Bagaimanakah hasil prestasi berguru yang akan dicapai kalau waktu yang dipakai untuk berguru dibentuk lebih sedikit atau lebih banyak?”

Waktu berguru yang dipakai merupakan variabel bebas, sedangkan prestasi belajarnya yaitu variabel terikat. Variabel bebas (waktu belajar) diubah atau dimanipulasi untuk menjadikan timbulnya perubahan pada variabel terikat (prestasi belajar). Di samping waktu, peneliti juga mempertimbangkan umur dari obyek penelitian, maka faktor umur dianggap menjadi variabel kontrol. Demikianlah ulasan mengenai pengertian variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol dalam sebuah penelitian pendidikan. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk Anda.
LihatTutupKomentar