-->

Pengertian Otoriter, Ciri-Ciri Dan Kelebihan Sistem Otoriter

Pengertian Otoriter yaitu sebuah bentuk dari kekuasaan yang terpusat. Bentuk kekuasaan ini sangat bertolak belakang dengan sistem demokrasi. Dimana pada sistem demokrasi lebih menekankan pada kekuasaan yang tidak terpusat. Sementara sikap diktatorial sering dipahami sebagai sistem politik otoriter. Yang sanggup diartikan sebagai bentuk pemerintahan yang lebih menekankan pada kekuasaan negara atau individu tertentu. Kekuasaan yang terpusat tersebut tidak melihat akan kebebasan individu lainnya. Oleh alasannya yakni itu, sistem diktatorial dianggap bertolak belakang dengan demokrasi. Pasalnya, sistem demokrasi akan melalui pemilihan umum untuk memperoleh kekuasaan.
 yaitu sebuah bentuk dari kekuasaan yang terpusat Pengertian Otoriter, Ciri-Ciri dan Kelebihan Sistem Otoriter
baca juga : Pengertian Jagat Raya

Secara etimologi, pengertian diktatorial sendiri yaitu efek kuasa, otoritas atau wibawa. Dimana kata diktatorial sendiri berasal dari bahasa Inggris Authoritarian dan dari kata Auctoritas dari bahasa Latin. Dengan adanya otoritas individu, maka sanggup memperlihatkan efek yang cukup kuat. Pengaruh tersebut sanggup berupa gagasan, sikap dan pedoman dari seseorang baik perorangan ataupun secara kelompok. Sistem diktatorial merupakan rejim politik, ditandai oleh pemusatan kekuatan politik pada kelompok elit. Yang mana kelompok tersebut biasanya tidak akan bertanggung jawab kepada masyarakat secara institusional.

Sementara dalam cara hidupnya, pengertian diktatorial akan berpegang pada kekuasaan atau otoritasnya. Penganut sistem otoritas akan memakai otoritas atau kekuasaannya sebagai dasar dalam berpikir. Biasanya, orang-orang yang mempunyai sikap kepemimpinan diktatorial sangat perhatian pada efektivitas dalam bekerja. Tidak hanya itu, orang tersebut juga akan terus berpijak pada kewenangan mutlak sebagai pemimpin utama. Dimana orang tersebut akan menciptakan ide, rencana dan tujuan sendiri. Pemimpin dengan sikap diktatorial tersebut akan menciptakan kebijakan sesuai dengan keputusan dari dirinya sendiri.

Ciri, Kelebihan dan Keuntungan Sistem Otoriter

Sistem diktatorial mempunyai ciri pemusatan kekuasaan yang ada pada satu orang saja dan pemerintahannya tidak menurut pada konstitusional. Ciri lain yaitu negara diputuskan menurut kekuasaan dan pembentukan pemerintahan yang tidak menurut pada musyawarah. Pemutusan negara tersebut hanya melalui dekrit dan sistem ini biasanya tidak bertumpu pada pemilu dari warga-warganya. Ada juga yang memakai pemilu namun hanya untuk memperkuat pemimpin yang sama. Pada sistem otoriter, hak minoritas akan sering tertindas dan pers sangatlah dibatasi oleh negara. Biasanya akan diterapkan prinsip sama rata dan sama rasa pada sistem otoriter.

Kelebihan dan laba memakai sistem diktatorial pada sistem politik yaitu presiden mempunyai kekuasaan penuh dalam pemerintahannya. Konflik yang terjadi pada masyarakatnya akan lebih berkurang alasannya yakni ada pengawasan terhadap hal-hal yang menggoyahkan masyarakat. Tidak menyerupai sistem demokrasi yang biasanya memperlihatkan kebebasan masyarakat untuk berpendapat. Dengan memakai sistem otoriter, pemerintah jauh lebih gampang dalam menyeragamkan hal-hal yang ada pada negara tersebut. Kekurangan sistem ini yaitu tidak adanya kebebasan pers dalam negara tersebut. Demikian ulasan mengenai pengertian otoriter, ciri-ciri dan laba sistem otoriter.
LihatTutupKomentar