-->

[Cara] VERVAL NISN Peserta DIDIK Terbaru


Dalam satuan pendidikan tentunya memiliki seorang operator sekolah yang bertugas untuk melakukan penginputan data sekolah,data peserta didik,data pendidik & tenaga kependidikan.

Tugas seorang operator sekolah cukuplah besar resikonya sebab banyak data yang harus di kerjakan & berpengaruh terhadap penghasilan tunjangan guru terutama mereka yang telah sertifikasi apabila terdapat data yang kurang ataupun tidak sesuai maka akan berdampak pula pada kualitas & mutu sekolah.


Salah satu tugas utama seorang operator sekolah yaitu melakukan verifikasi & validasi data – data sekolah baik berupa data peserta didik maupun data kepegawaian di lingkup satuan pendidikan yang di tempatinya.

Tujuan melakukan verifikasi & validasi data adalah untuk mendapatkan keakuratan data & kesesuaian data dengan data yang sebenarnya.

Salah satu beban seorang operator sekolah yaitu melakukan perbaikan data peserta didik atau sering di sebut dengan melakukan verval PD.

Verval PD merupakan verval peserta didik, yang tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi & validasi data peserta didik. Apabila di dapati ternyata ada data-data peserta didik yang salah atau tidak sesuai dengan data yang sebenarnya maka verval PD merupakan tempat yang harus di kunjungi untuk melakukan perbaikan data peserta didik agar menghasilkan data yang valid & sesuai dengan data real atau data yang sebenarnya.

Pada verval PD contoh kasus peserta didik yang dapat di perbaiki yaitu antara lain perbaikan nama peserta didik, tempat & tanggal lahir peserta didik, NISN peserta didik & nama ibu peserta didik.
Untuk bisa berhasil dalam melakukan verval PD maka wajib harus melampirkan hasil scan ijazah atau dokumen lainnya sebagai bukti fisik yang menyatakan kebenaran data peserta didik tersebut.

Banyak kasus yang sering terjadi yaitu terdapatnya perbedaan data nomor induk nasional (NISN) peserta didik saat menduduki bangku sekolah dasar dengan ketika saat masuk ke tingkatan sekolah yang lebih tinggi lagi (SMP).

Selain itu terdapat juga kasus perbedaan nomor induk nasional (NISN) peserta didik saat peserta didik tersebut mutasi atau pindah sekolah dari sekolah yang bernaung di bawah kementerian agama & pindah ke sekolah umum negeri ataupun swasta.
Hal tersebut biasanya terjadi karena sekolah yang berada di bawah naungan departemen agama (DEPAG) tidak menggunakan aplikasi dapodik sedangkan sekolah tujuan menggunakan aplikasi dapodik.

Meskipun hal tersebut sering terjadi namun setiap masalah pastinya memiliki jalan keluarnya, oleh sebab itulah pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara melakukan verval NISN peserta didik.

Untuk melakukan verval NISN peserta didik operator sekolah wajib sudah memiliki akun sebagai operator sekolah, sebab akun tersebut nantinya akan menjadi kunci bagi seorang operator sekolah dalam melakukan verval PD.

Apabila anda belum memiliki akun operator dapodik, maka untuk mengetahui cara melakukan registrasi agar dapat memiliki akun operator dapodik maka silahkan klik judul di bawah ini :


Baiklah untuk mengetahui cara melakukan verval NISN peserta didik, silahkan simak penjelasan di bawah ini yang akan saya tampilkan lengkap dengan gambar agar mudah ntuk di pahami.

1. Pertama-tama Silahkan kunjungi alamat di bawah ini :

2. Setelah itu akan tampil seperti gambar di bawah ini, & silahkan masukkan username dengan menggunakan email yang telah di daftarkan saat pertama kali membuat akun operator sekolah, & isi kolom password dengan kode password yang telah anda inputkan pada saat pertama kali melakukan registrasi akun operator sekolah.
Jika semua kolom isian telah diisi maka silahkan klik “LOGIN”


3. Jika login telah berhasil maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini



4. Kemudian pilih menu “edit data” & pilih lagi tulisan “pengajuan” & terakhir pilih “NISN”.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah,



5. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kemudian klik “pilih siswa”




6. Maka akan tampil nama-nama siswa, & pilih salah satu siswa yang akan di rubah atau di perbaiki NISN nya kemudian klik “ok”.


7. Setelah itu akan muncul data pengajuan perubahan NISN, seperti pada gambar di bawah ini



8. Langkah terakhir silahkan masukkan nomor NISN yang baru atau yang sesuai dengan di ijazah SD agar sama dengan di ijazah SMP dengan cara menginput nomor NISN tersebut pada kolom “nisn baru” & jangan lupa untuk mengupload data yang sesuai dengan data NISN baru (dapat berupa ijazah) pada kolom “dokumen perubahan” kemudian klik “pengajuan perubahan”



Demikianlah penjelasan mengenai cara melakukan verval NISN peserta didik, semoga tutorial yang dapat saya bagikan kali ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Apabila ada pertanyaan, kritikan & masukan yang sifatnya positif maka di mohon untuk menyampaikannya melalui kolom komentar sehingga dengan masukan tersebut dapat membuat blog ini untuk semakin berkembang lebih baik.

LihatTutupKomentar