-->

Ada Yang Belum Tahu Pengertian Lari Estafet, Disini Jawabannya

Pengertian Lari Estafet - Lari merupakan nama acara insan dengan cara melangkahkan kaki lebih cepat sekitar empat hingga lima kali bila dibandingkan dari berjalan. Dengan kata lain, lari ialah percepatan dari berjalan. Sedangkan estafet ialah kegiatan yang dilakukan secara beregu atau berkelompok dengan cara membagi jarak tempuh, biasanya dalam setiap finish seseorang dan ditandai dengan menyerahkan benda kepada orang lain yang akan meneruskan jarak berikutnya, dan begitu seterusnya. Itulah masing-masing pengertian lari estafet, yang berasal dari dua kata, yakni kata lari dan kata estafet.
Namun kedua istilah, yakni kata lari dan kata estafet biasanya dirangkai atau digabung menjadi satu kesatuan, yakni lari estafet. Biasanya kata tersebut dipakai dalam istilah olahraga. Tanda dari olahraga ini selain terletak pada pembagian jarak tempuh, juga ditandai dengan adanya sesuatu yang dibawa oleh pelari, biasanya benda tersebut berupa tongkat maupun bendera. Setelah pemegang tongkat atau bendera sudah hingga pada garis finish, maka tongkat atau bendera yang dibawanya diserahkan kepada seseorang yang berada dalam satu kelompok.

Setelah mendapat bendera atau tongkat dari mitra yang masih dalam satu regu, ialah membuktikan bahwa orang yang mendapat tongkat atau bendera sedang memulai garis start lari, dan secepatnya seseorang yang mendapat tongkat atau bendera tadi memulai lari. Dan sesudah menyentuh garis finish, kemudian tongkat atau bendera yang dibawanya itu diserahkan kepada pelari selanjutnya, dan tongkat atau bendera itu akan selalu dibawa dan diserahkan kepada pelari berikutnya hingga pelari paling selesai membawa hingga pada garis finish. Begitulah pengertian lari estafet.

Lari estafet ini merupakan ajang atau kompetisi olah raga yang sudah cukup mashur diberbagai negara, tidak terkecuali di Indonesia. Olah raga biasanya menjadi kegiatan rutin mulai dari salah satu olahraga untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, salah satu kegiatan olah raga para siswa siswi sekolah, kompetisi antar sekolah. Bahkan saking mashurnya, lari estafet juga menjadi ajang olah raga internasional yang dilakukan secara berkelompok untuk memperebutkan medali emas. Hebat bukan?

Berikut ialah tata cara dan hal-hal yang perlu diharapkan dalam lari estafet:

1. Untuk memainkan lari estafet, paling sedikit harus terdiri dari 6 orang, yakni 3 orang untuk regu pertama dan tiga orang untuk regu kedua. Mengapa harus 3 orang dalam satu regu? Ya, sebab bila dalam satu regu hanya terdiri dari dua orang, kiranya terlalu sedikit untuk sebuah permainan lari estafet, sebab sesudah satu pelari dari satu regu menyerahkan tongkat atau bendera kepada mitra dari regu yang sama, maka permainan seolah sudah akan berakhir, sehingga Nampak kurang meriah.

2. Tongkat atau bendera kecil. Mengapa harus bendera kecil? Karena bila bendera berukuran besar, maka hal tersebut akan semakin menyulitkan pelari untuk membawa bendera. Karena bendera dengan ukuran sebenarnya beserta tiangnya terlalu berat untuk pelari, sehingga kecepatan lari pun tidak sanggup dilakukan secara maksimal. Selain itu, bendera dengan ukuran lumrahnya juga membutuhkan ruang yang cukup. Ceritanya berbeda bila bendera yang dipakai berukuran mini, yang akan gampang dibawa lari oleh pelari, sebab selain tidak memberatkan, juga tidak membutuhkan ruang yang cukup luas.

3. Jarak tempuh harus jelas. Untuk ukuran jarak tempuh ini biasanya diukur secara merata. Artinya, bila pelari pertama mendapatkan jarak tempuh sejauh 100 meter, maka pemain pelari kedua juga mendapatkan jatah jarak tempuh sejauh 100 meter, dan begitu seterusnya.

Begitulah sedikit ulasan perihal pengertian lari estafet beserta hukum main dan syarat, syarat yang harus dipenuhi dalam lomba lari estafet.
LihatTutupKomentar