-->

Pengertian Gunung Meletus, Material Yang Dikeluarkan Dan Dampaknya

Pengertian gunung meletus yaitu keluarnya material-material dari dalam bumi berupa endapan magma yang disemburkan keluar. Material-material tersebut sanggup berupa bahan padat dan cair. Jika letusannya dahsyat, material tersebut sanggup melambung sejauh berkilo-kilo meter. Gunung meletus yang dahsyat sanggup menjadikan korban jiwa dan harta. Gunung yang sanggup meletus tentulah gunung berapi yang masih aktif, dan hal ini sudah sering terjadi di Indonesia yang memang memiliki jajaran gunung berapi yang banyak, dikarenakan letak geografis negara Indonesia. 

Material yang Keluar Saat Gunung Meletus

Adapun material-material yang dikeluarkan ketika gunung meletus diantaranya yaitu:

• Lava
Lava merupakan magma yang bentuknya cair dan suhunya sangat tinggi. Lava mengalir dari kawah gunung menuju permukaan, dan sanggup ke kawasan sekitar mirip hutan dan rumah-rumah penduduk. Lava yang cukup cair sanggup mengalir sesuai dengan aliran sungai, lalu yang padat akan membeku dan menjadi batuan.

• Lahar
Lahar merupakan lava yang sudah bercampur dengan material-material di sekitarnya mirip air, batuan, dan sebagainya. Jika demikian, lahar akan menjadi ancaman yang berbahaya bagi penduduk di sekitar gunung meletus. 

• Gas vulkanik
Gunung meletus sanggup mengeluarkan gas-gas yang cukup beragam, diantaranya yaitu karbon dioksida (CO2), karbon mono-oksida (CO), nitrogen (NO2), hidrogen sulfida (H2S), dan welirang oksida (SO2).

• Awan panas
Membahas mengenai pengertian gunung meletus tidak terlepas dari awan panas. Awan panas yang populer biasa dinamakan wedhus gembel. Sebenarnya awan panas ini yaitu gas yang bergulung-gulung mirip awan. Pada awan panas juga sering berbahaya alasannya yaitu sanggup ada batuan panas. Jika terkena awan panas, kulit sanggup terkena luka bakar dan sesak nafas.

• Hujan abu
Satu lagi yang biasa ada ketika gunung meletus yaitu hujan abu. Hujan bubuk sanggup terjadi sesaat sebelum gunungnya meletus, dan bertambah banyak ketika gunung sudah benar-benar meletus. Hujan bubuk sanggup terjadi dengan radius jarak yang cukup jauh, contohnya dari Jawa Timur hingga Jawa Barat.

Dari uraian tersebut sanggup diketahui pengertian gunung meletus beserta material yang dikeluarkan sanggup jadi menunjukkan manfaat ataupun kerugian bagi manusia. Gunung meletus memang sanggup membahayakan jiwa dan yang akrab dengan insiden sanggup kehilangan rumah, harta, tanaman, dan peliharaan. Tetapi di setiap yang negatif itu juga ada sisi positifnya, diantaranya yaitu tanah yang populer oleh letusan gunung berapi akan bersifat vulkanis sehingga lebih subur dan hal ini sangat bermanfaat bagi para petani. 

Pasir yang dihasilkan oleh letusan sanggup menunjukkan manfaat yang cukup banyak untuk penduduk, bahkan sanggup menjadi mata pencaharian gres bagi petani dalam mengumpulkan pasir ini alasannya yaitu memiliki nilai irit yang lumayan. Letusan gunung berapi juga sanggup menjadi tenaga pembangkit listrik, batuan yang sanggup untuk dijadikan bangunan, dan masih banyak yang lainnya. Demikianlah pengertian gunung meletus yang sanggup kami sampaikan, agar bermanfaat.
LihatTutupKomentar