-->

Pengertian Zaman Praaksara Dan Klarifikasi Singkatnya

Pengertian zaman praaksara yaitu zaman dikala insan purba belum mengenal tulisan. Hal ini dikaitkan dengan kata “pra” yang berarti ”belum” dan “aksara” yang berarti “tulisan”. Makara zaman praaksara yaitu zaman yang belum mengenal tulisan. Di zaman pra karakter ini insan hidup dalam kebudayaan yang unik, yang mendasari munculnya kebudayaan-kebudayaan yang masih primitif. Pada zaman tersebut insan masih primitif, dilihat dari benda-benda peninggalan dan acara ekonominya. 

Pembagian Zaman Praaksara

Pada zaman praaksara, terdapat beberapa zaman dan memiliki cirinya masing-masing. Zaman tersebut yaitu zaman watu dan zaman logam. Dimulai dari zaman watu terlebih dahulu. Zaman ini dinamakan zaman watu alasannya yaitu peralatan insan praaksara pada zaman tersebut terbuat dari batu, contohnya saja batu-batu dibentuk untuk dipakai memburu binatang di hutan. Zaman watu dibagi lagi menjadi:

1. Palaeolithikum
Pada zaman ini peralatan yang terbuat dari watu dibentuk secara kasar. Zaman palaeolithikum yaitu zaman watu tua. Masyarakatnya masih bersifat nomaden, artinya belum memiliki kawasan tinggal yang menetap, untuk kawasan tinggal masih berpindah-pindah sesuai dengan keadaan alam, dan mengutamakan dalam pencarian makanan. Masyarakat juga masih bersifat food gathering, yaitu mengumpulkan kuliner dan belum mengenal memasak.

2. Mesolithikum
Zaman mesolithikum disebut juga dengan zaman watu tengah. Untuk peralatan masih memakai batu, alasannya yaitu zaman ini masih tergolong pada rangkaian zaman batu. Peralatan yang dipakai oleh masyarakatnya masih mirip zaman palaeolithikum tetapi sebagian masyarakat sudah mulai ada yang menetap, menciptakan kawasan tinggal.

3. Neolithikum
Zaman ini disebut zaman watu muda, alasannya yaitu merupakan zaman terakhir dari rangkaian zaman batu. Peralatan yang dibentuk di zaman neolithikum sudah halus dan bentuknya lebih indah dibandingkan dua zaman sebelumnya. Masyarakatnya sudah hidup menetap, mengenal bercocok tanam, dan food producing atau kuliner dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan.

Pengertian zaman praaksara sudah, pembagian dari zaman watu sudah, maka selanjutnya yaitu zaman logam. Mengapa dinamakan zaman logam Tentu saja alasannya yaitu peralatan yang dibentuk memakai dengan logam, sama mirip penamaan zaman pada zaman batu. Nah, di zaman logam ini juga terbagi lagi menjadi beberapa rangkaian, diantaranya yaitu ada zaman tembaga, zaman perunggu, dan zaman besi. Kebetulan di Indonesia tidak mengenal zaman tembaga, jadi dari inovasi eksklusif ke zaman perunggu. Perunggu yaitu gabungan dari tembaga dan timah, dan alat-alatnya mirip neraca, kapak, perhiasan, baskom dan senjata. 

Kemudian yang terakhir yaitu zaman besi. Masyarakat melebur besi untuk dibentuk sebagai peralatan sehari-hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan hal-hal terkait dengan zaman pra karakter ini. Dimulai dari inovasi fosil, yaitu sisa-sisa makhluk hidup yang telah membatu alasannya yaitu proses kimiawi. Fosil sanggup berbentuk fosil manusia, hewan, dan tumbuhan. Kemudian ada artefak, berupa peninggalan pada zaman praaksara mirip alat-alat dan hasil budaya mereka. Semoga pengertian zaman praaksara dan sedikit ulasannya sanggup bermanfaat bagi Anda.
LihatTutupKomentar