-->

Pengertian Nomina Dan Ciri-Cirinya

Pengertian nomina atau kata benda dalam Bahasa Indonesia yakni salah satu kelas kata dimana menyatakan nama dari semua benda, seseorang, daerah maupun segala sesuatu yang dibendakan. Kata benda sanggup dikategorikan menjadi dua, yakni kata benda nyata dimana ini untuk dipakai pada benda yang sanggup dikenal atau diketahui oleh panca indera, ibarat buku, pulpen, handphone. Serta kategori kata benda aneh dimana ini dipakai untuk menyatakan hal-hal yang sanggup dikenal oleh pikiran, ibarat marah. Jenis-jenis nomina atau kata benda ini mempunyai banyak jenis. Tetapi yang paling umum dipakai yakni kategori benda aneh dan kategori benda konkret. 
Katagori kata benda atau nomina ini juga sanggup dibedakan menjadi dua kategori lainnya lagi yakni kata benda khusus atau nama diri dan kata benda umum atau nama jenis. Kata benda khusus ini yakni kata benda yang dipakai untuk mewakili suatu entitas tertentu. Sedangkan kata benda umum yakni untuk menjelaskan suatu kelas entitas. Seperti pola dalam kata benda khusus yakni Yogyakarta dan kata benda umumnya yakni Kota. Kategori-kategori ini termasuk dalam pengertian nomina. 

Ciri-Ciri Dari Nomina Atau Kata Benda

Pengertian nomina ini juga didukung dengan ciri-cirinya yang sangat gampang dimengerti. Nomina yang merupakan kelas leksikal gramatikal mempunyai ciri-ciri, yaitu mempunyai makna kebendaan, mempunyai daya rangkai sintaksis dan adanya sarana khusus untuk menyebut arti ketunggalan serta arti kejamakan. Ciri-ciri lain dari nomina atau kata benda yakni di dalam kalimat yang mempunyai predikat verba, nomina atau kata benda menduduki fungsi subjek, objek ataupun pelengkap. Selain itu, kata benda atau nomina tidak sanggup dijadikan bentuk ingkar dengan memakai kata ‘tidak’. Kata pengingkar pada kata benda atau nomina yakni memakai kata ‘bukan’. 

Pengertian nomina sudah sangat umum diketahui oleh masyarakat sebagai kata benda. Nomina yang mempunyai ciri-ciri ibarat kata benda biasanya diikuti oleh kata sifat baik secara pribadi maupun memakai kata mediator ‘yang’. Ada ciri lainnya yaitu mempunyai kesempatan untuk didahului dengan partikel ‘dari’. Dari ciri-ciri tersebut tentu sudah sangat terang ihwal nomina atau kata benda yang sebetulnya sudah sangat umum dipakai oleh masyarakat Indonesia. Hanya saja, seringnya nomina ini jarang sekali disebutkan dan lebih dikenal dengan nama kata benda. 

Pengertian nomina yang sudah sering dipakai tentu hanya sering dipakai saat memakai dua kategori yang umum ibarat kata benda yang sanggup dilihat oleh panca indera maupun apa yang ada di pikiran seseorang. Secara teknis penggunaan kata benda atau nomina ini sedikit rumit alasannya harus dipakai dengan cara yang sempurna semoga sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Agar tidak terjebak dengan penggunaan nomina ini sanggup disarankan untuk mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu semoga tidak semakin salah kaprah
LihatTutupKomentar