-->

Pengertian Jaringan Meristem Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian jaringan meristem ialah jaringan pada flora yang mempunyai wujud sekumpulan sel-sel penyusun yang bersifat embrional yang artinya bisa untuk membelah diri secara terus-menerus untuk menambah jumlah sel. Jaringan ini gampang ditemukan pada titik-titik flora pada batang maupun akar. 
Pada cuilan akar atau batang ini disebut sebagai meristem primer yang membentuk kambium. Dimana pada batang tumbuhan, kambiu, ini mempunyai dua jenis yakni kambium vaskular dan kambium gabus dimana keduanya mempunyai kiprah untuk melaksanakan pertumbuhan sekunder yang dialami oleh flora dan disebut meristem sekunder. Ciri-ciri meristem ini antara lain banyak mengandung protoplasma, vakuola kecil, inti besar, plastid belum matang serta mempunyai dinding tipis.

Jenis-Jenis Jaringan Meristem

Pengertian jaringan meristem ini mempunyai aneka macam jenis yang berasal dari asalnya maupun tata letaknya. Berdasarkan asalnya, jaringan meristem ini terbagi dalam 3 cuilan yaitu promeristem, meristem primer dan mersitem sekunder. Promeristem merupakan jaringan yang sudah ada pada ketika flora masih berada dalam fase embrio. Meristem primer merupakan jaringan yang sanggup ditemukan pada flora berakal balig cukup akal yang sel-selnya bisa terbelah yang terdapat di cuilan ujung akar serta pada cuilan ujung batang sehingga bisa menciptakan tumbuh dengan tinggi. 

Sedangkan meristem sekunder merupakan jaringan yang berasal dari meristem primer dan hasil dari perkembangan meristem primer. Berdasarkan tata letaknya, terdapat 3 jenis mersitem yaitu meristem epikel, meristem interkalar dan meristem lateral. Meristem epikel merupakan meristem yang ada pada ujung batang dan ujung akar yang menciptakan jalinan di dalam tanah untuk mendapat air yang dibutuhkan oleh tumbuhan. 

Meristem interkalar disebut juga meristem antara lantaran ada diantara jaringan-jaringan berakal balig cukup akal dan meristem primer. Lalu yang terakhir ialah meristem lateral merupakan meristem yang menciptakan pertumbuhan pada meristem sekunder. Pengertian jaringan meristem ini menurut asal dan tata letaknya cukup gampang dimengerti. 

Pengertian jaringan meristem ini dipakai sebagai salah satu pembahasan dalam pelajaran biologi. Dengan mengenal jaringan meristem ini tentu akan mempermudah bagaimana cara merawat flora biar bisa tumbuh dengan baik. Secara umum, flora itu sanggup dibedakan dengan bisa membagi atau menghasilkan sel-sel dari tipe yang berbeda. Itu sebabnya pembelahan sel dalam jaringan meristem ini sangat diharapkan untuk membantu menyediakan kebutuhan flora tersebut. 

Pengertian jaringan meristem ini mungkin untuk sebagian orang terdengar abnormal namun memang mengetahui jaringan meristem ini tentu akan membantu Anda yang suka dengan flora dan ingin flora Anda sanggup melaksanakan pertumbuhan. Dengan mengetahui jenis-jenis meristem ini tentu akan bisa memudahkan Anda bagaimana cara merawat flora tersebut. Fungsi dari jaringan meristem ini tentu sangat penting untuk flora itu sebabnya apabila jaringan ini mengalami kerusakan tentu pertumbuhan dari flora itu tidak maksimal.
LihatTutupKomentar