-->

Pengertian Zaman Abjad Di Indonesia

Pengertian Zaman Aksara - Mungkin banyak orang yang belum mengetahui zaman abjad dan pengertian zaman aksara. Di dalam kehidupan masa lalu, insan dibedakan menjadi 2 masa, yakni masa insan belum mengenal abjad atau goresan pena dan masa dimana insan sudah mengenal abjad atau tulisan. Masa dimana insan belum mengenal abjad atau tulis disebut juga dengan masa praaksara, sedangkan masa dimana insan sudah mengenal tulis disebut dengan masa aksara. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa zaman abjad yaitu zaman di mana insan sudah mengenal tulisan. 
Aksara sendiri ialah sebuah sistem simbol visual yang ada pada kertas dan media lainnya menyerupai batu, kain, kayu dan lainnya untuk mengungkapkan unsur ekspresif di dalam suatu bahasa. Istilah lainnya untuk menyebutkan abjad merupakan sistem tulisan, alfabet dan abjad ialah istilah yang berbeda sebab sebuah tipe abjad yang menurut penjelasan fungsinya. Terdapat unsur-unsur kecil yang terkandung di dalam suatu abjad yaitu huruf, diakritik, tanda baca, grafem dan lain sebagainya.
Secara etimologis abjad berasal dari bahasa Sanskerta yakni akar kata a-, tidak dan kshara, termusnahkan. Sehingga abjad sanggup disimpulkan bahwa sesuatu yang tidak termusnahkan. Dikatakan tidak termusnahkan sebab tugas abjad di dalam mendokumentasikan suatu insiden komunikasi di dalam bentuk tulis sangat memperlihatkan efek yang sangat besar. Contohnya melalui abjad yang ditatahkan diatas kerikil hingga ditulis di atas daun lontar serta lempeng tembaga merupakan bukti bahwa insan sudah memasuki zaman aksara.

Tradisi dan sejarah masyarakat Indonesia berkembang juga di zaman aksara, yaitu ketika masyarakat Indonesia sudah banyak mengenal tulisan. Pada masa abjad ini, tradisi sejarah mulai direkam melalui goresan pena sehingga muncullah rekaman tulis. Pengertian zaman abjad pada masa rekaman tertulis ini sesungguhnya sama dengan tradisi pada zaman pra-aksara yakni ketika tumbuh dan berkembangnya melalui pewarisan di dalam masyarakat. 

Ketika masyarakat Indonesia memasuki zaman aksara, tentunya sangat membantu masyarakat Indonesia sebab dengan goresan pena sanggup berpengaruhi di semua aspek menyerupai pemerintahan, sosial budaya dan lainnya. Itulah mengapa harusnya kita sebagai masyarakat Indonesia yang sudah hidup di zaman modern dan abjad semakin berkembang serta tidak kesusahan dalam mencari tinta, kita harus memanfaatkan anugerah itu semua menjadi yang lebih baik. 

Sejarah masyarakat Indonesia di masa abjad berkembang ketika terdapat kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia dari Yunan menuju Nusantara dengan melewati jalan barat serta melewati jalur utara dan hingga di irian atau Papua. Ternyata kedatangan tersebut membawa efek yang besar dalam aneka macam bidang dan perkembangan sejarah kehidupan masyarakat Indonesia. Pada masa abjad ini perkembangan budaya hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia hingga dikala ini. 

Demikian penjelasan mengenai pengertian zaman aksara yang sangat berpengaruhi di segala aspek di Indonesia dikala ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari zaman aksara.
LihatTutupKomentar