-->

Analisis Keterkaitan Antara Skl, Ki-Kd, Dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Sma/Ma Revisi 2017

 dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Sekolah Menengan Atas Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017
SKL Sosiologi 10 SMA/MA
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yaitu kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau kegiatan yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti mencakup: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau kegiatan dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan. Kompetensi Dasar (KD) yaitu kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja operasional dan materi.

Contoh KD dari KI-3 dan KD dari KI-4 Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X:
KD 3.1. Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji tanda-tanda sosial di masyarakat.
KD 4.1. Menalar suatu tanda-tanda sosial di lingkungan sekitar dengan memakai pengetahuan sosiologis.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI) merupakan pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD) merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan aksara melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan evaluasi diilustrasikan dalam denah gambar berikut.
 dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Sekolah Menengan Atas Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017
Keterkaitan antara SKL, KI-KD, pembelajaran dan penilaian

  1. Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus sasaran yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
  2. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memperlihatkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
  3. Kompetensi dasar dari KI-3 yaitu dasar pengembangan bahan pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman berguru yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah guru sanggup menyebarkan proses berguru dan cara evaluasi yang dibutuhkan melalui pembelajaran langsung.
  4. Dari proses berguru dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak pribadi berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
  5. Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi tertuang dalam silabus dan RPP.
Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Materi Pembelajaran

Pengembangan indikator pencapaian kompetensi dan bahan pembelajaran merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum menyebarkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD sanggup membantu guru dalam menyebarkan IPK yang dijadikan dasar dalam memilih pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK),melalui kegiatan literasi dan pengembangan keterampilan kala 21.

Karakteristik mata pelajaran Sosiologi, memuat di dalamnya materi-materi yang bertujuan menumbuhkan kesadaran individual dan sosial penerima didik sebagai orang arif balig cukup akal dan warga negara, juga menumbuhkan kepekaan dan kepedulian mereka terhadap masalah-masalah sosial, keberlanjutan pembangunan, kelestarian lingkungan alam, serta meningkatkan kapasitas mereka dalam melaksanakan pemberdayaan sosial.

Untuk melaksanakan analisis kompetensi dan menyebarkan IPK disarankan supaya Anda memperhatikan karakteristik mata pelajaran Sosiologi dan mempelajari karakteristik penerima didik untuk menyebarkan nilai-nilai pembentukan karakter, menyebarkan keterampilan kala 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan duduk masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.
Untuk lebih jelasnya mengenai Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini atau bisa juga dengan mengunjungi halaman ini.
 

Baca juga artikel terkait lainnya ibarat :
LihatTutupKomentar